4 Klasifikasi Genre Film Beserta Jenisnya, Mana yang Jadi Favorit Kamu? - IDS | International Design School

4 Klasifikasi Genre Film Beserta Jenisnya, Mana yang Jadi Favorit Kamu?

4 Klasifikasi Genre Film Beserta Jenisnya,

Film adalah salah satu short gateway yang sering dijadikan sebagai sarana hiburan. Nonton film tuh nggak semahal traveling yang butuh budget hingga jutaan. Dengan modal kuota aja kamu sudah bisa streaming film-film bergengsi di berbagai portal streaming seperti Netflix misalnya. 

Karenanya film memiliki klasifikasi genre tersendiri untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat yang preference-nya berbeda. Supaya pengetahuanmu tentang genre film bertambah, simak yuk apa saja klasifikasi genre film yang ada!

  1. Drama 

Genre drama adalah salah satu yang paling banyak diminati baik itu oleh wanita maupun pria. Ruang lingkup genre drama juga terbilang relatif luas dibandingkan genre lainnya. Ciri-ciri film jenis genre ini adalah mampu menghadirkan konflik yang berbeda dari beberapa tokohnya. Tema yang diangkat pada genre ini juga lebih bervariasi, bisa berupa konflik percintaan, keluarga, persahabatan, sosial, hingga politik. Beberapa film drama yang terkenal hingga saat ini seperti P.S I Love You, The Devil Wears Prada, The Shawshank Redemption,  Forrest Gump, dan masih banyak lainnya. 

  1. Komedi

Genre kedua yang memiliki banyak penggemar adalah komedi. Film dengan genre komedi memiliki tujuan untuk membuat penonton tertawa sehingga di dalam film ini pasti ada humor yang lucu. Humor ini bisa disalurkan melalui adegan, tingkah laku, hingga dialog. 

Genre Komedi sendiri masih dibagi lagi dalam beberapa jenis yaitu: 

  • Black komedi yang biasanya menyinggung hal-hal berbau kematian, kriminal, pembunuhan, dan hal satir seperti film The Wolf of Wall Street, dan Once Upon a Time in Hollywood.
  • Slapsticks adalah jenis film komedi yang mengandalkan humor secara fisik dan komikal seperti film Johnny English dan Home Alone. 
  • Parody atau spoof, adalah jenis film komedi yang memparodikan film atau karya lain seperti Scary Movie. 
  • Flash Out of Water, jenis ini menempatkan karakternya pada situasi asing yang tak terduga seperti film Police Academy.
  1. Action

Genre ini adalah salah satu genre yang paling banyak diminati oleh sejuta umat pecinta film. Film ini banyak menghadirkan adegan laga di dalamnya. Sehingga aktornya dituntut memiliki fisik yang prima, biasanya film ini memiliki banyak pemeran pengganti. Gene action juga dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Superhero, jenis film action ini kini sedang merajalela di industri film. Apalagi sejak kemunculan Marvel Universe dan juga DC Universe. 
  • Martial arts, Indonesia boleh bangga dengan genre film action ini karena kita sudah melahirkan salah satu film yang berhasil membuat Hollywood jatuh cinta, yaitu The Raid. 
  • Action-Comedy, merupakan film yang menggabungkan komedi dan juga aksi laga dalam satu kesatuan. Seperti film The Nice Guys, dan Rush Hour.
  • Spy film, adalah film action dengan tema spionase seperti James Bond, hingga Mission Impossible. 
  • Disaster movie adalah film action yang mengangkat tema bencana alam. Beberapa film yang mengusung tema ini adalah 2012 dan Independence Day.
  1. Horor

Film horor diciptakan untuk membuat para penontonnya merasa takut. Genre film ini mengandung elemen-elemen yang berhubungan dengan hantu, setan, mistis, dan dunia ghaib. Meski sama-sama seram, ternyata film horor juga terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Supernatural horror, merupakan genre film horor yang memiliki unsur mistis dan hal-hal gaib seperti film The Conjuring dan The Ring.
  • Horror Zombie, jenis ini jadi film yang kini sangat populer hampir di seluruh dunia. Contoh film jenis ini seperti Train To Busan dan Night of the Living Dead.
  • Slasher merupakan jenis horor yang menceritakan tentang pembunuhan berantai seperti Friday the 13th dan A Nightmare on Elm Street.
  • Psychological horror adalah jenis horor yang melibatkan kondisi emosional tokohnya. Horor jenis ini seperti digambarkan film Silent Hill, The Shining, dan Sinister.

Selain keempat genre tersebut masih ada beberapa genre lain yang bisa kamu simak di artikel IDS selanjutnya ya. Mana nih genre favorit kamu?

SOURCE: 1 2 3

Posted in: Articles