7 Film Keren Dengan Nominasi Terbanyak di FFI 2019, Mana Jagoanmu? - IDS | International Design School

7 Film Keren Dengan Nominasi Terbanyak di FFI 2019, Mana Jagoanmu?

Festival Film Indonesia (FFI) 2019 sebentar lagi akan digelar, tepatnya pada tanggal 12 Desember mendatang. Seperti yang sudah kamu tahu, FFI sendiri merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi film Indonesia. Dan pada tanggal 12 November lalu, pihak panitia penyelenggara mengumumkan daftar nominasi film yang akan bersaing di Piala Citra tahun ini. 

Dari sekian banyak film yang sudah tayang sepanjang 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2019, baik kategori umum, berbayar, maupun pemutaran khusus, ada 7 film yang menerima nominasi terbanyak. Ini dia ulasan ketujuh film yang masuk sebagai nominasi terbanyak di FFI!

Bebas-desktop

 

  1. Bebas

Film Bebas diadaptasi dari film Korea berjudul Sunny. Berkisah tentang pertemanan sekelompok anak SMA tahun ‘90-an yang terpisah selama 23 tahun dan dipertemukan kembali karena suatu alasan. Bebas salah film yang akan mengobati kerinduan kamu akan cerita khas anak SMA di tahun 90an. Film garapan Mira Lesmana bersama Riri Riza ini juga disisipi kritik pada mahasiswa yang dulunya turun ke jalan, akan tetapi akhirnya korup dan oportunis setelah punya jabatan serta isu gender, pelecehan seksual, dan kedudukan wanita dalam keluarga. Bebas mendapatkan 9 nominasi Piala Citra. 

  1. Gundala

Sebagai salah satu film superhero pertama di jagad Bumi Cinematic Universe, Gundala berhasil menyabet 9 nominasi di ajang FFI tahun ini. Gundala dinominasikan dalam kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Joko Anwar), Pemeran Utama Pria Terbaik (Abimana Aryasatya), Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung), Pengarah Artistik Terbaik (Wencislaus de Rozari), Penata Efek Visual Terbaik (Abby Eldipie ), dan masih banyak lagi. 

 

  1. Keluarga Cemara

Bisa dikatakan Keluarga Cemara adalah film keluarga terbaik sepanjang tahun 2019. Kisahnya masih sama seperti Keluarga Cemara yang muncul di tahun ‘90an dulu. Mengenai keluarga kecil yang masih harus bertahan hidup saat tulang punggung keluarga mereka jatuh miskin. Ringan, sederhana dan bermakna, inilah yang berusaha dihadirkan oleh Keluarga Cemara sebagai salah satu tontonan keluarga di akhir pekan. Dengan segala kelebihannya, film ini berhasil mendapat 6 nominasi Piala Citra. 

  1. 27 Step My May 27 

Film garapan sutradara Ravi Bharwani ini menceritakan tentang kisah May, yang menjadi korban pemerkosaan saat usianya masih 14 tahun. 27 Step My May 27 memotret bagaimana perasaan trauma atas kasus pemerkosaan yang dialami oleh May. Berkat kepiawaian Raihaanun memerankan sosok May, ia berhasil mendapatkan nominasi Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik. 

 

  1. Kucumbu Tubuh Indahku

Film ini mengisahkan tentang perjalanan batin dan kehidupan penari Lengger Lanang yang mengalami kekerasan dan trauma masa kecil. Sayangnya, film garapan sutradara Garin Nugroho ini sempat menjadi kontroversi karena mengandung unsur LGBT. Namun sesungguhnya, Kucumbu Tubuh Indahku bukan hanya berkisah tentang LGBT saja melainkan sarat akan makna dan pesan kemanusiaan yang harus ditonton dengan pikiran sangat terbuka. Meski menuai berbagai kontroversi film ini berhasil menerima 12 nominasi.

  1. Dua Garis Biru

Sejak penayangannya, film Dua Garis Biru sudah menuai banyak kontroversi. Film garapan Gina S. Noer mengangkat tentang isu kehamilan diluar nikah yang dialami oleh remaja perempuan. Dara (Zara JKT48) dan Bima (Angga Yunanda) adalah dua tokoh utama yang ada dalam film ini, mereka duduk di bangku SMA saat peristiwa itu terjadi. Berkat perannya di film ini Zara dan Angga masuk dalam nominasi Pemeran Utama Wanita dan Pria Terbaik. Serupa dengan Bumi Manusia, Dua Garis Biru juga mendapatkan 12 nominasi. 

  1. Bumi Manusia

Bumi Manusia adalah sebuah film yang diangkat dari buku karangan Pramoedya Ananta Toer. Film ini menceritakan tentang kisah cinta Minke dan Annelis yang terjalin di zaman kolonial. Hubungan keduanya yang menguras emosi membuat film garapan Hanung Bramantyo ini disukai banyak penonton. Bumi Manusia masuk dalam 12 nominasi FF! 2019. 

Nah, itu tadi daftar ketujuh film indonesia yang mendapat nominasi terbanyak di ajang FFI 2019 ini. Dari ketujuh film tersebut, mana nih jagoan kamu ? kalo kamu juga ingin jago dalam pembuatan film, yuk daftar di IDS | International Design School. 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5

Posted in: Articles