15 Contoh Film Dokumenter Terbaik - IDS | International Design School

15 Contoh Film Dokumenter Terbaik

Selain genre film romantic, action, drama, comedy dan lainnya. Kita tidak boleh melupakan salah satu genre yang perlu kita tonton yaitu genre film dokumenter.  Genre yang menceritakan sisi kehidupan nyata dari lingkungan sekitar kita ini tidak pernah lengkang oleh waktu karena selalu ada kejadian nyata yang kita tidak pernah tahu terjadi. Berikut ini adalah 15 contoh film dokumenter terbaik baik dari Indonesia maupun luar negeri.

 

Beasiswa Ala Bajo (Sulawesi Tenggara)

Mengisahkan proses pemberian beasiswa ala masyarakat suku Bajo yang dilakukan secara swadaya oleh komunitas Bajo untuk membantu anak-anak suku Bajo agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Dongeng Ajaib (Jakarta)

Mengangkat metodologi dongeng sebagai sarana mencerdaskan bangsa. Sebuah tradisi budaya bangsa yang telah lama ditinggalkan ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi pendidikan anak dan menjalin hubungan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Muhammad Aryo Farid Zidni (29th ) hadir untuk mendongeng dari satu taman baca ke taman baca yang lainnya secara cuma -cuma untuk mengatakan pada dunia bahwa mendongeng dapat mencerdaskan anak.

 

Habibie dari Selokan Mataram (Bandung)

Mengisahkan seseorang bernama M. Toha, seorang pekerja percetakan yang dikenal karena keahliannya di bidang Aeromodeling & Robotic. M. Toha dengan komunitasnya, Seribu Bintang, menciptakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki sistem navigasi, dan dilengkapi dengan sistem UAV yang biasa digunakan untuk kepentingan riset, survei atau sebagai pesawat mata-mata militer.

 

HONG (Yogyakarta)

Mengangkat kearifan lokal dari komunitas HONG, sebuah komunitas yang mengajak anak-anak untuk kembali ke permainan tradisional. Karena permainan tradisional mampu meningkatkan motorik dan kreativitas anak.

 

Sekolah Master Anak Jalanan (Depok)

Menceritakan sebuah sekolah gratis yang didirikan oleh Nurrohim (pengumpul barang bekas) untuk anak jalanan dan masyarakat yang kurang mampu. Sekolah bernama PKBM Yabim yang didirikannya sejak tahun 2001 dan terletak di belakang Terminal Depok hingga kini telah memiliki hampir 1500 murid dari mulai SD, SMP, SMA serta sejumlah prestasi yang berhasil diraih para murid sekolah tersebut.

 

Fahrenheit 9/11 (Michael Moore, AS, 2004)

Opini kritis tentang kebijakan ‘War on Terror’ pada masa Presiden Bush dan cara media massa memberitakannya. Film ini memenangkan Palm d’Or, penghargaan tertinggi Festival Film Cannes ke-57 (2004). Jarang sekali ada film dokumenter yang bisa memenangkan penghargaan ini.

 

Born into Brothels (Zana Briski & Ross Kauffman, AS, 2004)

Zana, wanita fotografer Amerika, datang ke lokalisasi pekerja seks komersial di Sonagachi, Kolkata, India. Ia mengajari mereka  memotret dan menyusun film ini dari banyak potongan kehidupan sehari-hari para penghuni lokalisasi.

 

March of the Penguins (Luc Jacquet, Prancis, 2005)

Pengamatan selama setahun tentang migrasi kelompok penguin di Antartika, dengan narasi para aktor terkenal. Film ini membuka diskusi yang luas tentang konsep keluarga di masa modern.

 

An Inconvenient Truth (Davis Guggenheim, AS, 2006)

Film dokumenter terlaris di AS ini mendokumentasikan kampanye pendidikan lingkungan oleh mantan Wakil Presiden AS, Al Gore, tentang pemanasan global.

 

Dixie Chicks: Shut Up and Sing (Barbara Kopple & Cecelia Peck, AS, 2006)

Cerita personal tentang kelompok band wanita, Dixie Chicks, yang banyak mendapat masalah di negeri sendiri karena selama di London aktif mengkritik kebijakan perang Presiden Bush di depan publik.

 

Earth (Alastair Fothergill & Mark Linfield, Inggris/Jerman/AS/Jepang , 2007)

Film ini mendokumentasikan perjalanan mengunjungi keragaman habitat hewan liar   di berbagai penjuru dunia.

 

Pertaruhan (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Indonesia, 2008)

Empat film dokumenter pendek tentang kontroversi seputar tubuh wanita di Indonesia.

 

This Is It (Kenny Ortega, AS, 2009)

Rekaman proses persiapan konser Michael Jackson ini menghebohkan dunia setelah Michael Jackson meninggal 18 hari sebelum konser dimulai.

 

Oceans (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Perancis, 2010)

Film ini menguak misteri bawah laut. Dunia sempat dikagetkan ketika para hiu dibantai dengan kejam demi kepentingan manusia.

 

Justin Bieber: Never Say Never (AS, 2011)

Ini yang terbaru, tapi berhasil mencuri perhatian dunia. Kisah hidup Justin Bieber sekaligus mengikuti perjalanannya tur keliling dunia tahun 2010. Film ini juga beredar dalam versi 3D.

 

Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

Sumber :  1 2
Mau Belajar Bikin Film Dokumenter? Belajar di Sekolah Film IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG