5 Bentuk Pengaplikasian Desain Minimalis - IDS | International Design School

5 Bentuk Pengaplikasian Desain Minimalis

Desain minimalis mempengaruhi segala bidang hingga menjadi gaya desain yang sangat lumrah dalam seni grafis, lukis, interior, fesyen, bahkan musik. Ya, desain minimalis saat ini memang sudah banyak diterapkan dalam banyak hal, seperti desain feed Instagram, desain website, dan banyak lainnya.

Nah, di bawah ini, ada beberapa bentuk pengaplikasian desain minimalis dalam berbagai macam. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

 

1. Desain Logo

1
Salah satu penggunaan desain minimalis terletak pada logo desain. Setiap orang pasti menginginkan logo yang berkesan sehingga mudah diingat oleh orang saat melihatnya. Oleh karena itu, semakin sedikit ruang kecil, semakin cepat dan efisien pesan itu dapat dikomunikasikan.  Biasanya, desain minimalis menggunakan desain geometris, flat line desain, dan stark typography design. Salah satu contohnya, logo pesawat buatan Andrev Karpov yang menggabungkan huruf A dan P hingga membentuk sebuah pesawat terbang.

 

2. Desain Website dan Aplikasi

2
Tren desain UI (User Interface) website dan aplikasi saat ini cenderung lebih minimalis. Hal ini, selain membuat desain menjadi lebih enak dilihat, unsur fungsionalnya pun lebih tersampaikan. Lihat saja desain-desainnya sekarang ini cenderung lebih menonjolkan unsur white space dengan tidak terlalu menggunakan banyak warna.

 

3. Desain Kemasan

3

Desain minimalis membuat sebuah produk jauh terlihat lebih mahal dan elegan. Biasanya, orang cenderung malas untuk melihatnya karena tidak ada rasa penasaran terhadap produk tersebut. Salah satu contoh desain yang simpel dan menarik datang dari produk bernama Zen Tea. Produk tersebut mengutamakan desain yang minimalis dan aestetik hanya dengan menggunakan warna pink, kuning, dan hijau untuk setiap perwakilan produknya dengan perpaduan warna abu-abu. Secara keseluruhan desainnya memang minimal, tetapi tidak sederhana. Desainer Konrad Sybilski menggunakan pola bertekstur pada produk dan ikon kecil di sudut kanan bawah yang mencirikan berbagai jenis teh.

 

4. Sampul Buku

4
Tren desain sampul buku saat ini juga menerapkan hal yang minimalis. Salah satu contohnya pada buku Harry Potter: Half Blood Prince yang hanya menggunakan satu warna dan satu gambar di sampulnya. Hal tersebut justru membuat buku jauh terlihat lebih elegan dan mahal. Desain buku yang minimalis juga cenderung membuat orang lebih penasaran untuk melihat buku dan membaca sinopsisnya.

 

5. Desain Poster

5
Desain poster saat ini juga banyak menggunakan unsur minimalis. Salah satunya Peter Majarich desainer grafis asal Sydney yang menantang dirinya sendiri untuk membuat ulang poster film yang sudah ada untuk dibuat sesederhana mungkin. Bahkan dalam beberapa poster, hanya ada satu hingga dua elemen yang muncul namun memang menjadi simbol utama yang merepresentasikan karakter utama atau jalan cerita dalam film.

Nah, itu dia beberapa hal seputar kegunaan desain minimalis yang ternyata banyak disukai oleh sebagian kalangan. Kalau menurut kamu bagaimana? Setuju nggak? Apa kamu jadi tertarik mau coba membuat desain minimalis?

Kamu yang mau belajar seputar desain langsung dengan para praktisi professional di bidangnya. Yuk! Belajar di IDS, IDS punya program kuliah singkat selama 20 bulan yang akan mengantarkanmu menjadi seorang desainer professional di bidangnya loh! Selengkapnya bisa kalian cek di sini.

 

 

Source:

1 2

 

Source pictures:

1 2 3 4 5

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG