5 Tips Mengoptimalkan Google Analytics untuk Situs Web Bisnis | IDS

5 Tips Mengoptimalkan Google Analytics untuk Situs Web Bisnis

Performa sebuah situs web bisa di-track menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah sebuah tools yang bisa memberi tahu kamu informasi mengenai seberapa banyak orang yang mengunjungi situs web kamu. Tapi, jika sudah tahu semua ini, apa lagi yang harus dilakukan? Apakah kamu hanya mau sekadar tahu lalu let go dan biasa saja? Tentu saja tidak. Google Analytics dibuat untuk mengoptimalkan situs web bisnismu. Lalu, bagaimana mengoptimalkan Google Analytics? Berikut tipsnya.

 

  1. Optimalkan Channel Audiens

Seperti yang sudah disebut di atas, Google Analytics membantu kamu untuk mencari tahu berapa banyak dan siapa saja pengunjung situs web kamu. Sekadar informasi, Google Analytics tidak akan memberikan informasi personal tentang pengunjungnya seperti nama, alamat IP, atau informasi personal lainnya. Tapi, Google Analytics akan memberi tahu dari mana audiens pengunjung kamu berasal, apakah melalui hasil pencarian organik yang langsung ke landing page, iklan PPC atau SEM, e-mail marketing, link building, Facebook, Twitter, Instagram, atau channel lainnya. Nah, setelah tahu tentang hal ini, kamu diharapkan bisa membuat rencana lebih baik ke depannya. Misalnya kalau memang audiens lebih banyak berasal dari Facebook dibanding PPC, maka alokasikan budget marketing lebih banyak lagi untuk Facebook ke depannya. Cara ini bisa dilakukan dengan memilih Acquisition > All Referrals.

 

  1. Optimalkan Lokasi Audiens

Selain channel apa yang banyak digunakan pengunjung, kamu juga bisa mencari tahu lokasi audiens kamu. Lokasi ini dinilai cukup penting karena kamu jadi tahu audiens dari kota mana yang paling banyak mencari situs web kamu. Misalnya, kamu sebuah toko online yang berpusat di Bandung, tetapi banyak audiens yang mencari kamu dari Banjarmasin. Tentu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan shipping ke Banjarmasin supaya audiens di sana pun terjangkau. Cara ini bisa dilakukan dengan memilih Audience > Geo > Location.

 

  1. Optimalkan Waktu Online Audiens

Keseruan menggunakan Google Analytics adalah kamu bisa tahu audiens yang sedang online secara real time. Jadi, kamu bisa memantau pada jam berapa saja situs web kamu ramai dikunjungi audiens. Dengan begitu, pada jam-jam ramai tersebut kamu bisa mengoptimalkannya dengan cara mengirim e-mail marketing atau mungkin sharing promo di sosial media, dsb. Caranya cukup pilih kategori Real Time di kiri atas tools Google Analytics.

 

  1. Optimalkan Landing Page yang Paling Sering Dikunjungi

Hal lain yang bisa dipelajari dari audiens adalah tentang landing page mana yang paling banyak mendapatkan view. Misalnya, situs web kamu menjual berbagai produk untuk ibu rumah tangga dan halaman “susu anak” mendapat view lebih banyak dibanding “kosmetik”. Tentu saja dengan pengetahuan ini kamu jadi bisa lebih memaksimalkan halaman “susu anak” dengan memberi lebih banyak produk dan promo untuk meningkatkan konversi situs web. Cara ini bisa dilakukan dengan memilih Behavior > Site Content > All Pages.

 

  1. Optimalkan Kata Kunci

Tidak hanya faktor audiens saja yang harus dioptimalkan, melalui Google Analytics pun kamu bisa mencari tahu kata kunci atau keyword apa yang paling banyak digunakan. Dengan kata kunci ini, kamu bisa mempelajari bagaimana audiens melihat produk atau situs web kamu, lebih memahami mereka, dan pastinya membuat konten mengandung keyword yang informatif dan edukatif.

(SK)

 

Sources: 1 2 3

FI source: pexels.com

 

 

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. mulyono - April 13, 2018 - 5:29 am #

    tks, infonya

DAFTAR SEKARANG