7 Alasan Penting Berpikir Kreatif - IDS | International Design School

7 Alasan Penting Berpikir Kreatif

Kreativitas merupakan  hal yang subyektif bagi sebagian orang karena kreativitas adalah kemampuan untuk melihat sesuatu secara berbeda. Tidak banyak yang tahu bahwa kreativitas sebenarnya membuat seseorang menjadi lebih baik karena cenderung menghasilkan sesuatu yang unik dan dapat mengubah perspektif kita.

Di satu sisi, kreativitas memungkinkan untuk melihat kehidupan dari sudut pandang yang berbeda sehingga dapat  membantu memecahkan masalah. Nah, berikut ada beberapa alasan lain mengapa kita membutuhkan pemikiran yang kreatif

 

1. Kreativitas menghubungkan semuanya

1
Kreativitas adalah seni membuat koneksi dan mengajarkan kita bahwa segala sesuatu di alam semesta terhubung. Dengan kata lain, kreativitas mengumpulkan ide-ide bersama dan menampilkannya dengan cara yang belum pernah ada. Salah satunya melihat sekeliling dan menjelajahi dunia di sekitar, semua yang dilihat dan didengar menjadi saling terkait sehingga dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

 

2. Kreativitas mengajarkan kita berhitung

2

Melalui kreativitas, kita belajar bahwa hidup adalah perhitungan dari upaya dan pilihan. Hal ini mengajarkan  bahwa segala sesuatu itu penting dan tidak satu pun upaya yang terbuang sia-sia. Melalui kreativitas, kita belajar bahwa tidak harus bekerja 8 jam sehari untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dengan menanamkan jiwa kreatif, keraguan dan rasa takut dapat dijauhkan dengan mudah.

 

3. Kreativitas membuat kita memiliki tekad lebih kuat

3

Kita belajar berkorban dan bertekad untuk mencapai tujuan hidup melalui kreativitas. Sebagai seorang seniman kreatif, kamu tahu bagaimana rasanya terus bekerja bahkan ketika ketika tidak ada tuntutan sekalipun. Kamu akan terus melakukannya, bukan karena orang lain, namun dari diri sendiri. Kreativitas juga mengajarkan kita untuk terus meluangkan waktu dan upaya.

 

4. Kreativitas membuat kita lebih menghargai proses

Business People and Creativity Concept

Kreativitas juga mengajarkan kita betapa pentingnya ‘proses’ daripada ‘hasil’. Dengan kata lain, membuat kita tidak berorientasi pada hasil; melainkan prosesnya. Sebagai pembuat konten, atau seniman kreatif, kita tidak boleh hanya fokus pada hasil akhir pekerjaan, tetapi juga pada kuantitas pertumbuhan dan kemajuannya. Terkadang apa yang kita inginkan tidak sesuai harapan, dan inilah mengapa kita harus berkonsentrasi pada proses daripada hasilnya.

 

Kreativitas membuatmu lebih kuat dan fleksibel

5
Ada orang yang menyukai apa yang kita buat dan ada pula yang tidak menyukainya. Namun, pada dasarnya semua manusia ingin disukai dan dikagumi atas apa yang  dilakukan, tetapi sebagai seniman kreatif, sulit untuk menerima penolakan atau tidak menyukai karyamu. Nah, disinilah dibutuhkan pemikiran kreatif. Kreativitas mengajarkan untuk menjadi tangguh, kuat dan fleksibel. Kreativitas mengajarkan kita tidak melarikan diri dari kritik, melainkan bangga dengan kegagalan karena kedua hal ini dapat membuatmu jauh lebih berkembang.

 

6. Kreativitas menciptakan pemikiran yang lebih positif

6
Menurut penelitian yang dilakukan di masa lalu, telah ditemukan hubungan yang kuat antara kreativitas dan suasana hati yang baik. Orang cenderung lebih kreatif ketika mereka bahagia karena dapat berpikir secara luas. Meningkatnya mood positif memungkinkan kita untuk melihat lebih banyak  solusi.

 

7. Kreativitas memberi rasa kebebasan

Back of happy young woman standing on green field enjoy with fre

Bicara kreatif, tidak ada yang namanya salah atau benar. Dengan berpikir kreatif kamu akan mencoba hal-hal baru dan berani untuk mengambil risiko. Jadi, kreativitas memberikan kebebasan dalam segala hal.

Itu dia 7 alasan kenapa pemikiran kreatif itu perlu. Bukan hanya untuk menciptakan karya-karya yang out of the box, namun dapat membuat diri kita menjadi lebih berani karena dapat mencoba hal-hal yang baru. Gimana? Creative people setuju atau nggak?  

Source:

1

 

Source pictures:

1  2  3  4 5  6  7

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG