4 Alasan Seseorang Memilih Kuliah di Jurusan Desain Grafis | IDS

4 Alasan Seseorang Memilih Kuliah di Jurusan Desain Grafis

Kuliah desain grafis saat ini cukup digemari banyak orang. Ada banyak alasan mereka memilih jurusan desain grafis sebagai tujuan kuliahnya. Mau tahu apa saja alasannya? Yuk, simak beberapa alasan yang paling sering digunakan untuk memilih jurusan desain grafis saat melanjutkan ke bangku kuliah!

 

Banyak Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan Desain Grafis

Menjadi seorang desainer grafis tentunya amat mudah menemukan pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan di bidang kreatif membutuhkan keahlian di bidang desain grafis. Perusahaan itu mulai dari perusahaan media massa, agensi periklanan, production house, hingga penerbitan buku.

Tak hanya perusahaan di bidang kreatif saja yang membutuhkan tenaga lulusan desain grafis, perusahaan bidang lainnya juga butuh, khususnya untuk bekerja di bidang humas atau di departemen komunikasi. Biasanya, tugasnya terkait mendesain iklan atau informasi yang perlu disebarluaskan ke masyarakat.

Luasnya bidang pekerjaan itulah yang menjadi alasan utama lulusan desain grafis diminati. Apalagi, tiap tahunnya, pasti banyak perusahaan yang membuka lowongan mencari seorang desainer grafis.

 

Banyak Potensi Mendapatkan Pendapatan Saat Masih Mahasiswa

Menjadi mahasiswa desain grafis memiliki beberapa keuntungan. Salah satu keuntungan yang paling sering dirasakan ialah mampu mendapatkan pendapatan tambahan uang saku. Pendapatan itu biasanya didapatkan dengan mengerjakan projek desain secara freelance.

Biasanya, mahasiswa yang sering mendapatkan informasi mengenai projek desain ini ialah mahasiswa tingkat akhir. Mereka mendapatkan link pekerjaan projek tersebut berdasarkan pengalaman atau dari senior-senior yang telah lulus.

Selain mendapatkan uang saku tambahan sebagai freelance designer, mahasiswa desain grafis bisa memperolehnya dari berbagai macam lomba. Bagi mahasiswa desain grafis, ada banyak kesempatan untuk memenangi lomba desain. Sebab, lomba mendesain untuk mahasiswa cukup banyak ragam dan jumlah hadiahnya.

Lomba desain grafis itu juga sering dimanfaatkan mahasiswa desain grafis untuk mengukur kualitas desain diri sendiri dan mempelajari teknik desain dari orang lain. Dengan begitu, mereka pun mendapat kesempatan mengembangkan diri dengan mengikuti lomba desain.

Potensi-potensi ini kerap menjadi salah satu pertimbangan seseorang memilih jurusan desain grafis. Dengan terbukanya potensi pendapatan semenjak kuliah maka terbuka pula kesempatan untuk meringankan beban orang tua atau memperkaya diri semenjak dini.

 

Belajarnya Tidak Membosankan

Belajar di jurusan ini cukup seru dan tidak membosankan. Sebab, ada berbagai mata kuliahnya mengajarkan kamu untuk menjadi insan kreatif. Mulai dari gambar sketsa bentuk hingga gambar menggunakan software tertentu.

Mengikuti mata kuliah itu tentunya tidak akan membuatmu bosan karena tidak harus selalu berkutat dengan buku. Selain itu, pelajaran yang disampaikan selalu berkembang. Sebab, ilmu desain grafis merupakan salah satu bidang keilmuan yang perkembangannya cukup pesat. Dengan begitu, tiap mengikuti berbagai pelajarannya kamu akan selalu menemukan hal baru dan menarik.

Di luar dari soal mata kuliah, pertemanan mahasiswa desain grafis pun cukup menyenangkan. Sebab, berbagai karakter kreatif bisa kamu temui di sini. Ada yang lagaknya bak seniman, ada yang nerdy, dan ada juga yang biasa-biasa saja. Keanekaragaman mahasiswa itu pastinya bikin betah kuliah.

Keseruan-keseruan itulah yang kerap menjadi alasan seseorang memilih jurusan desain grafis sebagai jurusan kuliahnya. Kamu pun bisa mempertimbangkan hal tersebut untuk masuk ke jurusan desain grafis.

 

Ingin Mendalami Ilmu Desain

Alasan ini biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki hobi atau ketertarikan terhadap ilmu desain grafis. Dengan mengambil jurusan desain grafis, mereka percaya akan memperkaya kemampuan diri mereka dalam dunia desain.

Harapan itu memang bisa dikatakan benar lantaran dengan kuliah desain grafis maka seseorang akan mendapatkan berbagai teori dan praktek teknik desain grafis yang belum tentu didapatkan oleh pembelajar otodidak. Keahlian desain pun menjadi lebih kaya sebab mendapatkan pembelajaran langsung dari berbagai akademisi dan praktisi desain grafis.

Kalau kamu tertarik dengan dunia desain, tak ada salahnya memilih jurusan desain grafis sebagai tujuan kuliahmu. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan potensi dan bakat desainmu.

Itulah beberapa alasan yang digunakan seseorang memilih jurusan desain grafis untuk kuliah. Semoga beberapa alasan itu bisa menginspirasimu kuliah di jurusan desain grafis ya guys.

Source: 1 2 3 4

Posted in: Articles

Comments (3 Responses )

  1. Christo Tito - May 26, 2018 - 10:25 am #

    Aku awalnya mau kuliah desain grafis.. Eh, malah nyasar ke Tekhnik Informatika..!! yg dimana sya gak dapat yg saya butuhkan di Tekhnik Iformatika.. beda jauh.. semuua sdh terlanjur karna gk survei dri awal tentang jurusan Informatika. Kirain didalam Informatika, sdh termasuk dgn Desain Grafis yg saya tahu.. Dan ternyata…!!! Jauh bangat dari kata cita2 awal..

  2. Abdul Sidik - April 25, 2018 - 5:06 pm #

    Kak mau tanya, jurusan desain grafis ini, kita bisa belajar bikin baju costplay gak, kaya baju power ranger, kostum anime,dll???

    • Christo Tito - May 26, 2018 - 10:38 am #

      Setahuku desain grafis tuh kreatif yaa… jadi ya, bisa semuanya diterapkan tuh… Asal sekreatif agan dalam mengelolah/mengembangkan seninya nanti..

DAFTAR SEKARANG