10 Typography Trends yang Bakal Booming di Tahun 2020 - IDS | International Design School

10 Typography Trends yang Bakal Booming di Tahun 2020

Typography

Tau nggak kalau tone warna dan konsep typography yang kita lihat dan baca setiap hari mempengaruhi keputusan yang kita buat. Gambar memang bisa berarti 1000 kata, tetapi jenis font, efeknya bisa lebih dahsyat lagi bisa mendorong orang untuk membeli produk, mengunjungi website atau setidaknya menarik perhatian mereka.

Konsep typography yang baik memadukan unsur menarik perhatian tetapi masih mudah dibaca dan yang terpenting pesan tersampaikan. Bagaimana membuat typography yang menarik? Tenang, baca saja ulasan typography trends 2020 di bawah ini.

1. Mix n Match
Kalau bisa dua, kenapa harus satu? Salah satu tren desain poster tahun ini adalah menggabungkan dua atau lebih jenis font untuk membuat poster layaknya scrapbook. Kamu bisa pilih font dengan tone warna yang berbeda untuk membuat desain mu lebih dinamis. Tantangannya bagaimana membentuk harmoni dari font dengan tone berbeda sehingga nantinya bisa menarik perhatian orang.

2. Futuristik
Desain futuristik akan selalu menjadi tren. Di tahun 2019 kemarin, konsep typography dengan tema luar angkasa sempat populer dan diprediksi akan terulang di tahun 2020. Konsep typography futuristik ini cocok untuk mempromosikan event teknologi atau kamu juga bisa terapkan desain ini di kartu nama untuk menambah kesan ‘canggih’ atau juga ‘tech savy’ dalam personal branding yang kamu bangun.

3. Handwriting
Tak ada typography yang lebih terkesan friendly dari font handwriting. Konsep ini selalu jadi tren dari tahun ke tahun. Di 2020, konsep handwriting diprediksi tak jauh berbeda dengan yang sudah menjadi tren tahun lalu, memakai font tipe handwriting yang lebih personal dipadukan dengan background warna pastel.

4. Overlay
Salah satu teknik membuat poster menarik adalah memunculkan ukuran font yang besar di depan gambar atau yang lazim disebut overlay text. Cara ini populer karena bisa menyampaikan pesan lebih jelas, menarik perhatian orang dengan tetap menampilkan unsur artistik.

5. Minimalis
Less is more, konsep desain minimalis dengan meminimalkan ruang untuk huruf dan memaksimalkan ruang kosong adalah salah satu cara untuk menarik perhatian. Konsep typography ini dengan menggunakan fons sederhana dengan ukuran kecil untuk menciptakan white spaces yang luas.

6. Klasik retro
Konsep desain waktu, baik itu futuristik maupun klasik seakan tak pernah absen dari tren. Typography ini menampilkan font retro menampilkan kesan nostalgia untuk menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Salah satu cara klasik yang bisa diandalkan untuk bisa menarik perhatian dan memasarkan produk.

7. Big and Bold
Kebalikan dengan desain minimalis, big and bold menampilkan typography dengan font tebal dan besar. Helvetica salah satu font sederhana yang ideal untuk konsep desain ini, menampilkan pesan secara gamblang serta menarik perhatian.

9. Highlight Kata Kunci
Kamu hanya punya waktu beberapa detik saja untuk menarik perhatian audiens. Untuk memaksimalkan waktu yang sebentar tadi, kamu bisa highlight beberapa kata kunci dengan warna berbeda, font dan ukuran berbeda, atau perpaduan kesemuanya. Pastikan saja kata kuncinya memang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, padukan dengan kata unik lainnya agar bisa nyantol di pikiran audiens.

10 Go Green
Hijau menjadi salah satu warna favorit di dunia advertising. Warna-warna alam seperti hijau, kuning dan coklat diprediksi akan kembali booming di tahun ini. Hijau melambangkan fresh, kesehatan, coklat melambangkan kesuburan dan ketenangan serta kuning mencerminkan kesehatan dan vitalitas. Warna alam tadi cocok dipakai untuk poster yoga, kelas memasak, pasar buah atau malah cafe.

Typography tak bisa dianggap enteng, karena punya peran penting dalam menyampaikan pesan. Dengan typography, kamu bisa menunjukkan identitas brand, story telling, menarik perhatian hingga mendorong orang untuk berinteraksi. Dengan memperhatikan konsep typography yang bakal tren, peluang desain poster kamu dilirik orang juga akan semakin besar.

SOURCE: 1 2 3

Posted in: Articles