5 Alasan Kenapa Hashtag Penting dalam Digital Marketing - IDS | International Design School

5 Alasan Kenapa Hashtag Penting dalam Digital Marketing

Kenapa hastag penting dalam digital marketing

Saat ini penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran sudah menjadi hal yang lumrah. Ini karena media sosial, seperti instagram terbukti efektif untuk memperkenalkan merek/produk. Terlebih dengan pengguna instagram yang saat ini terus tumbuh dan berkembang.

Bagi yang sudah familiar menggunakan instagram dalam strategi digital marketing tentu sudah akrab dengan penggunaan tagar atau hastag. Menggunakan hastag dalam postingan ini penting, karena sebagian besar pengguna instagram mencari topik atau konten yang mereka sukai melalui hastag. Selain untuk menggolongkan tema atau topik, ternyata hastag punya fungsi lain. Nah buat kamu yang ingin tahu lebih dalam, berikut adalah manfaat lain dari penggunaan hashtag dalam Digital Marketing:

  1. Agar Postingan Lebih Mudah Ditemukan

Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi utama hashtag adalah untuk mengelompokkan tema atau topik tertentu. Maka jika postingan kamu dilengkapi hastag tertentu yang unik, atau memberikan gambaran foto, maka postinganmu akan lebih mudah oleh pembaca dengan memasukkan hastag terkait.

Contoh, apabila kamu posting foto Pantai Kuta, lalu menambahkan hastag #PantaiKuta, maka postingan tadi akan muncul di halaman index hastag #PantaiKuta. Atau jika kamu posting campaign tertentu, maka hastag unik nama campaign juga bisa menjadi pembeda sekaligus identitas. Semakin sering postingan kamu ditampilkan, maka semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan engagement tinggi.

  1. Mempermudah Mencari Customer

Menyertakan hastag populer yang sudah diikuti banyak orang menjadi cara paling efektif agar postinganmu bisa sampai kepada orang yang tepat. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang/pebisnis online yang menjual barang/jasa lewat instagram.

Contoh sederhana, jika kamu menjual produk tas wanita, kamu bisa sertakan hastag #taswanitamurah di dalam postingan. User instagram yang ingin mencari tas wanita salah satunya caranya bisa membuka halaman hastag #taswanitamurah. Nah dari situ, foto daganganmu bisa ditemukan oleh mencari lewat halaman hastag tadi.

  1. Mempermudah Pencarian Lokasi

Seringkali nama lokasi juga menjadi pelengkap dalam hastag. Misalnya, seseorang yang ingin mencari kacamata murah di Jakarta, maka bisa mencarinya di halaman hastag #kacamatamurahjakarta. User instagram di Jakarta bisa menggunakan halaman hastag #kacamatamurahjakarta untuk mencari produk kacamata murah dari banyak toko online di Jakarta.

  1. Mempermudah Promosi Produk

Selain untuk memperluas distribusi konten, hastag juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan postingan kamu. Misalnya jika kamu upload foto barang dagangan pakaian, bisa dilengkapi dengan hastag umum yang masih relevan seperti #sekolahdesain #sekolahdesainjakarta. Selain itu bisa ditambahkan hastag unik sebagai ciri khas produk yang dipasarkan, hastag unik bisa berupa tagline produk atau nama brand.

Sejumlah perusahaan memanfaatkan hastag unik ini sebagai identitas postingan mereka di instagram. Secara tidak langsung, hastag unik tadi bisa memperkuat brand kamu.

  1. Bisa Dapat Tambahan Followers/Like

Saat kamu posting foto produk dengan menyelipkan hastag populer yang masih relevan, maka kesempatan postingan kamu dilihat orang dengan interest atau hobi yang sama juga lebih tinggi. Jika foto atau video kamu bagus dan menginspirasi, maka postingan kamu punya kans besar untuk mendapatkan banyak like atau bahkan follower baru.

Pemakaian hastag sejatinya bisa menjadi alat bagus untuk memaksimalkan strategi marketing yang kamu susun di instagram. Namun penggunaannya juga perlu dicermati dan dilakukan riset agar bisa menempatkan hastag dengan tepat sehingga banyak audiens tertarget bisa dijangkau dengan kombinasi hastag yang digunakan.

 

Source: 1 2

Posted in: Articles