5 Beasiswa Sekolah Luar Negeri Paling Populer - IDS | International Design School

5 Beasiswa Sekolah Luar Negeri Paling Populer

Sekarang ini beasiswa sekolah luar negeri sangat beragam. Beberapa program beasiswa luar negeri memiliki reputasi global. Puluhan ribu pelajar di Indonesia maupun luar negeri ikut memperebutkan beasiswa tersebut. Hal ini dikarenakan pihak sponsor memberikan beasiswa dengan mempersiapkan fasilitas secara lengkap, mulai dari biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, serta tempat tinggal. Penerima beasiswa nantinya hampir tidak mengeluarkan uang sepersen pun karena tiket pesawat juga sudah ditanggung oleh pihak sponsor. Berikut ini adalah daftar beasiswa sekolah luar negeri yang paling populer :

 

1. Beasiswa Fulbright
Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat dan ditawarkan ke 155 negara dengan jumlah total sekitar 7500 beasiswa setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri beasiswa Fulbright dikelola oleh AMINEF, sebuah lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Beberapa program yang ditawarkan oleh Beasiswa Fulbright antara lain, Fulbright Master Of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright DIKTI Master Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, dan Fulbright-Freeport Master’s Degree Program.

Kelebihan beasiswa ini adalah kamu diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di AS. Selain menanggung semua biaya kuliah, Fulbright juga menanggung uang buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan juga asuransi kesehatan.

2. Beasiswa Erasmus Mundus
Untuk Kamu yang bermimpi tinggal di Eropa, sangat cocok dengan beasiswa ini. Beasiswa Erasmus Mundus melibatkan konsorsium (pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank atau lembaga keuangan) sehingga memiliki dana yang besar. Kurang lebih 27 negara di Eropa ikut serta dalam pembiayaan beasiswa ini.

Erasmus Mundus adalah sarana promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa kepada masyarakat luar. Disiplin ilmu yang ditawarkan antara lain, Agriculture & Veterinary, Health & Welfare, Science, Mathematics & Computing, Engineering, Manufacture & Construction, Humanitis & Arts, Sosial Sciences, Business & Law. Selain biaya pendidikan perguruan tinggi, beasiswa ini juga menanggung biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan.

3. Beasiswa DAAD
Selain Amerika Serikat, Jerman juga menjadi tujuan utama bagi para mahasiswa yang mengejar beasiswa karena kredibilitas pendidikan di negara ini tidak diragukan lagi.

Tertarik dengan Jerman? Beasiswa DAAD cocok untuk kamu. Setiap tahunnya beasiswa ini rutin diberikan kepada seluruh mahasiswa internasional maupun profesional. Program yang ditawarkan antara lain Economic Sciences/ Business Administration/ Political economic, Political Co-operation, Engineering & Related Science, Mathematics, Regional Planning, Agriculture & Forest Science, dan lain-lain. Penerima beasiswa sendiri akan mendapatkan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.

4. Beasiswa ADS
Australian Development Scholarship (ADS) adalah beasiswa yang ditawarkan pemerintah Australia khusus untuk negara berkembang. Sekarang, ADS telah berganti nama menjadi AAS (Australia Awards Scholarship) yang dibuka untuk mahasiswa asal Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Asia Selatan, dan Papua Nugini. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan fasilitas lainnya.

5. Beasiswa Gates Cambridge
Gates Cambridge Scholarship merupakan program beasiswa Bill dan Melinda Gates Foundation yang ditujukan untuk Universitas Cambridge di Inggris. Orang-orang hebat di seluruh dunia terjaring lewat beasiswa ini dengan seleksi yang ketat, itulah mengapa beasiswa ini sangat prestisius. Kuota yang disiapkan untuk beasiswa ini sebanyak 90 per tahun.

Fasilitas yang akan diperoleh oleh penerima beasiswa ini adalah biaya kuliah, tunjangan sebesar 13.000 poundsterling, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya. Beasiswa ini mencari kandidat pelamar yang brilliant, berjiwa pemimpin, dan memiliki komitmen dengan lingkungan sosial.

 

Selain kelima beasiswa di atas, masih ada beberapa beasiswa lain yang tergolong sebagai beasiswa populer karena menawarkan berbagai macam fasilitas yang menggiurkan. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang prestisius tentunya memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Akankah kamu menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut? Usaha dan do’a jawabannya.

Memang benar mendapatkan beasiswa sekolah luar negeri tidaklah mudah, tapi bukan berarti bahwa beasiswa adalah satu-satunya cara untuk dapat membiayai kuliah di luar negeri. Salah satu yang bisa jadi alternatif untuk kamu adalah dengan mengikuti International Pathway Program di IDS | International Design School, yang memberikan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Sumber : 1 2
Image Credit : College of DuPage 2014 Commencement Ceremony 69 by COD Newsroom is licensed under CC BY 2.0

 

Mau Kuliah di Australia dengan Harga Relatif Murah & Terjangkau? Ikut International Pathway Program di IDS, yuk! Klik Di Sini..

Posted in: Articles

Comments (2 Responses )

  1. Laudya - April 1, 2016 - 3:48 pm #

    tambah beasiswa chavening 🙂

  2. Andri budianto - February 18, 2016 - 2:32 pm #

    Saya ingin kuliah jurusan fotografer di australia dengan jalur beasiswa kalau ada info tolong hubungi saya

DAFTAR SEKARANG