5 Tips Langkah Awal Menjadi Entrepreneur - IDS | International Design School

5 Tips Langkah Awal Menjadi Entrepreneur

Sharing is caring!

Seorang Entrepreneur  tentu selalu memulai usahanya dari awal, mulai dari nol. Buat kalian yang ingin memulai usaha, berikut beberapa langkah awal menjadi seorang entrepreneur:

1) Love Your Ideas

Mencintai ide yang kamu miliki untuk membangun bisnis adalah harga mati bagi kamu yang ingin mendirikan bisnis kecil dengan ‘low budget’, kenapa? Karena mencintai ide yang kita buat dapat mempertahankan motivasi dan antusiasme dengan lebih lama. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memulai usaha dari bidang yang kita sukai dan sesuai dengan passion kita.

 2) Be knowledgeable About Product/Service

Jika kita memang ingin memulai bisnis itu dari nol, maka ketahuilah segala seluk beluk tentang bisnis yang kita jalani. Ingat, memulai bisnis kecil bisa jadi dimulai dari kita, untuk kita dan oleh kita sendiri.

INFO: Jika kamu ingin memiliki usaha di industri kreatif, seperti bisnis desain, animasi, atau film, kamu dapat belajar di program college yang IDS miliki: desain grafis, animasi, dan film. Kamu akan mengerjakan sebuah entrepreneurial project yang akan mengasah kemampuan bisnismu.

3) Mencintai Produkmu Sendiri

Mungkin sekarang kamu sudah memiliki produk yang siap untuk dijual. Salah satu cara memasarkan yang paling mudah adaah dengan mencintai produk sendiri dan bangga bila memakainya. Ini bisa menjadi sebuah cara memasarkan yang murah dan menunjukkan ke costumer tentang keunggulan-keunggulan produk kita dibandingkan dengan yang lain.

4) Bersiap Lembur dan Kerja Keras

Menjadi pengusaha memang enak, terutama jika kita membicarakan tentang uang yang dapat dihasilkan. Tetapi tentu setiap hal yang enak akan selalu mengiringi pengorbanan yang diperlukan untuk menebusnya.

5) First ,  Best , Different

Membuka usaha di zaman yang serba bebas dan bertabur peluang ini amat sangat mudah – begitu pula dengan kebangkrutannya. Tercatat hanya 10% mereka yang membuka bisnis kecil bisa melewati tahun pertamanya, dan hanya 10% dari mereka yang bisa lolos hingga tahun kelima. Salah satu penyebab tutupnya suatu usaha adalah karena mencoba bermain di pasar yang sudah ramai akan pelaku bisnisnya. Cobalah untuk masuk ke sebuah segmen kebutuhan yang masih jarang ada pemain di dalamnya. Buatlah sebuah produk/layanan yang sulit ditiru. Sulit ditiru bukan berarti kompleks, namun lebih ke arah kreativitas: be the first, the best, and different. Simpel kan?

Jadi sudah siapkah kamu menjadi seorang Entrepreneur?

 picture by reneskaflestad.com

 

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. boy - April 17, 2015 - 12:08 pm #

    baca juga :

    http://www.3teria.com/view/20/5-langkah-untuk-menjadi-seorang-entrepreneur

DAFTAR SEKARANG