5 Checklist yang Harus Diperhatikan saat Membuat Content Marketing | IDS

5 Checklist yang Harus Diperhatikan saat Membuat Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sebuah situs web. Content marketing ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya saja melalui penulisan artikel, infografik, video, meme, dan lain-lain. Namun, dalam membuat suatu konten tentu perlu memperhatikan beberapa hal supaya konten yang dibuat jadi bermanfaat dan tidak sia-sia begitu saja. Berikut ini 5 checklist yang harus diperhatikan saat membuat content marketing.

 

  1. Tujuan Content Marketing

Apapun konten yang hendak dibuat, langkah awal yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan. Apa yang ingin dicapai dalam membuat konten tersebut? Apakah kamu mau meningkatkan brand awareness? Apakah kamu mau meningkatkan tingkat penjualan? Dengan tujuan yang jelas, barulah kamu bisa menetapkan langkah selanjutnya.

 

  1. Keyword yang Tepat

Saat membuat konten, pastinya kamu mau konten tersebut informatif, edukatif, dan pastinya bermanfaat bagi banyak orang. Nah, supaya tahu apakah konten kamu punya isi yang tepat atau tidak, pastinya kamu harus mencari keyword atau kata kunci yang sesuai. Gunakanlah keyword yang memang banyak dicari orang. Kamu bisa mencari keyword ini lewat berbagai tools, misalnya saja Google Keyword Planner. Jika keyword yang kamu gunakan tidak tepat, maka percuma saja membuat konten yang bagus karena sulit ditemukan pengguna internet.

 

  1. Buat Outline yang Baik

Baik content marketing berupa artikel atau video, tentu membutuhkan outline yang baik supaya pembaca tidak merasa ‘lompat-lompat’ saat membaca atau menontonnya. Misalnya, kamu mau membuat artikel mengenai sebuah produk mobil baru. Dalam artikel tersebut kamu harus bisa menggiring pembaca mulai dari pembuka, isi artikel, dan penutup. Misalnya pembuka bisa dibuat dengan menceritakan sedikit sejarah mobil, barulah inovasi apa yang dibuat oleh produk mobil baru tersebut, dan terakhir penutup yang mengajak pembaca untuk membeli produk mobil tersebut. Content marketing dibuat pastinya dengan tujuan-tujuan tertentu. Nah, tujuan ini tidak akan tercapai jika kamu tidak bisa menggiring pembaca dengan baik hingga mereka bisa jadi percaya.

 

  1. Cek SEO

Setelah membuat konten dan keyword yang tepat, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengoptimalkan SEO-nya. Misalnya dengan meletakkan keyword di judul, isi artikel, dan meta description (mirip seperti sinopsis yang biasanya muncul berupa tiga baris saja di halaman mesin pencari seperti Google). SEO ini bisa dioptimalkan juga dengan cara meletakkan link di dalam artikel sehingga pengunjung bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan situs web kamu jadi dipercaya dan direkomendasikan banyak orang.

 

  1. Cek Sosial Media

Satu checklist lagi yang perlu diperhatikan adalah apakah konten yang kamu buat bisa dibagikan ke sosial media. Membaginya ke sosial media tentu akan memberikan dampak lebih luas dan lebih cepat dibanding hanya mengandalkan keyword dan SEO. Saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media untuk merekomendasikan apapun yang mereka sukai. Jadi, pastikan konten yang kamu buat ini bisa disukai banyak orang, tidak mengandung SARA atau pornografi, dan pastinya bermanfaat.

(SK)

 

Sources: 1 | 2 | 3

FI source: stocknap.io

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG