10 Istilah Produksi Film Yang Perlu Kamu Hafal di Luar Kepala - IDS | International Design School

10 Istilah Produksi Film Yang Perlu Kamu Hafal di Luar Kepala

Istilah dalam produksi film part 2

Di dunia industri film, banyak sekali istilah yang menjelaskan teknik atau kondisi proses produksi film. Beberapa di antaranya sudah sering berseliweran di telinga, tapi kamu nggak semuanya paham akan artinya. Tanya kanan-kiri kok ya gengsi, tapi kalau nggak ngerti jadinya penasaran dan malah dicap nggak gaul.

Nah buat kamu yang bingung cari jawabannya, pas banget nih karena kita mau kasih bocoran arti istilah-istilah dalam produksi film yang sering dipakai. Kalau hafal beberapa istilah berikut ini, dijamin kamu jadi lebih kece dan terlihat profesional. Yuk disimak!

  1. Art Director

Orang yang bertanggung jawab akan kehadiran aktor/aktris pada saat dan tempat yang tepat untuk melaksanakan instruksi sutradara. Art Director ini adalah asisten sutradara film yang mengurusi masalah administrasi hingga terlibat proses pengambilan gambar.

  1. Cameraman

Orang yang bertanggung jawab mengambil gambar dengan menggunakan kamera, biasanya dibagi ke dalam beberapa jabatan:

  • First Cameraman (Director of Photography) bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera dan juga pencahayaan dalam suatu adegan. Kecuali dalam unit produksi yang kecil, Penata Fotografi tidak melakukan pengoperasian kamera selama syuting yang sesungguhnya.
  • Second Cameraman asisten kameramen atau operator kamera, bertindak sesuai instruksi dari kameramen utama.
  • First Assistant Cameramen Kepala Asisten untuk pada operator kamera. Seringkali bertanggung jawab untuk mengatur fokus kamera (untuk kamera film).
  • Second Assistant Cameraman, menjadi asisten operator kamera.
  1. Camera Report

Catatan tiap film oleh asisten kameramen meliputi panjang pengambilan tiap adegan, nomor adegan, serta laporan untuk dibaca labotarium proses, bagian kamera dan produksi.

  1. Cinematographer (Sinematografer)

Penata Fotografi, orang yang bertanggungjawab dari sisi teknis pencahayaan dan fotografi adegan. Sinematografer juga turut membantu sutradara memilih angle, penyusunan hingga lighthing.

  1. Chroma Key

Metode untuk melakukan penggabungan antara dua gambar video atau lebih dengan menggunakan teknik Key Colour yang dapat diubah sesuai kebutuhan foreground dan background.

  1. Director

Orang yang bertanggungjawab untuk merealisasikan yang dimaksud naskah dan produser. Director menjadi penanggungjawab utama mengontrol tindakan dan dialog yang terjadi di depan kamera.

  1. Editorial Departement

Divisi yang bertugas untuk menggabungkan semua potongan film sehingga membentuk urutan yang koheren. Dalam prosesnya, kadang juga dibantu oleh asisten sutradara dan produser.

  1. Idiot Cards

Kartu besar berisi dialog untuk membantu aktor agar bisa mengingat kalimatnya, bisa juga disebut dengan cue cards. Kadang juga digantikan oleh Tele-Prompter, mesin elektronik yang menampilkan tulisan besar yang ditempatkan dekat dengan kamera.

  1. Producer

Orang yang bertanggungjawab untuk memimpin seluruh tim produksi agar berjalan sesuai rencana, baik dari sisi teknis maupun non teknis berdasarkan kesepakatan yang sudah disetujui oleh executive producer.

  1. Script Supervisor, Script Clerk

Bertanggungjawab untuk mencatat seluruh adegan dan produksi pengambilan gambar, meliputi durasi, properti, detail take gambar seperti mimik wajah, pencahayaan, arah gerakan. Semua informasi tadi dimasukkan ke dalam salinan naskah untuk dijadikan acuan sutradara hingga editor saat proses edit.

Bagaimana bocoran istilah dalam proses syuting di atas? Berapa istilah yang sudah kamu ngerti sebelumnya, dan berapa istilah yang kamu baru dengar untuk pertama kalinya? Yang jelas, dengan mengerti istilah-istilah di atas, kamu jadi lebih keren dan terlihat lebih profesional. Betul nggak?

Source: 1 2

Posted in: Articles