6 Teknik Dasar Melakukan Digital Marketing - IDS | International Design School

6 Teknik Dasar Melakukan Digital Marketing

Teknik dasar digital marketing perlu kamu kuasai jika kamu berniat untuk berjualan produk/jasa secara online. Berjualan offline maupun online, marketing menjadi bagian tim yang paling penting demi berkembangnya sebuah perusahaan. Lalu, buat kamu yang mau menjalankan proses marketing secara online, berikut ini teknik dasar digital marketing yang perlu kamu ketahui.

 

  1. Menetapkan Tujuan Perusahaan

Langkah awal adalah menetapkan apa tujuan dari perusahaan kamu. Apa yang hendak kamu capai melalui proses digital marketing ini? Apa yang mau kamu sampaikan kepada customer mengenai perusahaan kamu? Dengan tujuan yang sudah mantap, kamu bisa mengurutkan lebih baik lagi apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk digital marketing, mulai dari perencanaan SEO, paid ads, serta social media engagement-nya.

 

  1. Analisis SWOT

Selanjutnya, kamu harus mencari nilai-nilai atau keunikan yang dimiliki oleh perusahaanmu untuk membandingkannya dengan kompetitor. Kamu bisa melakukannya dengan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats). Dengan analisis ini, kamu bisa semakin memperbaiki diri dengan memperbaiki kekurangan dan memaksimalkan kekuatan yang kamu miliki.

 

  1. Paham Konsep SEO (Search Engine Optimization)

Saat ini semua orang menggunakan internet untuk mencari segala kebutuhan dan informasi. Untuk itu, kalau mau melakukan digital marketing kamu harus paham dengan konsep SEO ini. Melalui SEO yang baik dan konten yang menarik, situsmu bisa jadi berada di urutan pertama di indeks mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Dengan berada di urutan pertama, tentu saja situs kamu punya kesempatan lebih besar untuk diklik oleh pengguna internet.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Konten

Karena SEO berkaitan erat dengan keyword (kata kunci yang banyak dicari pengguna), maka kualitas konten yang mengandung keyword itupun jadi krusial. Bayangkan, kalau kamu punya kualitas konten yang baik dan dipadu keyword yang pas, akan ada banyak sekali orang yang berminat untuk berkunjung ke situsmu. Dengan naiknya traffic, diharapkan penjualan pun akan ikut meningkat.

 

  1. Interaksi dengan Konsumen

Selain bisa meningkatkan brand awareness dan traffic, dasar melakukan digital marketing juga diharapkan akan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Interaksi ini akan membangun kepercayaan dan membuktikan kalau kamu peduli dengan mereka. Ada banyak platform sosmed yang bisa digunakan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan lain-lain.

 

  1. Meningkatkan Penjualan

Sebagai hasil akhir, proses digital marketing memang ditujukan untuk meningkatkan penjualan. Kamu diharapkan bisa menge-track dan mengontrol seberapa banyak traffic dan penjualan yang didapatkan. Salah satu tools untuk menge-track traffic dan penjualan ini adalah Google Analytics.

(SK)

 

Source: 1 2 3

FI source: flickr.com

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG