10 Langkah Jitu Untuk Meningkatkan Konversi E-commerce | IDS

10 Langkah Jitu Untuk Meningkatkan Konversi E-commerce

Menjamurnya banyak perusahaan e-commerce pada saat ini tentunya tidak semuanya dibarengi dengan tingginya angka konversi e-commerce. Konversi e-commerce (dinyatakan dalam angka) adalah tindakan mengkonversi pengunjung situs menjadi pelanggan yang membayar. Apakah ini penting? Ya, karena ada saja kasus dimana pada suatu situs e-commerce, pengunjungnya banyak tetapi yang jumlah yang membeli tidak sebanding. Atau ada juga pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja online setelah memilih-milih produk.

Mari simak 10 langkah jitu berikut sebagai cara untuk meningkatkan konversi e-commerce Anda!

  1. Gunakan fitur live chat

Jika selama ini e-commerce Anda belum mengguakan fitur live chat, cara ini sangat patut dicoba. Dengan adanya live chat, Anda akan menjadi lebih dekat dengan konsumen dan setiap pertanyaan dan keluhan dari konsumen akan dapat ditangani dengan sangat baik.

  1. Gunakan design website dan navigation/menu yang responsive

Website yang responsif sangat vital untuk memastikan website Anda dapat terus bertahan. Website tersebut akan terlihat bagus dilihat menggunakan device manapun. Mengenai navigation/menu, Anda harus mempertimbangkan item apa saja yang akan dimasukkan ke dalam menu website Anda.

  1. Tambah kecepatan (site-speed) untuk menjual lebih banyak

Apa yang Anda rasakan jika Anda harus menunggu lama setiap kali mengklik sebuah pilihan pada suatu website? Pastinya sangat membosankan dan membuat Anda ingin segera meninggalkan laman website tersebut. Kecepatan website menjadi hal yang sangat mutlak untuk meningkatkan konversi e-commerce Anda.

  1. Maksimalkan penggunaan homepage

Homepage menjadi sejenis “pintu gerbang” bagi para konsumen di e-commerce Anda. JIka anda dapat memaksimalkan homepage Anda dengan penyajian yang semenarik mungkin, maka Anda akan dapat meningkatkan traffic pengunjung yang dapat dikonversi menjadi pelanggan tetap Anda.

  1. Tingkatkan pencarian situs dan rekomendasi (SEO)

    Cara meningkatkan konversi

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknologi yang memampukan hasil pencarian di internet untuk menampilkan produk dari website Anda berada di urutan teratas. Jika e-commerce Anda mampu memiliki SEO yang baik, maka akan berdampak terhadap peningkatan konversi e-commerce Anda.

  1. Perhatikan dan maksimalkan tampilan foto produk

Jangan pernah remehkan foto produk Anda. Dengan teknik foto produk yang baik, maka promosi produk Anda akan meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak juga terhadap peningkatan konversi e-commerce Anda.

  1. Tampilkan ulasan pelanggan Anda

Pelanggan tentunya akan lebih mudah percaya dengan realita yang ditampilkan secara langsung. Dengan adanya ulasan pelanggan yang telah menyelesaikan pembayaran dan menikmati produk yang mereka beli, pelanggan baru yang mungkin masih ragu dapat menjadi lebih percaya karena kredibilitas dari e-commerce Anda.

  1. Sesuaikan untuk mobile

Kebanyakan pengguna e-commerce saat ini memanfaatkan handphone mereka untuk mengakses laman website dan untuk berbelanja online. Adanya beberapa perubahan di tampilan untuk PC dan mobile terkadang harus disesuaikan demi kenyamanan pengguna, dengan demikian konversi pun akan dapat ditingkatkan.

  1. Tetap terhubung dengan pelanggan

Kesalahan yang banyak digunakan oleh e-commerce adalah memutuskan hubungan dengan pelanggan yang pernah berbelanja di tempat tersebut. Seharusnya, hubungan baik tetap harus dipelihara dengan pelanggan sebagai salah satu teknik pemasaran yang baik.

  1. Buat promosi yang strategis

Contoh Promosi Yang Bagus

Setelah semua produk dan mekanisme berbelanja Anda sudah disiapkan dengan baik, namun konversi tidak juga meningkat. Ada apakah gerangan? Satu hal yang tentunya tidak boleh Anda lupakan adalah promosi. Promosi bisa dilakukan dengan banyak hal, misalnya iklan, CSR, membuat acara-acara, dan lain sebagainya.

Source: 1 | 2

Source Image : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG