5 Program Animasi Terpopuler - IDS | International Design School

5 Program Animasi Terpopuler

Sharing is caring!

Perkembangan dunia animasi komputer sekarang ini sangat pesat dengan munculnya berbagai program animasi yang canggih. Saat ini kamu sedang mencari program untuk membuat animasi yang mudah dan banyak digunakan oleh para animator? Pertimbangkan 5 program populer ini untuk membuat animasi impianmu.

 

1. Flash

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi, animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi web lainnya.

Dengan flash kamu bisa mengimpor konten dari Photoshop atau Illustrator dan menjadikannya sebuah animasi, atau kamu bisa menggambar sendiri objek animasimu dari flash. Flash menawarkan frame-by-frame animasi atau animasi berbasis obyek. Dengan animasi berbasis objek kamu memudahkan kamu dalam mengontrol terhadap objek animasimu. Sedangkan dengan Frame-by-frame kamu bisa membuat objekmu tampak lebih ekspresif, penampilan manusia hidup misalnya. Flash animasi dapat digunakan untuk desktop, ponsel, tablet, atau TV.

 

2. GoAnimate

GoAnimate adalah aplikasi web yang sangat membantu dalam menciptakan sebuah video animasi. UNtuk pemula dapat memulai dengan templates dari content library-nya. Bahkan kamu bisa membuat nice animasi hanya dalam waktu kurang dari 10 menit dengan program ini.

GoAnimate juga menyediakan Full Video Maker, sebuah mini studio dimana kamu bisa mengatur setting camera, tokoh, efek suara dan segala kebutuhan lain untuk emmbuat animasi yang menakjubkan.

Selain itu GoAnimate juga menyediakan banyak karakter, pre-animated dengan macam-macam action dan ekspresi. Atau kamu juga bisa membuat karaktermu sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan. GoAnimate juga memiliki fitur merekam dan mengipor audio yang baik, salah satu fitur andalannya adalah  text-to -speech. Dengan memasukkan dalam teks dialog yang kamu inginkan, maka karaktermu akan berbicara otomatis sesuai dengan apa yang kamu ketik.

 

3. Toon Boom Studio

Toon Boom adalah program yang sangat baik untuk membuat animasi 2D, sayangnya program ini tidak dapat digunakan untuk membuat animasi 3D. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh program ini juga lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan Anime Studio.

Toon Boom studio kamu bisa menggambar sendiri karakter animasi yang kamu inginkan, atau menyalin karakter langsung dari video yang diimport. Ini sangat membantu menyingkat waktumu.Program ini memiliki palet warna yang kaya, serta efek tambahan seperti bayangan, hujan , awan , hujan es , salju , tanah bergetar dan banyak lagi. Dari segi audio, program ini mampu menyingkronkan dialog dengan alat lip-sync -nya.

 

4. Anime Studio

Anime Studio adalah opsi program yang terbilang relatif murah, namun dengan harga yang relatif lebih murah fitur yang ditawarkan sangatlah memuaskan. Terutama bagi pemula.

Dengan fitur-fitur unggulan yang berkelas dan canggih seperti bone rigging system, automatic image tracing, integrated lip-synching, 3D shape design, physics, motion tracking, a character wizard dan masih banyak lagi . Kamu juga dapat memasukkan audio kedalam project animasi dan kemudian software ini akan secara otomatis menyesuaikan suara / audio dengan mimik mulut animasi nya.

Output yang dihasilkan program ini juga dapat berupa HD dan versi mobile dengan kualitas baik. Anime Studio juga memberikan pilihan untuk membuat output dalam format 3D.

 

5. Autodesk Maya

Maya adalah program untuk membuat animasi khusus 3D. Program ini masuk dalam kategori software animasi terbaik saat ini. Hampir sebagian besar film animasi terkenal menggunakan software ini, film animasi tersebut antara lain Brave, Wreck it Ralph dan Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.

 

IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, lho!

 

Sumber: 1 2 3

 

Punya Passion dibidang Animasi? Sekolah Animasi di IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG