Inilah 5 Alasan Mengapa UX Penting dalam Mendesain Produk | IDS

5 Alasan Mengapa UX Penting dalam Mendesain Produk

Di antara kamu pasti ada yang bertanya, mengapa user exprience (UX) penting dalam mendesain sebuah produk web, aplikasi, ataupun software? Pertanyaan itu muncul pastinya karena kurangnya informasi yang kamu dapatkan mengenai fungsi dan peran UX dalam runtut pembuatan sebuah produk. Nah, kalau kamu mau tahu seberapa pentingnya proses desain UX maka kamu harus baca informasi ini. Yuk, disimak!

Membuat Pengguna Nyaman

Alasan pertama pentingnya UX dalam desain produk web, aplikasi, dan software ialah membuat penggunanya nyaman saat menggunakan produk tersebut. Kenyamanan itu tentunya akan membuat tujuan pembuatan produk itu tersampaikan kepada penggunannya.

Dengan begitu, produk itu akan terus digunakan dan akan semakin dicari oleh pengguna. Semakin dicarinya produk itu maka dapat dikatakan produk itu telah sukses menjawab tujuan penggunaannya. Bagi desainer yang membuatnya, tentu hal itu akan memberikan kepuasan tersendiri sebab karyanya disukai oleh banyak orang.

Memudahkan Pengembangan Produk

Kamu tentunya ingin hasil karyamu terus berkembang bukan? Nah, dengan kamu menggunakan UX sebagai dasar desainmu maka kamu akan merasakan kemudahan ketika melakukan pengembangan web, aplikasi, ataupun software besutanmu.

UX akan menunjukkan bagian-bagian mana saja pada produkmu yang harus dikembangkan. Dengan begitu, kamu akan mudah mengembangkannya agar semakin mudah digunakan oleh penggunannya.

Meminimalisir Waktu Proses Pembuatan Produk

Ketika kamu sudah mengetahui apa yang dibutuhkan pengguna dari produkmu maka kamu tidak akan membuang waktu percuma ketika proses pembuatannya. Kamu dan timmu akan lebih fokus untuk menyempurnakan produkmu sebelum diluncurkan.

Dengan begitu, deadline pembuatan produkmu tidak akan molor. Hal itu tentunya akan memberikan waktu tambahan untuk me-review ulang prototype produkmu sehingga ketika diluncurkan sudah tidak ada bug ataupun crash pada produkmu. Hasilnya, produkmu akan langsung bisa digunakan penggunanya.

Mengetahui Apa yang Dibutuhkan Pengguna

Salah satu keunggulan produk web, aplikasi, dan software yang dibuat berdasarkan konsep UX ialah dapat menjawab kebutuhan dari penggunanya. Sebab, dalam proses pembuatan produk tersebut, tentunya seorang desain UX melakukan riset akan kebutuhan seorang pengguna saat menggunakan suatu produk web, aplikasi, ataupun software.

Dari hasil riset itulah yang akan menjadi acuan kamu dalam mendesain produkmu. Mulai dari tampilannya hingga fitur-fiturnya. Dengan begitu, saat produkmu digunakan oleh penggunannya maka secara otomatis produkmu bisa digunakan secara maksimal.

Hal itu tentunya akan memberikan kepuasan kepada pengguna produkmu dan menjadikan produkmu pilihan utama mereka. Tanpa adanya riset UX tersebut, pengguna produkmu akan kesulitan dan menerka-nerka cara kerjanya. Hal itu tentu akan menyulitkan mereka bukan?

Menciptakan Produk yang Berkesan bagi Penggunanya

Kelebihan utama dari pembuatan produk digital berdasarkan UX ialah menjadikan produk besutanmu unik dan berkesan di mata penggunannya. Hal itu tentunya akan menjadi nilai plus utama pada produkmu yang membedakannya dengan produk lainnya.

Selain itu, produk yang didesain dengan memperhatikan UX-nya akan membuat penggunanya mendapatkan pengalaman baru saat mengeksplorasi produk digital tersebut. Apalagi bila produk digital itu dapat disesuaikan dengan karakter penggunanya. Sudah barang tentu, produk tersebut tidak akan pernah ditinggalkan oleh penggunanya karena kesan mendalam yang mereka rasakan.

Itulah lima kelebihan produk web, aplikasi, dan software yang dibuat dengan memperhatikan UX-nya. Kamu sudah tentu berharap produk digitalmu disukai banyak orang bukan? Kalau begitu, kenapa tidak mendesainnya melalui perspektif UX. Pasti, produk digital yang kamu gunakan akan memberikan pengalaman tersendiri pada penggunannya.

Source:

1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG