5 Pilihan Profesi Work From Home, Bisa Dikerjakan Sembari Rebahan - IDS | International Design School

5 Pilihan Profesi Work From Home, Bisa Dikerjakan Sembari Rebahan

5 Pilihan Profesi Work From Home, Bisa Dikerjakan Sembari Rebahan

Gara-gara penyebaran virus corona, banyak anjuran untuk membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk berangkat ke kantor. Sebagai gantinya, dianjurkan untuk work from home atau yang artinya bekerja di rumah. Alasannya dengan menjaga social distance, atau mengurangi frekuensi bertemu orang lain, potensi untuk terpapar virus juga menjadi semakin berkurang.

Presiden Jokowi bahkan secara terang-terangan menganjurkan untuk work from home (wfh). Namun nyatanya, bekerja dari rumah ini bukanlah hal baru. Dengan kemajuan teknologi saat ini, bekerja dari rumah menjadi hal yang lazim untuk dilakukan.

Tanpa harus stres bermacet-macetan di jalan, pekerjaan bisa lebih optimal diselesaikan di rumah. Beberapa tipe pekerjaan di bawah ini misalnya, karena seringkali dikerjakan oleh freelancer, maka sudah lekat dengan image pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Apa saja itu, yuk simak ulasannya.

  1. Penulis Lepas (Freelance Writer), Copywriter, penulis skenario.

Seiring dengan melesatnya perkembangan teknologi informasi, banyak wesite kemudian bermunculan. Menjamurnya website tadi menjadikan kebutuhan untuk penulis juga ikut bertambah.

Di era modern seperti sekarang ini, banyak penulis yang membuat konten untuk blog dan website. Ada juga yang menjadi editor dengan supervisi karya tulisan orang lain. Tak terbatas hingga di situ, banyak juga penulis yang dipekerjakan untuk membuat buku manual, petunjuk teknis, penulis skenario atau juga sebagai copywriter.

Sedikit berbeda dengan penulis pada umumnya, copywriter diperuntukkan membuat tulisan atau keterangan yang sesuai dengan tujuan untuk menarik minat orang banyak. Umumnya para copywriter ini dipekerjakan untuk kepentingan branding maupun marketing sebuah produk atau jasa.

Nah buat kamu yang hobi nulis dan ingin kerja dari rumah, pilihan karir ini bisa menjadi pertimbangan. Jika tulisan kamu berkualitas, tak menutup kemungkinan kamu bakal dibanjiri banyak proyek menulis.

  1. Desainer Grafis/Animasi

Buat kamu yang punya skill dan bakat desain punya banyak peluang untuk bekerja dari rumah. Terlebih di era teknologi informasi ini, kebutuhan akan konten visual menjadi sangat tinggi. Desainer grafis menjadi acuan bagi mereka yang membutuhkan konten visual mulai dari logo, poster hingga iklan.

Jika kebetulan kamu desainer grafis yang juga bisa membuat animasi atau yang juga disebut animator maka akan menjadi nilai plus tersendiri. Ini karena kebutuhan animasi di dunia internet juga menjadi semakin tinggi. Hampir semua media promosi saat ini menggunakan konten animasi karena dianggap bisa lebih menarik konsumen.

  1. Social Media Strategist/Specialist

Profesi yang satu ini bisa dengan mudah ditebak jika bisa dikerjakan dari rumah. Admin sosial media atau yang juga disebut social media specialist rata-rata hanya membutuhkan smartphone dan koneksi untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Sementara untuk social media strategist membutuhkan lebih dari smartphone dan koneksi. Karena untuk membuat strategi dibutuhkan banyak analisa data yang seringkali tak bisa dikerjakan dari smartphone. Meski begitu, jenis pekerjaan ini tetap bisa dilakukan dari rumah.

  1. Programmer

Pekerjaan berikutnya yang bisa dikerjakan dari rumah adalah programer. Malahan di era digital seperti sekarang, programer adalah profesi yang paling banyak dicari.

Jika kamu seorang programer dan memutuskan untuk freelance sehingga bisa bekerja dari rumah, jangan lupa untuk terus meningkatkan skill. Pelajari teknologi terkini, karena bidang pekerjaan ini juga tercatat memiliki banyak pesaing. Jadi tentunya semakin handal kemampuannya, kredibilitas kamu sebagai programer tentunya menjadi semakin terpercaya.

  1. Penerjemah (Translator)

Menguasai bahasa asing? Jika iya, kamu bisa mulai bekerja dari rumah dengan mengandalkan kemampuanmu tadi. Sesuai namanya, pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk menerjemahkan konten dari satu bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Pekerjaan ini bisa tak menuntut untuk terus ngantor. Kamu bisa kerjakan part time di rumah, atau malah full time dengan menjadi penerjemah freelance. Kamu juga bisa mendapatkan bayaran mahal sesuai dengan tingkat bahasa asing yang kamu miliki.

Nah itu tadi beberapa pilihan profesi yang memungkinkan kamu untuk bekerja dari rumah, atau work from home. Dari beberapa pilihan di atas, mana yang menarik untuk kamu tekuni?

 

Sumber: 1 2 3

Posted in: Articles