3 Tips Melatih Cara Menggambar Anime | IDS

3 Tips Melatih Cara Menggambar Anime

Sharing is caring!

Kamu suka menggambar anime? Tapi bingung untuk mengembangkan skill menggambarmu? Tenang saja, di artikel ini dibahas beberapa cara untuk melatih kemampuan menggambar animemu. Biar kamu bisa langsung belajar, yuk disimak!

Perbanyak Referensi

Kalau kamu ingin membuat gambar anime yang bagus maka memperbanyak referensi wajib kamu lakukan. Referensi itu sangat bebas, bisa berasal dari anime atau manga kesukaanmu.

Fungsi utama memperbanyak referensi ialah agar kamu bisa memahami ciri khas dan karakteristik dari masing-masing anime. Sebab, tiap anime ataupun manga pasti memiliki ciri khas masing-masing. Dengan mengetahui ciri khas itu, kamu dapat dengan mudah memahami cara menggambar pencipta anime tersebut.

Selain itu, memiliki referensi bertujuan untuk membedah berbagai bentuk teknik menggambar. Setiap pembuat anime pasti memiliki teknik menggambar yang unik dan sedikit banyaknya berbeda dengan lainnya. Jadi, dengan memperhatikan berbagai anime sebagai referensi maka kamu secara tak langsung memperhatikan teknik menggambar pembuat anime tersebut.

Referensi juga dapat membantu kamu untuk membuat karakteristik tokoh yang tengah kamu buat. Sebab, referensi-referensi yang kamu miliki akan dengan sendirinya mempengaruhi ruang imajinasimu untuk membuat suatu karya kreatif. Dengan begitu, tokoh anime yang kamu buat dapat memiliki karakteristiknya sendiri.

Latih Gambar dengan Meng-copy Satu atau Dua Tokoh Anime

Practice make perfect guys! Agar dapat menggambar anime dengan bagus maka kamu harus sering berlatih. Salah satu cara paling mudah untuk melatih skill menggambarmu ialah meng-copy gambar orang lain.

Sebelum kamu melakukan itu, ingat ya guys, meng-copy di sini tujuannya untuk melatih diri bukan melakukan plagiarism. Jadi, kamu hanya meniru gambar orang lain untuk merasakan bagaimana proses penciptaan gambar itu.

Pilihlah tokoh anime yang kamu sukai agar latihan kamu menyenangkan. Setelah itu, coba tirukan mulai dari gambar polanya. Latihlah skill-mu hingga gambar tiruan yang kamu buat sudah mendekati kualitas gambar aslinya.

Dengan sering berlatih seperti ini maka tangan kamu akan terlatih dan semakin luwes dalam menggambar. Latihlah secara berkala dan terjadwal sehingga skill kamu makin bagus.

Membaca dan Menonton Banyak Tutorial Tips

Untuk memperkaya pengetahuanmu seputar menggambar anime, maka kamu harus memperbanyak membaca dan menonton tutorial tips. Bahan tutorial itu banyak tersebar di internet. Kamu cukup mencarinya melalui google search.

Tujuan membaca atau menonton tutorial ialah agar kamu bisa mengetahui detil proses pembuatan gambar anime yang benar. Perhatikan tiap langkah-langkahnya sehingga proses menggambar kamu nanti tidak ada yang salah.

Selain itu, tutorial dapat membantumu untuk memperkaya pengetahuan teknik menggambar. Kamu bisa mempelajari banyak teknik menggambar dari tutorial. Pastinya, dengan mengetahui berbagai macam teknik menggambar maka kamu bisa lebih mudah dalam menggambar anime nantinya.

Melatih Gambar dengan Guideline

Sebelum kamu mahir menggambar anime, ada baiknya kamu menggambar menggunakan guidelines. Tujuan utamanya ialah agar kamu tahu perihal proposisi gambar. Jadi, kamu bisa membuat gambar dengan propors yang tepat.

Selain itu, latihan dengan menggunakan guidelines mampu melatih kamu untuk menemukan ciri khas gambar animemu. Saat menggambar menggunakan guidelines pastinya secara naluri kamu tidak akan menggambar begitu menempel dengan garis yang ada. Naluri-naluri menggambar itu akan semakin terbentuk seiring berjalan waktu kamu menggunakan guidelines.

Setelah menggambar tidak menggunakan guidelines, jemari kamu akan secara naluri menunjukkan karakter gambar sendiri. Sebab, guidelines itu sudah berada di ruang imajinasi kamu sehingga kamu tidak memerlukannya lagi.

Itulah beberapa tips untuk melatih kemampuan gambar animemu. Kalau kamu ingin semakin mahir menggambar anime, terus berlatih ya guys!

 

Source: 1 2 3 4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG