5 AJANG PENGHARGAAN BERGENGSI DI DUNIA GAME | IDS

5 AJANG PENGHARGAAN BERGENGSI DI DUNIA GAME

Potensi industri game di Indonesia saat ini semakin maju dan berkembang, terbukti dengan lahirnya banyak developer game yang membuat berbagai game lokal yang sukses di pasaran bahkan beberapa diantaranya sampai dapat meraih berbagai penghargaan di ajang dunia.

Berbagai ajang penghargaan tersebut muncul sebagai bentuk apresiasi terhadap para pembuat game dan juga salah satu bukti bahwa potensi industri game tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nah, berikut ada beberapa penghargaan di bidang game yang cukup popluer dan rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

 

1. The Game Awards

1 (1)
The Game Awards adalah penghargaan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak tahun 2014 di Microsoft Teater. Penghargaan yang rutin diadakan tiap Desember ini dicetuskan oleh Geoff Keighley. Pada saat itu, Geoff Keighley berprofesi sebagai seorang jurnalis game dan produser dari acara Spike Video Game Awards (VGA) untuk Spike TV. Setelah 10 tahun bekerja di Spike TV, Geoff Keighley mengundurkan diri karena merasa kecewa dengan beberapa perubahan acara VGA. Setelah itu, ia mengajak kerja sama beberapa perusahaan, seperti Nintendo, Sony, Microsoft, dan beberapa development game besar lainnya untuk secara finansial mendukung dan membuat acara penghargaan baru yang dikenal hingga saat ini bernama The Game Awards. Total ada 102 nominasi yang ada, seperti Game of The Year, Best Game Direction, Best Narrative, Best Art Direction, Best Score/Music, Best Audio Design, Games for Impact, Best Ongoing Game, Best Mobile Game, dan masih banyak lainnya. Bahkan, antusiasme penonton di tahun 2017, jumlah viewers live streaming untuk acara ini mencapai 11.5 juta views, meningkat drastis sebesar 202 persen dari tahun 2016.

 

 

2. D.I.C.E Awards

 

2 (1)

Penghargaan yang sudah diselenggarakan selama 22 tahun sejak tahun 1996 ini rutin diadakan tiap tahunnya, dan baru pada bulan Februari 2018 kemarin diadakan kembali. D.I.C.E sendiri singkatan dari Design Innovate Communicate Entertain yang sebelumnya bernama Interactive Achievement Awards (IAAs). Awards ini adalah yang paling diakui oleh komunitas hiburan interaktif dengan jumlah pemungutan suara anggota lebih dari 33.000+. Proses pemungutan suara diawasi dan disertifikasi oleh Votenet Solutions, Inc. D.I.C.E Awards juga memiliki 4 penghargaan special, seperti The Hall of Fame, The Lifetime Achievement, The Pioneer Award, The Technical Impact Award. Dan sederet penghargaan umum lainnya, Action Game of The Year, Adventure Game of the Year, Cellular/Mobile Game of the Year, Role-Playing Game of the Year, Strategy/Simulation Game of the Year, Outstanding Game Direction, dan banyak lainnya. Untuk tahun ini, salah satu jagoan yang sepertinya sudah terprediksi akan menyabet gelar bergengsi – Breath of the Wild dari Nintendo tampil sebagai jawara. Tidak hanya mendapatkan penghargaan sebagai Game of the Year saja, Breath of the Wild juga berhasil merebut beberapa kategori penting lain, seperti Game Direction dan Game Design.

 

 

3. International Mobile Gaming Awards  (IMGA)

3International Mobile Gaming Awards (“IMGA”) adalah kompetisi tahunan dan penghargaan game biasa yang dibuat untuk perangkat seluler. IMGA adalah kompetisi internasional untuk game seluler. Sejak tahun 2004 Marteen Noyons selaku founder, mengadakan penghargaan ini. Awalnya hanya 85 studio yang berpartisipasi, tapi sekarang jumlahnya sudah berkembang mencapai 800 studio. Excellence in Gameplay, Excellence in Storytelling, Excellence in Innovation, Excellence in Design, Best Serious Game, Best Technical Achievement, Best Social Game, Best Multi-player Game, dan banyak lainnya. Proses penjurian berlangsung di Marseilles, Perancis pada bulan Januari setiap tahun. Anggota juri diundang untuk meninjau dan memainkan semua game yang diajukan dan memilih nominasi. Kriteria penilaian utama adalah mekanisme gameplay, kualitas desain suara dan seni visual dan orisinalitas dalam bercerita. Para pemenang dari kedelapan kategori diputuskan oleh juri ahli dan jurnalis internasional dari Asia, AS dan Eropa.

 

4. Golden Joystick Awards

4
The Golden Joystick Awards atau yang dikenal juga sebagai People’s Gaming Awards, rutin diadakan tiap tahunnya sejak 1983. Awalnya, ajang penghargaan ini hanya bisa divoting oleh masyarakat Inggris, namun seiring berjalannya waktu voting tersebut dapat dilakukan oleh siapa pun secara online. Golden Joystick Awards Ini adalah ajang penghargaan video game tertua kedua setelah Arcade Awards.

Awalnya penghargaan difokuskan pada game komputer, tetapi kemudian diperluas untuk memasukkan game konsol juga, karena keberhasilan konsol video game seperti Sega Master System dan Sega Mega Drive di Inggris. Penghargaan tahunan ke-35 berlangsung pada 17 November 2017 kemarin di London. Beberapa penghargaan yang berhasil dimenangkan, yaitu Best Storytelling untuk game Horizon Zero Dawn (Sony Interactive Entertainment),

Best Visual Design untuk game Cuphead (StudioMDHR), Best Audio untuk game The Legend of Zelda: Breath of the Wild (Nintendo), Best Gaming Performance untuk game Ashly Burch as Aloy (Horizon Zero Dawn), Best Indie Game untuk Friday the 13th: The Game (Gun Media), dan masih banyak lainnya.

 

5. British Academy Games Awards (BAFTA)

5

The British Academy Games Awards adalah ajang penghargaan game tahunan Inggris. Pertama kali diselenggarakan pada 2004 setelah restrukturisasi BAFTA Interactive Entertainment Awards, penghargaan diberikan oleh Akademi Seni Rupa dan Film Inggris (BAFTA) dan karenanya sering disebut sebagai BAFTA Games Awards. British Academy Games Awards ke-14, diadakan pada 12 April 2018 di Tobacco Dock di London dengan sederet nominasi bergengsi, seperti Artistic Achievement, Debut Game, Audio Achievement, Game Design, Family and Social Game, Evolving Game, Game Beyond Entertainment, dan banyak lainnya.

Itu dia beberapa penghargaan di bidang game yang bergengsi dan selalu diselenggarakan setiap tahunnya, bahkan beberapa diantaranya sudah dilaksanakan lebih dari 20 tahun loh!

Nah, kalau menurut kamu? Ajang penghargaan nomor berapa yang paling menarik? Atau ada ajang game lain yang lebih bergengsi lainnya? Komen di bawah ya!

 

Source:

1  2  3  4  5  6  7

 

Source pictures:

1 2 3 4 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG