6 Tips Meningkatkan Kualitas Tulisan Tangan Untuk Belajar Hand Lettering - IDS | International Design School

6 Tips Meningkatkan Kualitas Tulisan Tangan Untuk Belajar Hand Lettering

Belajar hand lettering diawali dengan memiliki tulisan tangan yang bagus atau indah. Sayangnya nggak semua dari kita diberi anugerah memiliki tulisan tangan yang indah dipandang. Untuk itulah meningkatkan kualitas tulisan tangan merupakan step dasar untuk memulai belajar hand lettering. Untuk kamu yang merasa tulisan tangannya kurang oke, berikut 6 tips yang dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan tangan.

  1. Analisa tulisan tanganmu
1-analisa-tulisan-tanganmu

Source: edition.cnn.com

Tulis ulang satu atau dua paragraf sebuah bacaan yang ada dari buku atau handphone kamu. Semakin sering kamu menulis, kamu bisa melihat pola (baik atau buruk) pada tulisan kamu. Setelah kamu sering melakukan ini, ada beberapa hal yang bisa kamu analisa dan perbaiki: spasi, jarak, style, tinggi rendah huruf, countering, hiasan, dan lain-lain.

Setelah kamu menulis dan menganalisa, cobalah untuk menulis bagian yang sama lagi, perhatikan apa yang ingin kamu perbaiki. Ini memang membutuhkan kesabaran dan waktu, tetapi ketika kamu melihat hasilnya pasti akan puas.

  1. Perbanyak menulis dengan tangan
2-perbanyak-menulis-dengan-tangan

Source: www.entrepreneur.com

Sebagai generasi digital society, kita cenderung nggak bisa lepas dari gadget. Otot dan tangan kita untuk menulis atau menggambar jadi tidak terpakai. Memori otot adalah hal yang sangat penting untuk apapun yang kita lakukan. Jika kamu tdak memiliki latihan yang reguler, kamu akan kesulitan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Berilah waktu 10 sampai 15 menit dalam sehari untuk menulis rapi, ini dapat membantu meningkatkan kultas tulisan tangan kamu. Buat juga schedule khusus di kalender untuk menulis satu atau dua halaman sebelum tidur atau sesudah makan malam. Atau kamu juga bisa membuat jurnal khusus untuk latihan menulis.

  1. Konsistensi
3-konsistensi

Source: wikknow.blogspot.co.id

Konsistensi adalah keberhasilan untuk segala usaha, termasuk dalam hal ini.  Tidak perduli style apa yang kamu latih, kamu pasti ingin menemukan style yang “kamu banget” dengan hasil yang rapi dan menarik.

Setelah menemukan style kamu, cobalah untuk menulis dengan berbagai sudut, ketinggian, ukuran, dll. Sekali kamu melihat pola tulisan tangan kamu , berlatihlah membuat huruf yang sama berulang-ulang (secara harfiah kamu bisa mencoba menulis huruf “a” dalam satu halam penuh kemudian halaman selanjutnya dengan abjad berikutnya, sampai “z”) sampai kamu marasa nyaman dengan style tulisan yang kamu hasilkan.

  1. Eksperimen dengan pena dan peralatan menulis lainnya
4-eksperimen-dengan-pena-dan-peralatan-menulis-lainnya

Source: apairandasparediy.com

Ada banyak merek maupun jenis pensil dan pena yang digunakan untuk hand lettering. Kamu bebas menggunakan pena dengan gaya kontrol, ketebalan garis, tekanan, dan tampilan yang kamu inginkan. Akan tetapi pastikan kenali lebih dulu jenisnya dan apakah pena tersebut cocok dengan jenis tangan kamu.

Misalnya, beberapa pena bertinta terlalu licin dan pergerakannya terlalu cepat sehingga tidak sesuai untuk orang dengan tangan yang berat. Pena dengan harga murah biasanya menghasilkan tulisan yang berantakan dengan tinta yang sangat berat. Untuk hand lettering dasar, sebaiknya gunakan “tip marker pen” atau “brush pen“. Kamu juga bisa menggunakan cara lama, yaitu menggunakan pesil dengan ujung yang agak tumpul.

  1. Belajar kaligrafi
5-belajar-kaligrafi

Source: thepostmansknock.com

Nulis bagus aja belom beres kok belajar kaligrafi? Kedengarannya memang nggak masuk akal, tapi beberapa orang sudah membuktikan bahwa setelah belajar keligrafi, kulitas tulisan tangan mereka mengalami peningkatan. Belajar kaligrafi dapat membantu memahami konsistensi dan anatomi.

Kamu bisa belajar kaligrafi dari buku “Calligraphy for Dummies” dan membeli buku khusus menulis kaligrafi yang murah. Mempelajari buku tersebut secara perlahan dapat menambah fokus dan konsistensi dalam menulis.

  1. Practice, practice, practice!

Untuk menghasilkan sesuatu yang bagus, kita nggak pernah bisa kepas dari latihan. Dengan berlatih setiap hari, kamu bisa meningkatkan tulisan tanganmu menjadi jauh lebih baik. Dedikasikanlah waktu setiap hari untuk menulis, mengobservasi hasil tulisan, dan menemukan style tulisan yang sesuai.

Cara tepat untuk memaksa kamu berlatih setiap hari adalah dengan menemukan teman yang dapat diandalkan (kamu bisa saling berkirim tulisan tangan) atau dengan membuat kalender khusus yang bisa kamu cek setiap kamu selesai latihan.

(CY)

SOURCE: 1  2

Source Featured Image: https://abduzeedo.com/sites/default/files/styles/home_cover/public/originals/colin.jpg

Mau Belajar Hand Lettering lebih dalam? Yuk Belajar di Sekolah Desain IDS! Klik Infonya di Sini..

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG