5 Alasan Merubah Gaya Bisnismu Ke Digital Marketing - IDS | International Design School

5 Alasan Merubah Gaya Bisnismu Ke Digital Marketing

Jumlah berbagai UKM di Indonesia terus bertambah. Dengan berkembangnya teknologi dan tumbuhnya persaingan antar UKM, bisnis kecil dan besar mulai berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan. Di era digital sekarang ini seorang pebisnis memerlukan teknik digital marketing untuk tetap bertahan, berkompetisi, dan membesarkan bisnis. Salah satu siasat yang banyak digunakan para pebisnis saat ini adalah bergerilya di dunia digital marketing.

Digital marketing menjadi strategi wajib untuk diterapkan pada setiap bisnis yang tumbuh di tengah dinamisnya perkembangan teknologi sekarang ini. Jika dulu perusahaan banyak mengandalkan televisi, radio, telepon, dan baliho, kini anda dapat memanfaatkan media sosial dan platform pencarian lain untuk mengenalkan produk kepada banyak orang. Mengapa digital marketing begitu penting untuk diterapkan dalam bisnis? Simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Rasa ingin tahu konsumen sebelum membeli produk. 

 

pexels-photo-787929

Masyarakat modern selalu melakukan pencarian melalui Google tentang informasi dan ulasan produk tertentu sebelum memutuskan melakukan pembelian. Dengan memasukkan kata kunci, konsumen dapat memperoleh ribuan hasil pencarian seputar produk yang dicari. Pebisnis tentunya dapat memanfaatkan fenomena ini untuk membangun brand awareness produk melalui konten blog, PPC, maupun strategi SEO demi memastikan website bisnisnya dapat dijangkau konsumen di mesin pencarian.

 

  1. lebih hemat biaya

 

calculator-calculation-insurance-finance-53621

Digital marketing untuk bisnis tidak hanya efektif dalam menjaring traffic dan konversi, tapi juga lebih efisien jika ditinjau dari segi biaya. Biaya marketing melalui PPC, email, atau content marketing dinilai lebih terjangkau dibanding memasang iklan di televisi. Berdasarkan survei yang dilakukan sejumlah pakar digital marketing, content marketing lebih hemat biaya tiga kali lipat dibanding metode marketing tradisional.

Keunggulan digital marketing tidak berhenti sampai di situ. Banyak pebisnis yang menganggap penerapan digital marketing dapat menghasilkan ROI (Return on Investment) yang lebih menarik dibanding metode marketing konvensional.

 

  1. Pengukuran keberhasilan digital marketing lebih lengkap dan akurat

 

pexels-photo-95916

Dalam hal pengukuran efektivitas iklan, digital marketing dinilai jauh lebih unggul. Pengukuran keberhasilan iklan dapat dilakukan melalui berbagai macam tools seperti Google Analytics, tracking scripts, pixel, dan tag untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Matrik pengukurannya pun lengkap. Dari matrik tersebut, anda dapat mengukur seberapa banyak jumlah iklan yang ditampilkan, jumlah unduhan, jumlah pengunjung yang mendaftar di website, serta respon konsumen terhadap iklan tersebut.

 

  1. Membangun rasa percaya publik terhadap perusahaan

 

pexels-photo-230544

 

Dengan interaksi melalui layanan konsumen dan media sosial, perusahaan dapat turut membangun kepercayaan konsumen. Melalui respon konsumen tersebut, anda dapat mengukur seberapa efektif strategi content marketing yang diterapkan perusahaan dan elemen mana saja yang perlu diperbaiki untuk memaksimalkan strategi digital marketing untuk bisnis.

Selain membangun interaksi langsung dengan konsumen, anda perlu membuat program untuk sekadar “memanjakan” konsumen. Sesekali adakan kuis atau giveaway di media sosial sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen.

Digital marketing untuk bisnis merupakan wujud nyata perkembangan modernitas. Untuk dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis, Anda harus mampu menerapkan strategi pemasaran berbasis teknologi yang mampu menjangkau target konsumen dengan cara yang praktis dan menyenangkan.

 

  1. Bisnis yang lebih mengikuti trend

 

stock-iphone-business-mobile-38629

Tren di era digital terus-menerus berkembang dalam waktu yang relatif singkat. Bisnis pun harus mengikuti tren agar dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Tren tersebut dapat berupa penggunaan aplikasi teknologi terbaru, slogan, atau fenomena budaya populer yang banyak dibicarakan. Dengan memanfaatkan tren yang sedang populer, anda dapat meningkatkan reputasi bisnis di dunia maya yang akan berimbas pada peningkatan leads dan jumlah konsumen.

Penggunaan media sosial dan konten blog merupakan cara paling efektif untuk dapat selalu terhubung dengan tren. Anda dapat menjalin interaksi yang intensif dengan target audience jika konten yang anda angkat sesuai dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Tunggu apa lagi, segera terapkan strategi digital marketing pada bisnis anda.

Ingin mengetahui lebih banyak  tentang digital marketing? anda dapat belajar tentang stategi marketing dalam program corporate training di IDS | International Desing School.

 

Posted in: Articles