Blog

BAGIKAN

6 Prinsip Penting untuk UX Design

UX

UX design adalah sebuah proses menciptakan sebuah produk, baik digital maupun fisik yang dapat menyediakan kegunaan yang berarti serta relevan dengan penggunanya. Dalam merancang user experience, ada beberapa prinsip yang harus diterapkan seorang UX designer.

6 Prinsip Penting yang harus diterapkan dalam UX Design

  • Penuhi Kebutuhan User

Prinsip UX Design yang harus dilakukan seorang adalah menjawab kebutuhan user atau pengguna. Dengan begitu, user experience designer telah mengetahui tugas-tugas yang harus dikerjakan. Pengguna juga akan merasa puas ketika menggunakan sebuah produk yang tepat dengan hal-hal yang mereka inginkan atau pikirkan.

Mengetahui apa yang diinginkan user, juga akan membantu ux designer merancang tampilan produk. Sebab, tampilan produk yang dirancang user experience designer belum tentu sama dengan yang diinginkan user, meskipun sebagai user experience designer kita merasa rancangan yang ada sudah cukup.

Sehingga, poin utama yang harus diingat sebagai user experience adalah produk yang dirancang harus menyesuaikan dengan kebutuhan user. 

  • Mengetahui Tahap Pembuatan Produk 

Seperti yang telah dijelaskan oleh J.J Garrett, dalam sebuah pembuatan produk terdapat 5 level yang harus dilewati. 5 level tersebut lah yang harus dipahami seorang user experience designer. Sebab, software atau alat yang digunakan designer akan menyesuaikan dengan setiap tingkat dari pembuatan produk.

Misalnya saja, ketika kita ingin mendesain sebuah layout, bakal terasa percuma jika kita tidak tahu dimana aset-aset pada produk harus diletakkan. Atau bahkan akan terasa tidak penting ketika telah memutuskan color palette namun kita belum mengetahui elemen apa saja yang terdapat pada produk.

  • Punya Hierarki yang Jelas

Hierarki adalah suatu alat yang digunakan designer untuk membantu pengguna menelusuri produk dengan lebih mudah. Dalam user experience design terdapat dua hierarki utama, yaitu hierarki arsitektur informasi dan hierarki visual.

Hierarki arsitektur informasi berisi pengaturan konten yang terdapat di aplikasi atau situs, sedangkan hierarki visual adalah pengkategorian elemen visual yang akan memandu user dalam  menavigasi halaman. 

Hierarki yang baik nantinya akan membantu user menelusuri aplikasi atau situs dengan mudah. 

UX

  • Jaga Konsistensi

Selanjutnya, seorang user experience designer harus memahami aturan konsistensi agar user merasa terbiasa dengan produk yang kita miliki. Konsistensi artinya, rancangan desain dapat konsisten dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya. 

Dalam menggunakan produk, user harus bisa menjalankannya tanpa perlu mempelajarinya lebih dulu. Proses navigasi produk harus berjalan alami seolah-olah user telah menggunakan situs atau aplikasi tersebut sebelumnya. Semakin akrab user dengan produk maka akan lebih mudah meningkatkan pengalaman mereka.

Konsistensi juga akan menghasilkan proses desain yang lebih mudah. 

  • Memahami Aksesibilitas

Yang tidak kalah penting dalam mendesain user experience adalah, desain harus dapat diakses oleh semua kalangan, tanpa terkecuali. Termasuk dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Dengan begitu, user dapat meminimalisir rintangan atau eror yang mereka alami ketika menggunakan produk. Salah satu cara yang dapat diterapkan user experience designer adalah dengan memperhatikan tata letak elemen dan penggunaan warna. Gunakan warna yang kontras namun dalam tone yang sama antara background dengan tulisan yang digunakan. Hal tersebut akan membuat produk mu semakin readable.

  • Gunakan Bahasa yang Sederhana

Penggunaan bahasa yang sederhana adalah penerapan yang baik dalam user experience design. User bisa saja tidak punya banyak waktu untuk mencari tahu arti kata yang tidak mereka mengerti. Sangat dianjurkan untuk menghindari kata atau kalimat yang sifatnya teknis atau asing di telinga mereka. Selalu gunakan kata pada desainmu yang artinya serupa dengan yang user pikirkan. Sederhananya, gunakan kata yang jelas dan sederhana agar tidak menimbulkan ambiguitas. 

Buat kamu yang ingin belajar mengenai UX design, International Design School memiliki Program Short Course UX Design. Kelas ini memberikan kamu pengertian mengenai pengetahuan dasar UX, pemahaman proses market research, design thinking dan pembuatan wireframe and prototype. So tunggu apalagi, yuk segera gabung! 

Sumber: heysalal.com

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer