Proses Singkat Pembuatan Desain Karakter dari Pixar Animation Studios | IDS

Proses Singkat Pembuatan Desain Karakter dari Pixar Animation Studios

Sharing is caring!

Desain karakter merupakan salah satu komponen yang paling utama dalam film animasi. Karena karakter itulah yang mendorong cerita dan membawa kehidupan menjadi sebuah film. Tahap awal perkembangan film animasi dimulai dari membuat desain karakter.

Keterikatan penonton adalah tujuan utama saat merancang karakter Pixar. Sebuah desain karakter harus dekat dengan kehidupan nyata. Saat merancang sebuah karakter, seorang desainer karakter Pixar perlu tahu apa yang harus dilebih-lebihkan dan apa yang harus dimainkan, apa yang harus ditambahkan untuk memberi sedikit latar belakang dan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kepribadiannya.

Dilansir dari http://pixar-animation.weebly.com, pembuatan desain karakter melewati banyak perubahan, seiring perubahan konsep dan naskah filmnya. Proses awal dari pembuatan desain karakter dimulai dari naskah film yang diterima dari sutradara. Di dalam script tersebut terdapat deskripsi mengenai karakter yang harus dibuat. Kemudian desainer karakter menggambar sketsa kasarnya hingga ratusan sketsa, lalu sutradara akan memilih beberapa sketsa tersebut yang paling sesuai. Desainer karakter kemudian mengambil gambar itu dan mulai mengembangkannya lagi. Proses ini berulang dengan sendirinya sampai karakter dirancang secara sempurna.

Para desainer karakter di Pixar biasanya diawali dengan sketsa pensil. Terkadang mereka memiliki gagasan yang jelas tentang karakter tersebut, terkadang hanya gagasan samar tentang kepribadian karakter.

Desainer karakter menggambar ribuan sketsa dengan pensil dan spidol untuk memperbaiki tampilan masing-masing karakter. Pixar harus memutuskan bagaimana karakter kartun tersebut, bagaimana ikonik, dan seberapa realistis mereka (tokoh karakternya).

Setelah menggambar dan merancang tampilan masing-masing karakter, para animator kemudian harus menghidupkannya di layar, memberi mereka kepribadian dan gerakan. Animasi harus penuh dengan detail dan terinspirasi dari kehidupan manusia. Setiap gerakan karakter yang digerakkan dieksekusi hingga presisi dan dirinci dengan indah. Para animator dengan hati-hati membuat kreasi mereka dan memastikannya akurat dengan detail terbaik; menunjukkan mengapa karakter Pixar begitu mudah diingat dan bisa dipercaya.

Nah, itulah proses singkat pembuatan desain karakter menurut Pixar Animation. Nggak heran kalau mereka bisa menciptakan tokoh karakter animasi yang sangat memorable di hati para pecintanya ya, creative people.

 

Source links and pictures:

1  2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG