5 Gaya Desain Grafis yang Jadi Tren di Tahun 2019, Mana Favoritmu? - IDS | International Design School

5 Gaya Desain Grafis yang Jadi Tren di Tahun 2019, Mana Favoritmu?

Desain grafis adalah seni sekaligus bidang ilmu untuk membuat tampilan sebuah publikasi, presentasi dan informasi menjadi lebih menarik. Gaya desain grafis juga terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan zaman. Banyak gaya desain baru diciptakan atau dimodifikasi menyesuaikan dengan tren yang terjadi.

Di tahun 2019 ini, banyak konsep desain grafis keren yang bermunculan. Beberapa di antaranya bahkan sempat menjadi tren, seperti 5 gaya desain grafis yang akan kita bahas berikut ini.

 

  1. Layout Asimetris

Popularitas layout asimetris naik drastis di tahun 2019 ini. Padahal sebelumnya, teknik layout ini dihindari beberapa desainer karena dianggap tak mudah untuk diterapkan.

 

asimetris

 

Teknis Asimetris pada dasarnya menata objek secara tidak simetris antara kanan dan kiri serta atas dan bawah. Alhasil design terkesan tak seimbang  namun di waktu bersamaan juga mampu menarik perhatian dan menggugah pikiran.

Gaya desain yang satu ini juga dipelajari di sekolah design dengan menekankan kepada intuisi dibandingkan dengan teori. Konsep teknik ini adalah menciptakan keindahan dengan beberapa elemen yang ditempatkan acak untuk menampilkan kesan tak teratur.

 

  1. Duotone dan Gradien

Penggunaan permainan warna gradien atau transisi warna di dalam design semakin meningkat di tahun 2019 ini. Awalnya populer untuk design poster, kini teknik warna gradien juga merambah ke design logo.

Di sepanjang tahun 2019, logo dengan teknik warna gradien banyak bermunculan. Warna yang sering dipakai kombinasi biru/ungu dan merah/oranye.

 

spot-1

Platform pemutar musik digital, spotify juga turut andil mempopulerkan warna gradien dua warna (duotone) saat banyak dari sampul playlist mereka menggunakan teknik design ini. Dengan popularitas yang memuncak, tahun 2019 bisa dikatakan sebagai tahunnya gradien duotone.

 

  1. Warna Vintage dan Pastel Untuk Foto

Alam selalu menciptakan keseimbangan, begitu juga dalam dunia design. Popularitas gradien duotone dengan warna terang juga diiringi dengan peningkatan pemakaian warna vintage dan pastel dalam desain foto.

Peningkatan pemakaian warna vintage dan pastel juga dipengaruhi popularitas serial stranger things yang banyak menggunakan warna pastel dan vintage dalam di dalam filmnya.

 

vintage

 

  1. Design isometrik

Desain isometrik adalah konsep menampilkan objek 3D dalam bentuk dua dimensi. Gambarnya sederhana dan bersih tapi tetap menampilkan kedalaman yang tak dimiliki gambar 2D pada umumnya.

Gaya design ini menjadi populer dengan banyaknya ikon isometrik yang beredar sebagai pemanis presentasi atau laporan tahunan. Menariknya lagi, ukuran filenya lebih kecil dibandingkan gambar 3D, sehingga kamu bisa mendownloadnya tanpa perlu menghabiskan banyak bandwidth.

isomet

 

  1. Art Deco

Art Deco salah satu gaya desain dari gerakan artistik modernisme yang kembali populer. Gerakan ini dimulai setelah perang dunia I dan berlanjut hingga hampir 50 tahun. Salah satu gaya design populer yang lahir dari gerakan ini adalah Art Deco.

Design ini menampilkan perpaduan garis vektor tipis dan lebar dengan ujung runcing atau datar. Kesan sederhana tapi mewah tertangkap dalam desain ini yang biasanya tak banyak memainkan perpaduan warna.

 

Art-Deco-Graphic-Design-Techniques-What-is-Art-Deco-Design_

Design seperti halnya selera bisa berubah dari waktu ke waktu. Banyak hal yang mempengaruhi, tapi semuanya kembali ke prinsip dasar desain sebagai salah satu bentuk komunikasi visual yang harus mampu menarik perhatian orang lain.

Sama seperti halnya beberapa gaya design yang populer di tahun 2019 ini karena berhasil memikat perhatian banyak orang. Kalau buat kamu, mana gaya design yang mampu menarik perhatianmu?

Posted in: Articles