4 Langkah Mudah Membuat Video Stop Motion di Windws Movie Maker | IDS

4 Langkah Mudah Membuat Video Stop Motion di Windws Movie Maker

Sharing is caring!

Stop motion adalah teknik animasi dengan manipulasi objek, sehingga objek tersebut kelihatannya bergerak. Stop motion mirip seperti teknik flip books yang dilakukan orang ketika masih kecil, yaitu dengan menggambar objek di sudut kertas dan membalikkannya dengan cepat. Stop motion bukanlah teknik yang mudah, karena membutuhkan banyak sekali gambar untuk digerakkan denganc epat.

Jadi, inilah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat video stop motion

  1. Import foto yang telah kalian ambil ke Windows Movie Maker

    Mulailah dengan import foto-foto atau gambar-gamabr yang sduah kalian ambil ke Windows Movie Maker. Pastikan urutan gambar-gambar tersebut sudah sesuai dengan urutan cerita yang ingin kalian gambarkan.

  2. Mengatur durasi per gambar

    Kalian bisa mengubah setting dari video tersebut dengan memilih semua gambar-gambar tersebut lalu klik “Edit” dari menu bar dan selanjutnya kalian bisa mengatur durasi dari video yang kalian ingin buat. Mengubah durasi sangatlah penting, karena default Windows Movie Maker adalah 7 detik untuk setiap gambarnya, ubahlah menjadi sekitar .175 ataupun .250 detik. Pastikan semua gambar sudah terpilih sebelum mengubah durasi per gambarnya.

  3. Memberi efek ke video

    Setelah durasi sudah teratur, sebenarnya hasilnya sudah dapat disebut video stopmotion, namun untuk mempercantik atau mempertegas beberapa bagian, kalian bisa mengatur kecepatan dan memberi musik. Misalkan ada bagian yang kalian anggap perlu ditampilkan lebih lama waktunya dibanding yang lain, maka pilihlah foto tersebut dan copy and paste (CTRL C + CTRL V) di tempat yang sama, itu akan menambahkan 1 detik tambahan.

    Tambahkan musik untuk memperlengkap videonya, mungkin kalian ingin supaya musik dan gambar yang sedang ditampilkan dapat berkesinambungan.

  4. Periksa kembali videomu

    Setelah selesai, periksa kembali video yang kalian sudah buat. Jika terlalu lambat kalian dapat menghapus beberapa frame, jika terlalu cepat, lakukan copy dan paste ke frame yang dirasa terlalu cepat. Jika sudah benar-benar rapi, simpan video tersebut dengan memilih “Home” tab dan pilih “Save Movie

 

Sumber artikel: 1 2 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG