5 Kemampuan Dasar Digital Marketing yang Harus Kamu Kuasai - IDS | International Design School

5 Kemampuan Dasar Digital Marketing yang Harus Kamu Kuasai

Belakangan ini, Digital Marketing Specialist menjadi salah satu profesi yang mulai digemari banyak orang terutama bagi kaum millennial. Jenis pekerjaan ini dianggap berpeluang mencatat kebutuhan tinggi dalam dua tahun ke depan karena dunia digital yang terus mengalami perkembangan, termasuk media sosial. Jika kamu tertarik untuk bergelut di bidang Digital Marketing, berikut beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai.

Marketing Strategy Planning Strategy Concept

1. Aktif di Berbagai Platform Media Sosial

Sebelum terjun di dunia pemasaran digital, kamu harus terlebih dulu mengerti seluk beluk media yang digunakan. Media sosial merupakan komponen penting dan media yang wajib digunakan oleh seorang digital marketing specialist. Selain harus menguasai kemampuan media sosial dengan cukup baik, kamu diharuskan untuk mampu menyusun strategi dan memperluas jaringan pemasaran di media sosial sambil memahami behaviour (perilaku/kebiasaan) pengguna. Terlebih, saat ini mulai banyak bermunculan berbagai platform media sosial. Keaktifan di media sosial juga dapat membangun brand awareness dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis yang kamu jalani atau milik perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Mempertajam Skill dalam Menganalisa
Untuk mendukung proses bisnis di media sosial, tentunya butuh informasi dan analisis media sosial terhadap pangsa pasar. Hal tersebut terkait juga mengenai klasifikasi target pasar, kekuatan pesaing, maupun strategi pemasaran di media sosial. Menganalisa kegiatan marketing merupakan kemampuan dasar yang juga harus kamu kuasai. Digital Marketing Specialist dituntut untuk selalu menganalisis setiap kebutuhan dan konversi dari website yang dimiliki.

Jika kamu memiliki kemampuan analisa yang baik, maka akan berpengaruh pada peningkatan konversi prediksi langkah dan kebutuhan yang harus di ambil di masa yang akan datang. Kemampuan dasar ini tentu akan mempermudah pekerjaanmu. Kamu pun bisa menggunakan berbagai metode analisis mulai dari analisis deskriptif, prediktif, dan preskriptif.

3. Visualisasi Data

Pengertian dari visualisasi data sendiri adalah representasi grafis dari data untuk membantu orang memahami konteks dan signifikansi dari suatu data. Visualisasi data interaktif memungkinkan perusahaan untuk menelusuri rincian data, mengidentifikasi pola dan outlier, dan mengubah data mana yang diproses dan dijadikan pengecualian. Kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia digital marketing. Adanya visualisasi data juga dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang mendesak.

4. Technical Skill

Technical Skill yang dimaksud di antaranya, seperti dasar web development atau video editing. Bisa jadi bentuk komunikasi dengan tim web developer atau content creator. Dengan mengasah kemampuan teknis, bisa saja kamu bisa saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign.

5. Team Work

Kerjasama dalam tim atau yang lebih dikenal dengan istilah team work tentu sangat diperlukan di dunia kerja tak terkecuali untuk menjadi seorang digital marketing specialist. Ada banyak hal yang akan membuat digital marketing saling berhubungan antar tim lainnya. Seperti ketika membuat campaign, tentunya kita akan membutuhkan resource/bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dan sebagainya. Teamwork sendiri membawa beberapa manfaat, beberapa di antaranya meningkatkan efisiensi kerja, memiliki banyak ide kreatif, beban kerja jadi lebih ringan, serta juga memajukan perusahaan tempat kamu bekerja.

Tentu setiap anggota di tim memiliki pekerjaan dan peran masing-masing. Namun, harus tetap saling mendukung dan melengkapi visi bersama. Selain bisa saling mengandalkan satu sama lain, kamu juga bisa menguatkan ikatan pada tim.

Posted in: Articles


WhatsApp chat