5 Tips Sederhana Sebelum Mulai Membuat Animasi - IDS | International Design School

5 Tips Sederhana Sebelum Mulai Membuat Animasi

Buat kamu yang saat ini suka dengan animasi atau baru ingin mendalaminya, mungkin saat ini kamu masih mencoba-coba untuk mulai menekuninya. Coba-coba membuat dengan panduan tutorial video atau dari buku.

Nah, berikut ada 5 tips sederhana yang dapat kamu lakukan sebelum mulai membuat kreasi animasimu sendiri. Yuk simak!

 

1. Buat Timeline Rencana dan Alur Kerja

1
Pertama, buat terlebih dulu timeline rencana dan alur kerjanya. Tulis dengan jelas bagaimana urutan kamu menyelesaikan setiap tahapnya. Tetapkan waktu yang jelas untuk tiap proses yang dikerjakan. Menetapkan timeline dan alur kerja sangat penting karena hal ini menjadi pedoman kita untuk mengerjakan bagian selanjutnya.

 

2. Buat Konsep dan Cerita Utuh

2
Kedua, paling penting adalah buat dulu bagaimana konsep daripada animasimu. Sebuah cerita dimulai dengan sebuah konsep. Tulis kerangkanya terlebih dulu, baru kembangkan secara utuh dan tentukan kemana arah animasimu. Memang, saat proses selanjutnya mungkin struktur cerita yang telah kamu buat bisa berubah, namun yang paling penting kamu tetap berpatokan dengan konsep dan cerita dasarnya. Cobalah buat secara lengkap dan sedetail mungkin, seperti posisi kamera, dll.

 

3. Buat Detail Karakternya

3 (1)
Ketiga, setelah kamu buat konsep dan ceritanya, tentu karakter pun sudah kamu dapatkan. Namun, diperlukan lebih detail lagi penggambaran karakter tersebut. Bagaimana ekspresinya saat marah, sedih, senang, berbicara, tertawa. Gambarkan bagaimana saat dia istirahat, bergerak, melompat. Gambarkan juga detail halus, seperti gelombang rambutnya, tahi lalat, tindik/tato. Tentukan juga bagaimana sifat dan karakternya, bagaimana warna rambutnya, bagaimana warna sepatunya. Oleh karena itu, penting menggambar secara utuh terhadap karaktermu dan beri warna yang sesuai.

 

4. Buat Detail Tiap Adegannya

4
Keempat, tentukan bagaimana adegannya, siapa saja karakter yang terlibat, bagaimana suasana latar, waktu, dan tempatnya. Bahkan sampai backsound-nya pun harus kamu tentukan. Buat storyboard yang rinci adegan aksi, kamera, efek, warna, naskah dengan arah dan penggambaran yang jelas. Intinya, buat  instruksi visual untuk diri sendiri agar memudahkan kamu dalam proses selanjutnya.

 

5.  Tentukan Timing-nya

5

Kelima, yang nggak kalah penting adalah menentukan timing-nya. Dalam animasi, waktu yang tepat tentu sangat penting.Tidak semuanya bergerak dengan kecepatan yang sama, misalkan  jarak X berjalan tidak akan membutuhkan jumlah frame yang sama dengan jarak X berlari. Menentukan timing dengan kebutuhan jumlah frame menjadi faktor yang sangat penting. Tentukan juga apa yang bisa dipotong agar sesuai dengan batasan waktu.

Bagaimana? setelah membaca tips di atas, apakah kamu jadi tertarik mau belajar lebih dalam tentang animasi? Kamu bisa loh mengembangkan passion-mu di IDS | International Design School. Belajar animasi di IDS, pastinya akan fokus pada project-project yang nantinya akan kamu kerjakan pada saat menjadi animator atau game maker profesional. Selengkapnya bisa cek di sini.

 

Source:

1 2

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG