7 Cara Meningkatkan Website Ranking Pada Hasil Pencarian Google - IDS | International Design School

7 Cara Meningkatkan Website Ranking Pada Hasil Pencarian Google

Tinggi atau rendahnya website ranking pada hasil pencarian Google bisa dioptimasi dengan banyak cara. Proses menaikkan ranking website di mesin pencari ini dikenal juga dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Proses ini digunakan untuk membuat situs web kamu bisa berada di urutan pertama indeks mesin pencari dan bertahan dalam waktu yang lama. Nah, selain memberikan konten berkualitas, ada pula cara-cara lain yang harus dioptimalkan supaya website ranking bisa terus naik dan bertahan di atas. Simak di bawah ini.

 

  1. Gunakan Keyword Long Tail

Penggunaan keyword atau kata kunci dalam sebuah situs dibagi menjadi dua jenis, yakni long tail dan short tail. Contoh keyword short tail misalnya “celana”, “baju”, “handphone” sedangkan contoh keyword long tail misalnya “celana pendek beludru warna merah”, “baju muslim motif bunga”, atau “grosir aksesoris handphone”. Nah, untuk mengoptimalkan ranking website, kamu bisa menggunakan keyword long tail. Selain tingkat kompetisinya lebih rendah, jenis keyword ini juga punya budget terjangkau.

 

  1. Keyword Density

Keyword density adalah seberapa banyak pengulangan keyword dalam sebuah halaman situs web. Misalnya, saat kamu membuat konten artikel dengan keyword “aksesoris grosir handphone”, pengulangan keyword ini harus terlihat natural dan kontennya masih tetap enak dibaca oleh pengguna. Jangan mengulang-ulang keyword hingga membuat pembaca tidak nyaman sebab robot mesin pencari seperti Google bisa mendeteksinya. Hal ini tentunya tidak bagus bagi ranking website kamu nantinya.

 

  1. Mengoptimalkan Halaman Situs Web

Selain keyword, hal lain yang perlu diperhatikan adalah link, judul, dan meta description-nya. Letakkan keyword tidak hanya di konten tulisan, tetapi juga di dalam link, judul, dan meta description (tiga baris awal yang biasanya muncul di halaman mesin pencari, mirip sebuah sinopsis). Dengan mengoptimalkan tiga hal ini, ranking website bisa punya kesempatan naik lebih tinggi.

 

  1. Lakukan Link Building

Selain mengoptimalkan ranking website, link building juga sangat berguna untuk memberikan lebih banyak konten informatif bagi pengguna internet. Nah, supaya link building bisa lebih efektif, gunakan kata-kata yang mengandung keyword pula. Penggunaan kalimat seperti “kamu harus membaca tips memasak ayam dengan teknik slow cooking” akan lebih baik dan kaya akan keyword ketimbang sekadar kata-kata seperti “klik di sini”.

 

  1. Shareable

Konten yang kamu buat pun harus shareable atau punya isi yang membuat pembaca ingin membagikannya. Jangan sepelekan sosial media, karena jika konten kamu viral, sosial media pastinya akan menyumbang banyak traffic bagi situs webmu. Pastikan button sosial media ada di halaman situs web, judul engaging, dan ada gambar atau infografik yang menarik supaya pembaca mau membagikannya.

 

  1. Perhatikan Kualitas Konten

Mesin pencari seperti Google bisa mendeteksi apakah konten yang kamu buat berkualitas atau tidak. Semakin lengkap isi sebuah halaman situs web akan semakin baik karena author rank di Google+ akan memberi pengaruh pada hasil pencarian organik atau SEO-nya. Posisikan diri sebagai pembaca, buat konten yang informatif, edukatif, dan pastinya enak dibaca.

 

  1. Desain Situs Web yang Keren

Selain hal-hal di atas, yang harus diperhatikan untuk optimasi ranking website pastinya adalah desain situs web itu sendiri. Dengan desain yang keren, situs web kamu akan populer dan mesin pencari seperti Google akan memberi ranking lebih tinggi.

(SK)

 

Sources:  1 | 2

Fi source: pixabay.com

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG