6 Langkah Mudah Membuat Digital Marketing Plan - IDS | International Design School

6 Langkah Mudah Membuat Digital Marketing Plan

Teknik digital marketing tidak akan berjalan dengan sempurna tanpa adanya perencanaan. Bahkan, bukan hanya masalah digital marketing saja, tapi hal apapun yang punya proses harus memiliki perencanaan. Saat ini era teknologi sudah sangat mendominasi, jadi wajar saja jika teknik marketing pun sudah mulai berpindah ke dunia digital. Nah, supaya digital marketing kamu tidak berjalan sia-sia, berikut ini langkah mudah untuk membuat plan atau rencananya.

 

  1. Tetapkan Tujuan

Hal apapun yang punya proses, baik dalam pekerjaan atau bukan pastilah harus memiliki tujuan. Tujuan inilah yang akan menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Apakah kamu mau menaikkan konversi, traffic, atau hanya sekadar brand awareness? Proses digital marketing tidak bisa dijalankan asal-asalan begitu saja tanpa adanya tujuan yang ingin dicapai.

 

  1. Tahu Siapa Konsumen Terbaik

Target audiens sebuah perusahaan atau produk bukanlah semua orang. Dengan menentukan sebuah kelompok target audiens, perusahaan atau produk kamu harus punya pengaruh besar terhadap mereka dibanding produk lain. Spesifikasi audiens ini bisa berdasarkan persona melalui behaviour, demografis, usia, lingkungan kerja, gender, gaya hidup, dsb.

 

  1. Gunakan SEO

Dalam proses digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) sangat amat berguna untuk perkembangan dan kesuksesan sebuah situs web dalam jangka panjang. SEO ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan pemilihan keyword yang tepat, konten yang mengandung keyword dalam sebuah situs web, link building dalam situs web, dan pastinya sharing sosial media. Pastikan dalam digital marketing plan kamu, proses SEO ini diterapkan.

 

  1. Pahami Teknik Inbound Marketing

Inbound marketing ini mirip seperti SEO. Hanya saja kalau SEO lebih memprioritaskan bagaimana caranya supaya situs web bisa ada di urutan pertama mesin pencari, inbound marketing ini adalah fokus isinya. Teknik inbound marketing adalah teknik ‘pemasaran masuk’, yang artinya konsumen diharapkan mau datang sendiri ke situs web kamu tanpa adanya paksaan. Jadi, konsumen secara sadar memang mau ke situs web kamu karena tahu di sana ada konten berkualitas yang bisa memberikan mereka informasi dan edukasi menarik. Dengan memahami teknik inbound marketing ini, kamu jadi bisa membuat konten marketing yang bermanfaat.

 

  1. Jangan Lupakan SEM

Selain SEO dan inbound marketing, teknik SEM (Search Engine Marketing) pun patut masuk ke dalam digital marketing plan kamu. SEM ini dimaksudkan supaya orang bisa lebih mudah lagi untuk menemukan situs web kamu, misalnya lewat iklan Google, Facebook Ads, dan lain-lain.

 

  1. Selalu Tahu Performa Analitik Kamu

Karena digital marketing bersifat online, jadi semuanya bisa di-track. Untuk itu, kamu harus selalu tahu performa analitik kamu, manakah yang berhasil dan tidak. Channel mana yang paling banyak mendatangkan traffic atau konversi, campaign jenis apa yang paling banyak mengundang perhatian. Analitik ini akan membantu kamu mempersiapkan rencana digital marketing lebih baik lagi ke depannya.

(SK)

 

Sources: 1 | 2 | 3

FI source: pexels.com

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG