6 Komponen Penting Dalam User Experience | IDS

6 Komponen Penting Dalam User Experience

Dalam user experience (UX) design terdapat enam komponen penting yang harus kamu ketahui, yakni usability, interaction design, visual design, information architecture, content strategy, dan user research. Dengan memahami keenam komponen itu, maka kamu dapat menerapkan UX design dengan baik sehingga membuat produkmu unggul dibandingkan produk lainnya.

Untuk membantumu memahami keenam komponen itu, maka kamu harus simak artikel ini. Yuk, simak biar kamu bisa menerapkan UX design dengan tepat.

Usability

Ketika kamu menerapkan UX design dalam merancang suatu aplikasi website ataupun mobile, hal pertama yang harus diperhatikan ialah komponen usability. Pengertian dari usability adalah sejauh mana sebuah produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien, efektif, dan pengguna menjadi puas saat menggunakan produk tersebut.

Dengan mengetahui usability produkmu maka kamu mengerti seberapa besar potensinya saat digunakan oleh pengguna. Hal itu akan membantu kamu memetakan sejauh mana produk buatanmu akan berkembang di tangan penggunannya.

Interaction Design

Interaction design merupakan desain interaksi antara pengguna dengan suatu produk web ataupun mobile. Tujuan utama interaction design ialah agar memudahkan pengguna saat menggunakan produk tanpa harus merasa kebingungan.

Kamu harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan interaksi yang dilakukan pengguna pada suatu produk aplikasi aplikasi website atau mobile. Dengan pemetaan itu, kamu bisa memasukkan berbagai fitur menarik yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semakin sederhana pola interaksinya maka semakin baik karena tak menyulitkan pengguna produkmu.

Visual Design

Ketika sudah merancang interaksi seperti apa yang kamu kehendaki dalam aplikasi website ataupun mobile-mu, komponen selanjutnya yang tak kalah penting ialah visual design. Kamu harus memberikan korelasi interaksi yang kamu inginkan ke dalam tampilan visual produkmu.

Dalam komponen ini, kamu harus memperhatikan berbagai elemen tampilan visualnya; mulai dari garis, rupa, pilihan warna, tekstur visual, tipografi, hingga bentuk tampilan animasi ataupun visual tiga dimensinya. Masing-masing elemen itu harus bisa memberikan kenyamanan saat pengguna berinteraksi dengan produk ciptaanmu.

Information Architecture

Information Architecture (IA) merupakan komponen UX design yang tidak boleh terlupakan. Agar kamu memahami IA itu apa, kamu harus tahu dulu pengertiannya. IA adalah penciptaan struktur informasi dalam suatu aplikasi website ataupun mobile agar mudah dimengerti oleh penggunanya.

Sederhananya, komponen IA memudahkan pengguna ketika menggunakan produk web ataupun mobile sehingga pengguna dapat menggunakan produk itu dengan maksimal. Dengan begitu, apa yang kamu harapkan atas aplikasi website atau mobile besutanmu dapat tersampaikan pada penggunanya.

Content Strategy

Komponen penting lainnya yang tak boleh kamu lewatkan ialah content strategy. Komponen ini sangat penting karena content strategy berfokus pada perencanaan, pembuatan, pengiriman, dan tata kelola konten suatu aplikasi website atau mobile.

Dalam aplikasi website atau mobile, seluruh bagiannya merupakan bagian dari konten. Mulai dari kata-kata yang digunakan dalam produk tersebut hingga gambar dan animasi. Tujuan dari content strategy ini adalah menciptakan konten yang bermakna, menarik, dan berkelanjutan. Dengan begitu, pengguna akan tertarik dan dapat bertahan menggunakan produk yang kamu buat.

User Research

Dan, komponen UX design penting terakhir ialah user research. Secara sederhananya, user research adalah tindakan mewawancarai pengguna prospektif atau user candidate dan pengguna aktual dari sebuah aplikasi website atau mobile untuk mendapatkan kejelasan pada sejumlah tujuan.

Dengan melakukan user research, kamu bisa mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dalam produkmu sebelum kamu luncurkan. Selain itu, kamu bisa menguatkan potensi produk aplikasi website atau mobile-mu sehingga tujuan pembuatan produk itu dapat tersampaikan pada penggunannya. Dengan demikian, kamu bisa menjadikan aplikasi website atau mobile yang kamu buat lebih baik dari produk lainnya yang sejenis.

Itulah enam komponen penting dalam UX design. Keenam komponen itu tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya. Memaksimalkan keenam komponen itu akan membuatmu mampu menciptakan aplikasi website atau mobile yang baik dan minim kekurangan.

Source: 1 2 3 4 5 6 7 8

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG