5 Konsep Fotografi - IDS | International Design School

5 Konsep Fotografi

Sharing is caring!

Saat akan memotret, apakah kamu sering kebingungan dalam menentukan konsep fotografi yang akan digunakan? Konsep fotografi adalah sebuah ide dasar yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya foto dan dapat menceritakan maksud serta tujuan dari sebuah foto. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki sebuah konsep dalam sebuah foto.

Dengan mengetahui konsep seperti apa yang mau kamu ambil, tentu sangat memudahkan kamu sehingga terhindar dari kesalahan. Nah, di bawah ini terdapat beberapa konsep fotografi yang bisa kamu pilih sebagai referensi saat hunting foto.

 

1.     Tempo Dulu

Sempat terlintas mengambil konsep yang satu ini? Konsep tempo dulu atau masa lalu ternyata masih banyak digemari oleh para fotografer. Umumnya hasil akhir menggunakan warna hitam putih atau sephia untuk lebih mendukung suasana tempo dulu. Namun, banyak para fotografer pemula yang lupa mengikutsertakan properti. Padahal seperti masalah pakaian, properti lainnya menjadi alat pendukung dari konsep yang satu ini.

2.     Imajinasi

Siapa di antara kamu yang pecinta tokoh anime? Nah, jika kamu salah satu pecinta tokoh anime, kamu juga bisa kok mengusung konsep yang satu ini. Namun, sebaiknya saat akan mengambil konsep fotografi ini kamu menggunakan studio dengan bantuan artificial light dan melakukan photo editing. Maka maksimalkan imajinasi yang kamu miliki.

3.     Vintage

Konsep yang satu ini masih sangat menarik untuk diambil. Manfaatkan lokasi yang jarang dikunjungi orang. Kamu bisa mencari lokasi yang terkesan vintage, seperti lokasi yang bernuansa tahun ’80-an, misalnya jembatan penyeberangan yang jarang digunakan orang. Konsep yang satu ini juga harus memperhatikan outfit yang kamu kenakan. Sesuaikan konsep dengan pakaian untuk hasil yang sempurna.

4.     Glamour

Konsep yang satu ini mengombinasikan pencahayaan, make up, dan sentuhan brush untuk menghasilkan sebuah karya yang unik sekaligus sisi romantis, dramatis, bahkan sensual dari sebuah objek. Namun, sepertinya konsep yang satu ini belum bisa dijangkau oleh fotografer pemula.  Jangan lupa untuk melakukan photo editing untuk yang satu ini, mulai dari koreksi warna, penambahan elemen, hingga memberikan sentuhan brush agar gambar terlihat lebih hidup.

5.     Siluet

Untuk kamu yang masih tahap pemula dalam fotografi seperti konsep yang satu ini bisa kamu lakukan. Siapkan sebuah model yang bisa melakukan pose yang menunjukkan bentuk badannya sendiri (sebaiknya bagian wajah tak perlu menghadap kamera). Dan tak usah memikirkan bagaimana kostum yang digunakan karena hal itu tak menjadi penting dalam konsep siluet.

 

Nah, lima konsep di atas merupakan sebagian kecil dari konsep fotografi yang bisa kamu pilih. Jika kamu memiliki ide lain, kamu bisa kok untuk melakukannya. Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih agar kemampuanmu semakin baik.

 

Kamu tertarik dan mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa mendalami skill fotografi kamu dengan mendapatkan gelar Bachelor di universitas terbaik di Australia melalui program International Pathway di IDS.

 

Sumber: 1 2
Image Credit : Canon AE-1 by Rodrigo Foggiatto is licensed under CC BY 2.0

 

Ikut Kursus Fotografi di IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG