5 Cara Mengoptimalkan Budget Pay-per-Click | IDS

5 Cara Mengoptimalkan Budget Pay-per-Click

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic ke sebuah situs web adalah dengan menggunakan iklan PPC atau pay-per-click. Iklan PPC ini merupakan salah bagian dari kegiatan SEM atau Search Engine Marketing, yakni hasil pencarian berbayar atau hasil pencarian non-organik. Dengan iklan PPC, sebuah situs web bisa langsung berada di urutan paling atas mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. PPC disebut-sebut sebagai salah satu cara yang membutuhkan budget besar karena tingkat kompetisi yang tinggi. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan budget pay-per-click ini supaya uang yang dikeluarkan tidak sia-sia dan tujuan pun tercapai?

 

  1. Tentukan Tujuan

Memasang iklan PPC dengan budget besar tentu saja harus disertai tujuan. Misalnya, apakah kamu mau meningkatkan ROI perusahaan, mencari lebih banyak pelanggan, atau sekadar brand awareness? Dari tujuan yang jelas ini, barulah kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

  1. Menentukan Keyword

Jika sudah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah menentukan keyword. Misalnya, kalau kamu memang mau meningkatkan penjualan, gunakanlah keyword yang target audiensnya adalah orang yang memang benar-benar ingin membeli, seperti “jual karpet beludru merah”. Jadi, ketika pengunjung mengetik kata “jual karpet beludru murah”, iklan PPC situs web bisa muncul di urutan paling atas. Berbeda lagi kalau tujuan kamu hanya meningkatkan brand awareness atau sekadar berbagi informasi. Mungkin keyword yang digunakan  bisa “karpet beludru unik” atau “karpet beludru asli”.

 

  1. Buat Beberapa Campaign Iklan

Supaya bisa menentukan rencana iklan PPC lebih baik ke depannya, keyword-keyword yang berbeda seperti di atas tidak ada salahnya dijalankan secara bersamaan. Buatlah beberapa landing page berbeda untuk masing-masing keyword ini sehingga kamu bisa melihat manakah keyword dan landing page yang menghasilkan konversi (penjualan) terbanyak. Keyword “jual karpet beludru murah” belum tentu punya tingkat konversi lebih tinggi dibanding “karpet beludru unik”. Maka untuk mengetahuinya kamu harus menjalankan beberapa campaign ini bersamaan sehingga bisa membuat rencana iklan PPC lebih baik lagi ke depannya.

 

  1. Tentukan Target Lokasi

Supaya budget PPC kamu optimal, tentukanlah target lokasi audiens yang spesifik. Kalau kamu menargetkan target lokasi audiens secara luas, otomatis anggaran yang dikeluarkan pun semakin besar tetapi tujuan belum tentu tercapai. Iklan produk yang kamu jual di Indonesia tentunya tidak akan berhasil kalau kamu iklankan di luar negeri, bukan?

 

  1. Tentukan Target Waktu

Iklan PPC ini bisa juga kamu targetkan sesuai dengan waktu, loh. Misalnya apakah kamu mau menayangkan iklan ini pada jam sibuk saja atau pada jam lengang. Jika target audiens situs web kamu adalah wanita karir, kamu bisa menargetkan waktu siang hari saat jam istirahat. Tetapi jika target audiens kamu adalah ibu rumah tangga, kamu bisa menargetkan waktunya sore atau malam hari.

 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan budget pay-per-click. Pembayaran untuk per click ini biasanya bernilai ratusan rupiah saja, tetapi kalau kamu punya target audiens yang luas dan campaign yang banyak, tentu ratusan rupiah ini bisa membengkak jadi miliaran. Untuk itu, iklan PPC memang benar-benar harus diperhatikan supaya uang yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

(SK)

 

Source: 1 2 3

FI source: stocksnap.io

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG