5 Jenis Content Marketing yang Perlu Kamu Kuasai - IDS | International Design School

5 Jenis Content Marketing yang Perlu Kamu Kuasai

Dalam digital marketing, dikenal pula istilah content marketing. Content marketing ini merupakan suatu teknik marketing dengan cara membuat konten yang bermanfaat dalam sebuah situs web. Konten ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet akan informasi tertentu. Dengan adanya konten yang sesuai dan bermanfaat bagi pembaca, diharapkan pembaca mengikuti apa yang diminta. Misalnya, sebuah situs web yang menyediakan layanan jasa sewa mobil bisa membuat konten yang sesuai dan informatif mengenai jasa penyewaan mobil. Dengan begini, pembaca akan merasa diberi informasi yang berguna dan akhirnya mau menyewa di situs webmu. Lalu, apa saja jenis content marketing yang perlu kamu tahu dan kuasai?

 

  1. Artikel Blog

Kualitas sebuah situs web bukan hanya dilihat dari apa yang dijual atau diproduksi saja, tetapi juga apa “isi” dari situs web tersebut. Nah, “isi” ini bisa kamu penuhi melalui artikel-artikel yang ada di dalam blog situs web. Artikel blog ini tentunya akan memberi informasi yang lengkap, edukatif, dan menarik bagi pengunjung. Tidak hanya mengenai situs web kamu saja, artikel blog ini bisa juga digunakan untuk memperkenalkan berbagai produk yang kamu jual.

 

  1. Product Review

Sama seperti artikel, product review ini mengandung serangkaian informasi berupa tulisan. Bedanya, yang menulis artikel di sini bukanlah pemilik situs web, tetapi orang lain. Orang lain di sini maksudnya adalah pelanggan atau ambasador yang memang punya banyak followers dan sudah dipercaya masyarakat. Misalnya, kamu bisa meminta seorang pelanggan untuk menulis ulasan sebuah produk lalu dipublikasikan di blog situs web-mu. Tulisan ini tentunya akan menjadi rekomendasi bagi sebagian orang dan bisa mengundang lebih banyak traffic dan penjualan lagi.

 

  1. Infografik

Sebuah artikel yang informatif dan edukatif biasanya mengandung 500-1500 kata. Permasalahannya, tidak semua orang suka dan punya waktu untuk membaca. Maka, salah satu content marketing yang juga harus kamu kuasai adalah infografik. Infografik ini sifatnya harus sangat informatif, mudah dibaca, dan menarik. Infografik tidak hanya mengandung informasi yang singkat jelas dan padat, tetapi juga visual yang eye catching sehingga bisa enak dan mudah dilihat.

 

  1. Video

Jenis content marketing lainnya yang bisa jadi akan sangat menarik perhatian adalah sebuah video. Tidak perlu video yang dibuat dengan budget tinggi, kamu juga bisa kok membuat video dari alat-alat sederhana seperti kamera digital atau DSLR. Satu hal yang perlu diingat dalam membuat video marketing adalah, seberapa bagusnya gambar dan editing yang kamu buat, tidak akan ampuh kalau pembuatan naskahnya buruk. Sebab, video ini bukan hanya masalah pengambilan gambar saja, tetapi juga bagaimana caranya kamu bisa menggiring penonton untuk mau membeli produk di situs web-mu.

 

  1. Meme

Satu lagi jenis content marketing yang perlu kamu kuasai adalah memes. Jangan salah, meme ini sangat disukai banyak orang dan biasanya gampang jadi viral, loh. Dengan konten yang informatif dan meme yang menarik, pengguna internet pasti akan lebih mau untuk membagikannya ke media sosial mereka. Kamu bisa membuat meme saat ada sesuatu yang sedang hits atau tren sehingga punya kesempatan lebih besar untuk di-share orang.

(SK)

 

Sources: 1 | 2

FI source: pixabay.com

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG