5 Strategi Outbound Marketing | IDS

5 Strategi Outbound Marketing

Sharing is caring!

Outbound marketing adalah sebuah strategi marketing yang menggunakan cara-cara konvensional untuk menarik perhatian audiensnya. Misalnya dengan menggunakan iklan konvensional seperti iklan TV, radio, koran, dll. Sebuah perusahaan baru atau startup tidak hanya membutuhkan inbound marketing atau teknik marketing digital untuk mengembangkan bisnisnya. Bagaimanapun juga, marketing konvensional masih tetap dibutuhkan.

 

Teknik outbound marketing dikenal juga dengan istilah ‘push marketing’ karena sifatnya yang mendorong audiens untuk membeli produk atau jasa yang kamu jual. Sayangnya iklan di media-media sudah dianggap kurang efektif karena perilaku audiens yang kian berubah. Lalu, seperti apa strategi outbound marketing lainnya yang bisa mendatangkan kesuksesan?

 

  1. Brosur

Teknik berjualan menggunakan brosur sekarang dianggap lebih ampuh karena langsung diterima oleh audiens dan kamu bisa memilih sendiri siapa yang menerima brosur tersebut. Misalnya, produk yang kamu jual adalah obat-obatan, maka bagikanlah brosur di lingkungan rumah sakit atau apotek. Target audiens lebih spesifik dan pastinya cetak brosur lebih murah dibanding harus beriklan di media konvensional.

 

  1. Banner

Outbound marketing pun bisa dilakukan melalui cetak banner. Banner pun bisa diletakkan di tempat yang punya target audiens cukup tinggi untuk perusahaan kamu. Selain awet, banner juga bisa dipasang kapanpun dan berapa lama pun. Berbeda dengan iklan-iklan media atau internet.

 

  1. T-Shirt

Jangan salah, T-Shirt pun menjadi suatu teknik marketing yang efektif dan tergolong murah. Bahkan, T-Shirt dipercaya menjadi salah satu cara yang ampuh karena T-Shirt yang digunakan ini seperti iklan berjalan bagi brand kamu. Bayangkan, ke manapun dan di manapun kamu berada, T-Shirt yang punya brand kamu bisa dilihat semua orang. Semakin banyak orang memakainya, akan semakin terkenal pula brand awareness suatu produk.

 

  1. Katalog

Bila bisnis kamu memiliki banyak produk yang ditawarkan, buatlah katalog kecil untuk dibagikan ke audiens. Meskipun secara garis besar usaha kamu berada di bidang digital, tetapi katalog ini akan sangat membantu terutama bagi mereka yang memang tidak punya waktu untuk search dan browsing internet. Cukup sediakan QR Code sehingga audiens bisa langsung terarah ke produk yang dilihatnya di katalog.

 

  1. Event Marketing

Cara outbound marketing lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengadakan event. Bagaimana pun juga, orang-orang masih tertarik untuk datang ke sebuah event apalagi yang menyediakan berbagai promo dan keuntungan untuk mereka. Kamu bisa mengikuti berbagai event marketing seperti festival, seminar, konferensi, dsb. Selain meningkatkan penjualan, event marketing pun akan meningkatkan brand awareness.

(SK)

 

Sources: 1 2 3 

FI source: stocksnap.com

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG