5 Cara Membangun Kesadaran Merek di Instagram, Mana yang Sudah Kamu Coba? - IDS | International Design School

5 Cara Membangun Kesadaran Merek di Instagram, Mana yang Sudah Kamu Coba?

 

Media sosial, terutama yang populer seperti instagram dan facebook punya pengaruh yang besar dalam mengambil keputusan bagi masyarakat modern saat ini. Pengaruh besar sosial media ini kemudian digunakan oleh perusahaan besar sebagai suatu platform untuk digital marketing demi meningkatkan brand awareness.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan brand awareness tersebut? Simak yuk, ulasan berikut!

Apa yang dimaksud Brand Awareness?

Brand awareness adalah daya tangkap konsumen dalam mengingat atau mengenali sebuah merek, termasuk di dalamnya nama, gambar, logo dan juga slogan tertentu yang digunakan sebagai promosi. Nah kemampuan konsumen untuk mengingat brand punya peran besar dalam mengambil keputusan untuk membeli barang.

Brand awareness memberikan dampak jangka panjang yang bagus untuk bisnis. Namun menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness juga bukan perkara mudah. Kamu bisa coba beberapa cara yang sudah dirangkum di bawah ini untuk meningkatkan brand awareness di instagram.

  1. Buat Slogan Yang Mudah Menancap di Kepala

Buatlah slogan sederhana tapi bermakna dan mudah diingat di kepala. Tapi ingat jangan sembarang slogan, tetapi ciptakan yang sesuai dengan semangat bisnis kamu. Bikin semenarik dan seunik mungkin agar bisa melekat di pikiran seseorang.

  1. Kolaborasi Dengan Influencer

Numpang tenar mungkin istilah sederhana yang pas untuk menggambarkan strategi ini. Karena memang harapannya, brand kita jadi semakin dikenal orang jika dibawakan oleh orang yang sudah mempunyai banyak fans.

Namun pastikan berkolaborasi dengan orang yang tepat, imej dan basis fans yang sesuai dengan target audiens bisnis yang kita bangun.

  1. Buat Konten Viral

Distribusi yang luas menjadi salah satu keuntungan membangun brand awareness melalui media sosial. Materinya pun bisa beragam, bisa melalui artikel, foto atau video. Bikin konten semenarik mungkin agar orang tertarik untuk share yang memperbesar peluang konten kita menjadi viral dalam artian menjangkau lebih banyak orang.

  1. Manfaatkan Iklan Untuk Perluas Distribusi

Beberapa platform media sosial menyediakan jasa iklan untuk kebutuhan promosi, begitu juga dengan instagram. Kamu bisa setting tipe iklan sesuai kebutuhan. Bisa jadi konversi trafik ke website, engagement atau reach.

Target audiens pun bisa diatur berdasarkan jenis kelamin, usia maupun lokasi. Cara ini efektif agar konten kamu bisa tersebar lebih luas lagi, meskipun harus mengeluarkan uang.

  1. Aktivasi Online

Aktivasi online saat ini masih ampuh untuk menarik perhatian di instagram. Buat lomba dengan hadiah menggiurkan dan syarat cukup mudah agar mendapat banyak peserta. Jangan lupakan syarat tambahan yang mengharuskan peserta share informasi ini atau tagging teman lain untuk ikutan.

Bagai sekali tepuk dua lalat, cara ini efektif menjaring customer baru, membuat customer lama jadi tambah loyal dan juga meningkatkan brand awareness.

Nah itu tadi beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk lebih meningkatkan brand awareness menggunakan instagram yang bisa kamu terapkan. Kenali juga target pasar serta audiens yang disasar, karena strategi untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek ini juga banyak dipengaruhi demografis audiens yang berbeda-beda.

Jika kamu masih penasaran dengan strategi dan metode yang lain, kamu bisa gabung program short course digital marketing diĀ  IDS | International Design School untuk mendapatkan ilmu yang lebih komprehensif.

Posted in: Articles