6 Tips Mencari Modal Usaha - IDS | International Design School

6 Tips Penting Mencari Modal Usaha

Sharing is caring!

Punya ide bisnis tapi kepentok modal? Modal menjadi suatu momok bagi para calon pengusaha. Beberapa orang terpaksa menunda rencana bisnisnya karena keterbatasan dana dari kantong sendiri. Jadi darimana kita bisa mendapatkan modal usaha kita? Simak beberapa alternatif sumber modal yang dapat anda coba berikut ini.

    1. Meminta bantuan IMF (Ibu, Mertua, Family & Friends) Kalau negara yang mengalami krisis bisa meminta bantuan IMF (International Monetary Fund), anda juga bisa meminta bantuan IMF (Ibu, Mertua, Family & Friends). Keluarga dan teman adalah orang-orang terdekat dengan kita, siapa tahu di antara mereka ada orang-orang yang memiliki kelebihan dana dan mau mempercayakan uang mereka kepada kita untuk dijadikan modal usaha.

 

    1. Meminjam dana dari bank atau koperasi. Bank dan koperasi menawarkan pinjaman bagi para calon pengusaha. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mendapatkan modal usaha nya dengan cepat. Namun usahakan amati dengan cermat ketentuannya agar tidak menyesal nantinya.

 

    1. Mengikuti kompetisi usaha. Dengan mengikuti ajang seperti ini, anda berkesempatan untuk memenangkan modal usaha yang anda butuhkan secara cuma-cuma. Persiapkanlah rencana bisnis yang matang agar kesempatan menang semakin besar.

 

    1. Kerjasama bagi hasil. Apabila sulit melakukan pinjaman, maka cobalah tawarkan sistem kerjasama bagi hasil pada calon partner bisnis anda. Apabila penawaran kita cukup meyakinkan akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, tentu orang yang kita ajak tidak akan ragu untuk bekerja sama dengan kita.

 

    1. Menjadi reseller dengan sistem dropship. Apabila belum berhasil mendapatkan modal usaha dari mana pun, carilah modal usaha anda sendiri dengan menjadi reseller. Apalagi menjadi reseller dengan dropship, hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan telepon genggam kita sudah bisa memulai bisnis tersebut.

 

  1. Bisnis secara online. Sebelum anda memiliki modal untuk menyewa tempat, cobalah mulai membuka usaha anda secara online. Selain tidak memerlukan modal tempat, pengawasannya pun lebih mudah karena dapat dilakukan dimana pun.

 

Sebenarnya uang bukanlah satu-satunya modal penting yang diperlukan dalam membangun suatu usaha. Lalu modal apalagi yang harus dimiliki oleh para calon pengusaha agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik? Jangan khawatir, karena IDS | Education punya program pelatihan wirausaha kreatif agar para calon pengusaha dapat belajar mengenai seluk-beluk bisnis kreatif mulai dari ide sampai dengan marketing. Ingin bergabung? Selengkapnya bisa dilihat di halaman program wirausaha kreatif.

  Photo Credit: Tax Credits via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (18 Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG