10 Aplikasi Video Terbaik dan Terpopuler | IDS

10 Aplikasi Video Terbaik dan Terpopuler

Dalam sebuah video yang menarik, entah itu dalam sebuah video publikasi, dokumentasi, ataupun vlog (video blog) yang saat ini sedang marak, tentunya ada banyak bagian yang harus diedit agar hasilnya memuaskan dan layak ditampilkan kepada orang banyak. Mengedit berarti menambahkan berbagai kelengkapan seperti narasi, efek, voice over, serta hal – hal pendukung lainnya. Selain itu, bagian – bagian yang kurang perlu juga dapat dihilangkan. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pengedit video yang dapat kamu gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar; semuanya tentu memiliki kelebihan masing – masing. Dan berikut ini adalah 10 diantaranya:

  1. Adobe Premier Pro CC

aplikasi edit video adobe premier

Aplikasi edit video keluaran Adobe ini tentunya tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Selain memang sangat mengesankan, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan juga dapat diintegrasikan dengan produk keluaran Adobe lainnya seperti Photoshop dan After Effects. Dengan resolusi layar 1280 x 800, 4GB RAM, dan 4GB ruang hard disk sebagai syarat sistemnya, aplikasi ini sekarang sudah banyak digunakan oleh kalangan professional yang bekerja dalam dunia multimedia.

  1. Apple Final Cut Pro X

Jika kamu sudah terbiasa untuk bekerja menggunakan Mac, aplikasi pengedit video keluaran Apple ini tentunya dapat dijadikan pilihan utama. Dengan diintegrasikan dengan Macbook Pro Touch Bar, aplikasi ini tentunya akan semakin modern dan canggih. Bahkan aplikasi ini sudah dapat mendukung hingga 99 video tracks dan audio tracks dalam suatu pengeditan.

  1. Lightworks

Aplikasi edit video yang tidak berbayar alias gratis ini memungkinkan kekuatan aplikasi edit video yang nyata. Namun, software ini bukan tergolong software edit video untuk pemula atau mereka yang hanya melakukannya untuk coba – coba. Kamu mungkin harus menghabiskan waktu ekstra untuk mempelajarinya. Namun, aplikasi ini memungkinkan penggunaan jumlah video tracks dan audio tracks yang tidak terbatas (unlimited).

  1. Corel VideoStudio Pro X10

aplikasi edit video corel videostudio

Aplikasi edit video yang berbayar ini memiliki hampir semua fitur editing video yang diperlukan oleh banyak orang. Kamu bisa bekerja dengan lebih mudah dengan menggunakan software ini. Selain itu, aplikasi ini memungkinkanmu untuk membuat video stop motion dan time lapse yang mengagumkan.

  1. AVS Video Editor

Jika kamu membutuhkan software pengedit video yang mudah digunakan, berkualitas professional, dan kaya akan fitur untuk komputer Windows kamu, software ini menjadi jawabannya. Aplikasi ini menonjolkan berbagai fitur utama seperti banyaknya efek yang tersedia, dukungan video Blu-ray, dukungan multibahasa, sampai pada kemampuan untuk berbagai video langsung melalui platform seperti Facebook, Flick, dan MySpace.

  1.  Pinnacle Studio Ultimate

Software pengedit video yang berbayar ini bisa dibilang cukup keren, dengan berbagai fitur lengkap yang akan memuaskan penggunanya. Lebih dari 1.800 efek, judul, template, dan transisi dapat kamu jadikan pilihan untuk memperkaya kualitas videomu. Software ini juga sudah banyak digunakan oleh kalangan professional, meskipun juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat digunakan oleh kalangan pemula dalam dunia multimedia.

  1. Windows Movie Maker

aplikasi edit video windows movie maker

Kamu memiliki tugas sekolah ataupun kuliah untuk mengedit video namun belum pernah mengedit video sebelumnya? Jangan khawatir, Windows Movie Maker dapat dijadikan sebagai pilihan. Kemudahan dalam pengerjaannya pasti akan sangat mudah dimengerti meskipun untuk para pemula sekalipun. Tenang saja, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh OS Windows, namun juga Linux dan Mac sekalipun.

  1. MAGIX Movie Edit Pro

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut yang sudah berpengalaman sebelumnya. Software berbayar ini menggabungkan semua fitur baru dan versi pro dengan pilihan unik dan fitur serta efek terbaik, semua dalam satu paket. Aplikasi ini memungkinkan sebuah pengeditan yang kompleks untuk sebuah projek yang cukup rumit dan professional.

  1. Sony Vegas Movie Studio

Software ini merupakan bentuk penyempurnaan dari Vegas Movie Studio. Sony Vegas Pro memungkinkan kamu untuk menggunakan semua tool dan fitur yang ada pada software pengedit video papan atas lainnya. Fitur unggulan lainnya, aplikasi ini tidak terlalu banyak membutuhkan ruang penyimpanan dan tidak perlu menggunakan memori yang besar di PC ataupun laptopmu.

  1. CyberLink PowerDirector Deluxe

Salah satu software edit video premium lengkap ini cocok digunakan untuk pemula yang menginginkan fitur video yang lengkap  dengan berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Aplikasi ini didukung oleh fitur – fitur yang membantu pengguna untuk mempelajari dasar – dasar editing video tanpa mengorbankan kebutuhan pengguna yang lebih maju. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai versi sesuai kebutuhan pengguna, namun semuanya merupakan aplikasi berbayar.

Kira – kira mana yang menjadi favoritmu? Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Source: 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Haidro - May 26, 2018 - 5:03 pm #

    Saya lebih suka Adobe Premier Pro CC tapi sayang tidak ada yang free ya mas ?

DAFTAR SEKARANG