Inilah 5 Teknologi Games Masa Depan yang Super Canggih | IDS

Inilah 5 Teknologi Games Masa Depan yang Super Canggih

Sharing is caring!

Berkembangnya teknologi saat ini dimanfaatkan oleh para pembuat game untuk menghasilkan berbagai teknologi games yang luar biasa canggih untuk mendukung sebuah game. Untuk kamu yang hobi bermain game, yuk kita cari tahu tentang teknologi-teknologi canggih yang diciptakan untuk bermain game yang bisa buat kamu semakin penasaran dan ingin mencobanya secara langsung.

Seorang gamer tentunya menginginkan sebuah permainan yang dapat membuat kamu penasaran dan adrenalinmu tertantang. Berikut adalah lima teknologi games masa depan yang super canggih, diantaranya:

1. Virtual Reality Technology

 

game masa depan VR

Source: https://silverwolfpet.com/wp-content/uploads/2016/03/the-void-trying-to-make-vr-theme-parks-a-reality-7.jpg

 

Teknologi ini mulai menjadi trend di tahun 2016. VR gaming membuat kamu bisa merasakan sensasi “real” dari game yang sedang dimainkan. Dengan beberapa perangkat seperti glove, headset, dan walker membuat kamu merasa terlibat dan berinteraksi dalam lingkungan yang ada dalam game. Teknologi ini tidak hanya bisa digunakan untuk PC dan notebook gamer, namun mobile gamer pun mulai “kecipratan” teknologi baru ini.

2. Cloud-based Service & Big Data Technology

Sebagai pusat server pengelola data besar, teknologi berbasis Cloud ini berdampak pada teknologi baru yang akan memajukan industri game. Kita tidak perlu membeli hardware dengan harga super mahal karena adanya cloud-based rendering dapat menghemat pengeluaran gamers karena teknologi ini akan memacu kebutuhan cloud-based pada infrastruktur IT perusahaan untuk RAM game file yang tinggi, download yang cepat dan proses rendering.

Big Data Techology

Source: https://ptcblogs.files.wordpress.com/2015/04/big-data-choices-and-tradeoffs.jpg

 3. Motion Sensor & Neuro-gaming Technology

Perkembangan yang signifikan membuat motion sensor menjadi salah satu teknologi baru yang sangat berdampak pada dunia gaming. Alat pendeteksi sensor dibutuhkan untuk memainkan game ini yang akan mengukur gerakan dan kondisi fisik seperti detak jantung dan sejenisnya. Sensor elektronik ini akan mendeteksi gerakan dan mengintegrasikannya dengan perangkat dan lingkungan sekitarnya.

Telah muncul istilah motion gaming yang bisa membuat kita melakukan aktivitas seperti berlari, bersepeda, dan berbicara saat memainkan sebuah game. Teknologi sensor yang saat ini dikembangkan yaitu pendeteksi gerakan mimik wajah dan kontrol melalui pikiran yang disebut neuro-gaming technology.

Contoh Motion Sensor & Neuro-gaming Technology: Playstation Move, Xbox One Kinect, Leap Motion Sensor.

Neuro Gaming Technology

Source: https://i.amz.mshcdn.com/I1kQJRzSWFKoX8HeLaEouVxYufU=/fit-in/1200×9600/http%3A%2F%2Fmashable.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2010%2F06%2FScreen-shot-2010-06-15-at-3.23.25-PM.png

 

4. Cross-platform Integration

 

Cross Platform Gaming

Source: https://www.xploree.com/wp-content/uploads/2014/02/crossplatform.jpg

 

Teknologi ini memungkinkan kita berkomunikasi satu sama lain. Windows 10 memperkenalkan sistem operasi terbaru dimana kita dapat menggunakan beberapa perangkat dalam jaringan yang sama. Kehadiran Windows 10 ini diharapkan dapat membawa Cross-platform gaming semakin nyata. Beberapa game engine bermunculan dan mengusung teknologi baru ini. Dengan teknologi ini, kita dapat memainkan game-game dengan berbagai perangkat. Kita tidak perlu khawatir akan kehilangan progress saat bermain di berbagai perangkat.

5.  5G Network & Tournament Online Streaming

 

5G Online Gaming

Source: https://www.techgiri.com/wp-content/uploads/2016/02/google-skybender-drones-5g-wireless-internet.jpg

Di tahun 2016 Google melakukan tes 5G menggunakan drone dengan project rahasianya yang dinamakan SkyBender. Jaringan 5G akan bekerja melalui transmisi radio millimeter-wave yang menawarkan kecepatan tinggi yaitu 40 kali lebih cepat dibanding kecepatan 4G/LTE yang ada saat ini. Hal ini tentu sangat didambakan bagi para gamer untuk dapat mengunduh secara cepat.

 

Jaringan 5G ini akan sangat mendukung dalam acara e-sport­ dimana kita dapat melihat atlet e-sport memainkan sebuah game. Arena turnamen game dengan layar super besar yang umumnya dibanjiri oleh banyak orang yang nantinya akan menjadi peluang para penyelenggara event turnamen game menjual akses premium ke online streaming.

Sumber: 1 | 2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG