5 Festival Film yang Paling Keren dan Bergengsi di Dunia - IDS | International Design School

5 Festival Film yang Paling Keren dan Bergengsi di Dunia

 

Dari seluruh acara TV yang ada salah satu yang paling membuat penasaran dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya adalah Festival Film. Festival Film ini menjadi ajang pembuktian bagi para filmmaker untuk menentukan standar apakah film yang mereka buat sudah cukup berkualitas dan dicintai banyak orang.

Sementara bagi pecinta film, event ini menjadi sarana untuk menikmati sekaligus mencari inspirasi mengenai industri perfilman. Biasanya, festival film akan berfokus berdasarkan genre-genre film dan memberikan penghargaan bukan hanya kepada para pemainnya tetapi juga orang-orang dibalik layar.

 

1-22

Nah, dari sekian banyaknya festival film yang ada di dunia. Ini dia 6 festival film yang paling keren dan bergengsi!

 

  1. Venice Film Festival

Venice Film Festival diselenggarakan setiap musim panas dan menjadi salah satu festival film yang paling dihormati. Digelar sejak tahun 1932, Biennale sebuah yayasan Italia yang mengawasi sekaligus mengelola acara ini mendedikasikan diri mereka untuk memberikan penghargaan dalam bidang arsitektur, tarian, musik, teater, dan masih banyak lagi.

Venice Film Festival akan digelar setiap tahun pada akhir Agustus atau awal September di sebuah pulau bernama Lido, Venice, Italia. Pemutaran film saat penyelenggaraan festival film berlangsung tempat-tempat bersejarah seperti di Palazzo del Cinema, Lungomare Marconi, dan tempat lainnya. Penghargaan yang diberikan antara lain Golden Lion, Silver Lion, Lion of the Future, Jaeger-LeCoultre Glory untuk The Filmmaker Award, dll.

 

  1. Cannes Film Festival

Cannes merupakan festival film paling eksklusif di dunia. Bahkan undangan untuk menghadiri festival ini selalu jadi sorotan setiap tahunnya. Didirikan sejak tahun 1930, festival film ini memiliki beberapa kategori penghargaan terkenal seperti, Palme d’Or, Grand Prix, Queer Palm, Camera d’Or, Prix Vulcain, dll.

Selain bergengsi, Cannes juga menjadi salah satu festival film yang paling banyak dibicarakan oleh media. Cannes digelar sangat mewah di dekat pelabuhan kota yang dibatasi oleh kapal pesiar. Kamu akan menemukan karpet merah yang dipenuhi oleh aktor dan aktris terkenal. Saking eksklusifnya, hanya orang-orang tertentu di Industri film yang bisa menghadiri acara ini.

 

  1. Festival Film Berlin

Festival Film Berlin juga menjadi salah satu festival film top dunia yang diselenggarakan di Berlinale. Festival film ini diselenggarakan setiap bulan Februari dan menjadi salah satu festival yang paling banyak dihadiri. Pada tahun 2018 lalu, sebanyak 18.000 orang industri film, 3.700 orang jurnal, dan ratusan masyarakat umum menghadiri acara ini. Festival ini juga bertepatan dengan Pasar Film Eropa, yang merupakan salah satu pertemuan perdagangan terbesar di industri ini.

 

  1. Sundance Film Festival 

Sundance adalah salah satu festival film terbesar di Eropa yang sudah berdiri sejak tahun 1978. Setiap tahunnya, Sundance diadakan di Utah, Amerika Serikat. Di Sundance Film Festival kamu bisa melihat berbagai film independen yang dibuat oleh para filmmaker independen Amerika dan Internasional. Selain film bergengsi di sini juga ada kompetisi film dokumenter, layar lebar, film pendek, dll.

Sundance bukan hanya sebuah festival film melainkan suatu jaringan yang digunakan oleh para filmmaker dan juga aktor ataupun aktris yang ingin memasuki dunia film dunia. Sebuah wadah untuk berdiskusi tentang isu film dan terobosan yang mempengaruhi film serta media.

  1. Toronto International Film Festival

Toronto International Film Festival juga biasa disebut sebagai TIFF. TIFF digelar setiap bulan September di tepi Danau Ontario. Meski TIFF tidak masuk dalam jajaran 3 besar festival film bergengsi (Venice, Cannes dan Berlin) namun festival ini kerap kali digunakan oleh para produser untuk mempromosikan film mereka agar bisa masuk Oscar.

Para juri TIFF juga memberikan penghargaan tertinggi, People’s Choice Award (yang diberikan dalam tiga kategori). Award ini dipilih sendiri oleh para peserta festival. Film-film yang terpilih dalam nominasi ini biasanya akan menjadi kandidat kuat memenangkan piala Oscar.

Nah, itu tadi 5 festival film yang paling bergengsi dan terkenal di dunia. Film-film yang masuk dalam festival internasional bisa kamu jadikan referensi untuk mendiptakakn karya filmmu sendiri. Tentu kamu mau kan jadi filmmaker hebat seperti para pemenang festival tersebut? Kamu bisa belajar jadi filmmaker dengan mengikuti program international college di IDS | International Design School

 

Posted in: Articles