5 Tips Jitu Menjadi Digital Marketer yang Handal - IDS | International Design School

5 Tips Jitu Menjadi Digital Marketer yang Handal

Di era sekarang, kecanggihan teknologi informasi jauh berkembang berkali lipat dibandingkan dengan 10 tahun lalu. Bahkan nyatanya hidup kita sekarang banyak bergantung dengan perangkat penyedia teknologi informasi.

 

Menurut survey invespcro.com, sekitar 53% penduduk dunia saat ini memiliki handphone dengan 42% diantaranya tersambung dengan koneksi internet. Melihat fakta ini, tak salah jika cara digital kini menjadi ujung tombak utama untuk menyasar konsumen.Hampir semua produk kini menggunakan platform digital untuk sarana pemasaran mereka.

 

Nah, jika kamu tertarik untuk berkarir sebagai digital marketer atau ingin menaikkan level kemampuanmu di bidang ini ada 7 tips yang bisa  kamu terapkan mulai sekarang. Simak, yuk!

  1. Perluas Network

Di era digital ini kamu bisa dengan mudah mengakses segala informasi secara online, termasuk informasi mengenai dunia digital marketing. Akan tetapi, mendapatkan informasi secara offline juga akan memberikan keuntungan tersendiri.

Di kelas, seminar atau konferensi tentang digital marketing, kamu bisa mendengarkan secara langsung pengalaman dari para ahli yang menjadi narasumber. Selain itu materi yang disampaikan juga lebih relevan dengan keadaan terkini di lapangan dan yang tak kalah menarik, kamu juga bisa memperluas networking dengan sesama pelaku di dunia digital marketing.

  1. Belajar Dari Ahlinya

Dengan kemajuan teknologi informasi, kamu tak lagi perlu hadir secara fisik untuk mengikuti seminar atau konferensi tentang digital marketing. Banyak sistem belajar secara online dengan materi yang dikemas dalam bentuk video yang menarik. Jangan lupakan juga sesi webinar yang dilakukan via livestreaming oleh pelaku digital marketing.

how-to-design-snapchat-ads-for-small-business

Para digital marketer profesional ini punya banyak pengalaman yang menarik untuk dibagikan yang bisa dijadikan masukan. Lantaran mereka sudah terjun langsung di lapangan, materi yang diberikan juga lebih efektif dan mudah dicerna meski untuk pemula sekalipun.

  1. Bergabung Dengan Komunitas

Sebagai digital marketer, bagian terbesar pekerjaan yang kamu lakukan adalah membangun komunitas online. Komunitas yang aktif menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan di dunia digital marketing. Jadi kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama dengan bergabung bersama komunitas digital marketer?

 

5_Reasons_Educators_Are_Embracing_Professional_Certifications_blog_image

Dengan bergabung bersama komunitas digital marketer, kamu bisa saling berbagi masalah dan solusi dengan sesama pelaku di lapangan. Kamu bukan hanya mendapat ilmu baru, tetapi sekaligus sharing pengalaman tentang masalah yang telah mereka hadapi untuk dijadikan pelajaran. Sesi sharing inilah yang akan membuat kemampuan kamu sebagai digital marketer akan terus bertambah.

  1. Magang di Perusahaan Digital Marketing

Kamu belum benar-benar belajar sebelum menjalani sendiri. Jawab tantangan ini dengan mencari posisi magang di perusahaan digital marketing. Lingkungan profesional akan memperluas wawasanmu, serta membantu kamu mempertajam intuisi sehingga kemampuan kamu dalam bidang ini meningkat.

Berada di dalam tim profesional yang tepat, kamu bisa belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka. Mungkin akan butuh waktu untuk bisa satu frekuensi dengan anggota tim yang lain, tetapi percayalah hal itu akan menjadi pengalaman berharga untuk karir yang sedang kamu bangun. Ditambah lagi nantinya pengalaman ini bisa dituliskan di portofolio atau CV kamu.

  1. Ambil Kursus / Sertifikasi

Digital marketing menjadi salah satu industri yang terus berkembang saat ini. Kebutuhan akan tenaga digital marketer profesional pun meningkat. Seiring dengan itu, banyak juga lembaga yang menyediakan jasa kursus atau sertifikasi digital marketer. Beberapa materinya meliputi:

  • SEO
  • Search Marketing
  • Email Marketing
  • Social Media Management

Dengan mengantongi sertifikasi materi di atas, selain menaikkan level kemampuan, kamu juga punya kredibilitas lebih saat melamar posisi sebagai digital marketer.

Dunia digital bergerak secara dinamis, begitu pula seharusnya dengan para pelaku seperti digital marketer yang tak boleh berhenti belajar. Gali terus informasi, analisa dari pengalaman sendiri maupun orang lain, jaga terus agar rasa penasaranmu tidak mati.

Beberapa masukan di atas jika dilakukan, bisa membawamu ke level yang lebih tinggi dalam dunia digital marketing. Industri ini menawarkan banyak kesempatan bagi mereka yang benar-benar menginvestasikan waktu dan tenaga untuk belajar dan beradaptasi dalam upaya meraih sukses sebagai digital marketer. Selain itu, untuk lebih memperdalam pemahaman dan praktek digital marketing, kamu bisa ikutan program short course digital marketing di IDS | International Design School.

Posted in: Articles