6 Film Animasi Buatan Indonesia - IDS | International Design School

6 Film Animasi Buatan Indonesia

Kalau dengar kata film animasi, mungkin pikiran kamu melayang pada film animasi buatan Amerika atau Jepang.  Ya, nggak salah memang. Film animasi buatan Amerika seperti produk Disney atau Pixar merajai dunia animasi. Kamu juga tidak asing lagi dengan animasi asal Jepang seperti Doraemon, bahkan produksi Malaysia yang meledak di Indonesia, yaitu Upin Ipin.  Tapi tahukah kamu, Indonesia pun punya sederet film animasi yang kualitasnya patut diacungi jempol.  Berikut adalah 6 film animasi buatan Indonesia.  Apa sajakah itu? Yuk simak.

 

 

1. Si Kancil

Si kancil adalah film animasi buatan Indonesia yang diangkat dari dongeng paling terkenal di Indonesia. Si kancil merupakan cerita turun temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia. Film ini menceritakan hewan kancil yang memiliki sifat yang baik, cerdik, bijaksana dan berwibawa. Tentunya Film kartun ini banyak memiliki kumpulan versi cerita dan tidak asing lagi bagi kalangan anak-anak Indonesia.

 

2. Meraih Mimpi

Meraih Mimpi adalah film animasi Indonesia berteknologi 3D. Film ini mengikutsertakan beberapa nama terkenal dari kalangan artis, seperti Gita Gutawa, Shanty, Ria Irawan, dan Jajang C Noer. Film garapan Nia Dinata menjadi referensi film yang menarik untuk keluarga. Desain 3D yang memukau dalam film ini membuktikan bahwa para tenaga kreatif Indonesia tidak kalah jika bersaing dengan luar negeri.

Film Meraih Mimpi menceritakan sebuah semangat pantang menyerah melawan setiap gangguan seorang serakah yang ingin merusak alam dan lingkungan hidup. Film Meraih mimpi tidak hanya dimeriahkan dengan tokoh manusia saja, namun juga dengan tokoh binatang yang lucu dan bisa bernyanyi. Tokoh tersebut bisa berpadu dengan baik menjalin sebuah cerita yang menarik.

 

3. Menggapai Bintang

Film Menggapai Bintang lumayan aman untuk dinikmati anak-anak. Film ini mengedepankan tentang persahabatan, kekeluargaan, pengetahuan, kepedulian, motivasi untuk meraih impian, cocok dan mendidik anak-anak. Tokoh-tokoh dalam film kartun Menggapai Bintang ini juga telah menjadi bintang iklan dalam iklan-iklan pemerintah seperti dana BOS dan beberapa iklan pemerintah lainnya.

Kemunculan film Menggapai Bintang diharapkan dapat mengalahkan dominasi film-film import seperti Upin dan Ipin, Khrisna, dan lain-lain.

 

4. Pangeran Dipononegoro The Movie

Pangeran Diponegoro The Movie berangkat dari novel Pangeran Diponegoro karya Remy Sylado. Dalam versi animasi layar lebarnya, skenario dimatangkan bersama oleh Agung Waskito ER, Roykhan Ahmad, dan Arimus. Sedangkan penyutradaraannya dipercayakan kepada Arimus.

Film Pangeran Diponegoro The Movie menelan budget sekitar enam miliar dan menargetkan penonton di atas dua juta penonton. Pembuatan film Pangeran Diponegoro The Movie ini membuktikan bahwa film animasi produk anak negeri harus juga bisa dikonsumsi untuk format layar lebar.

 

5. Catatan si DIAN

Film kartun ini adalah menceritakan seorang bocah perempuan yang menulis kehidupan sehari-harinya, baik di sekolah maupun di rumah. Film ini ditayangkan rutin di TVRI.

 

6. Kampung Edu

Kampung Edu adalah Film kartun program pendidikan anak-anak, ditayangkan di spacetoon dan more TV. Kampung Edu menyuguhkan keakraban dalam dunia pendidikan anak-anak. Ceritanya  berkisar di tokoh-tokoh binatang sehingga lebih mudah diterima anak-anak.

 

 

Kamu juga bisa lho, ikut mengharumkan nama Indonesia dengan film animasi buatanmu. Mau belajar animasi? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, lho!

 

 

Sumber: 1  2

Thumbnail Image by: video.kemdikbud.go.id/video/hiburan/kampung-edu
Mau Belajar Animasi? IDS Menyediakan Sekolah Animasi, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG