Apa Saja Sih Pekerjaan di Industri Game? Yuk Simak Artikel Berikut! | IDS

Apa Saja Sih Pekerjaan di Industri Game? Yuk Simak Artikel Berikut!

Industri game di Indonesia saat ini sedang berkembang dengan pesat. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya game yang bermunculan baik lokal atau mancanegara. Ditambah lagi dengan hadirnya teknologi Virtual Reality (VR) yang pastinya akan semakin mendukung.

Namun, tahukah kamu kalau dibalik suksesnya game-game yang meledak sekarang ini pastinya tak lepas dari peran dan profesi orang-orang dibalik layar yang bekerja membuatnya. Nah, rupanya ada beberapa profesi di bidang game yang mungkin belum kalian tahu. Yuk simak selengkapnya!

 

1. Desainer Game

1

Profesi ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan desainer grafis. Desainer game tidak bertanggung jawab atas visual dalam game. Desainer game justru bertanggung jawab atas alur permainan dan memastikan agar pemain selalu bisa menikmati game yang dimainkan. Tanggung jawab desainer game sendiri cukup luas, untuk game berskala AAA, biasanya profesi ini ditangani oleh banyak orang yang bertanggung jawab atas hal yang berbeda-beda. Ada yang berperan sebagai desainer level, ada yang mendesain gaya permainan dan menyeimbangkannya agar tidak terlalu susah atau mudah, memastikan pengalaman bermain secara keseluruhan oke, dan tidak jarang juga posisi ini bertanggung jawab untuk urusan cerita dalam game (setidaknya untuk tim developer berskala kecil). Untuk desainer game sendiri bayarannya rata-rata setahunnya adalah $58,438. Jika dirupiahkan maka nilainya sebesar 700 juta rupiah.

 

2. Tester Game

 

1785493 _CA_titanfall_RRD_

 

Kalau kamu berpikir profesi ini paling asyik karena kerjanya hanya bermain game, kamu salah besar. Bayangkan saja kalau kamu harus memainkan game yang sama setiap hari, mengulanginya terus menerus. Sudah pasti kamu akan bosan karena game yang kamu mainkan adalah game yang belum selesai dikembangkan. Jadi, jangan bandingkan dengan pengalaman bermain game normal. Seorang tester game harus memahami dan tahu hal-hal detail saat bermain game untuk menemukan hal-hal yang kadang tidak bisa ditemukan oleh orang awam. Gaji rata-rata profesi ini sekitar $18,000-$ 55,000 atau 239 sampai 732 juta per tahunnya.

 

3. Produser Game

 

3

Posisi produser game di Indonesia adalah suatu pekerjaan yang amat asing. Produser game bertanggung jawab atas jalannya sebuah project game. Produser akan menjadi orang yang paling aktif berkomunikasi dengan penerbit ataupun perwakilan dari studio luar yang ikut terlibat dalam pengembangan (untuk tim berskala besar). Karena tanggung jawab sebagai produser game besar, tak heran gaji tahunan yang diterima pun sangat menggiurkan yakni sekitar $72,136 yang kalau dikonversikan mencapai 960 jutaan.

 

4. 2D/3D Artist

 

4

 

Nah, kalau profesi yang satu ini bertanggung jawab dengan tampilan visual, baik itu 3D ataupun 2D, tergantung kemampuan dari sang artis tersebut. Membuat visual dalam game meliputi penggambaran frame animasi, penggambaran konsep dari game yang tengah dikembangkan, sampai ke pembuatan material untuk tujuan promosi. Skill set yang berbeda dibutuhkan tergantung menjadi artis seperti apa yang kamu inginkan.

 

5. Jurnalis Game

 

5

 

Jurnalis media game adalah profesi yang sebenarnya sudah ada dari tahun 80-an, namun baru mulai berkembang di Indonesia tahun 90-an melalui majalah-majalah lokal, seperti Game Station, Hotgame, Game Master, Ultima, dan lain sebagainya.Majalah-majalah tersebut  membahas tentang industri game, baik dari sudut pandang konsumen maupun produsen. Kalau dibandingkan dengan jurnalis lainnya, mungkin pekerjaan profesi ini paling mendekati jurnalis teknologi karena memang video game termasuk bagian dari teknologi. Di luar negeri, seorang jurnalis game profesional menerima gaji $26,000 atau sekitar 346 juta rupiah per tahunnya.

 

6. Localization

 

6

 

Profesi terakhir ialah localization yang bertugas untuk menerjemahkan aset sebuah game dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Jadi tim lokalisasi ini nantinya akan diberi daftar kata yang perlu diterjemahkan ke dalam sebuah bahasa. Untuk jenis profesi ini besaran gaji yang biasanya ditawarkan adalah $67,407 atau sekitar 800 juta rupiah.

 

7. Programmer

 

7

Ibaratnya, programmer adalah ‘kuli’ dalam pembangunan rumah. Jadi, setelah tim desainer membuat alur permainan, lalu grafis membuat visualnya, ditambah efek suara lalu programmer akan menyatukan itu semua dalam bentuk game yang siap dimainkan. Gaji paling tinggi yang bisa diterima programmer game yakni $120,000 atau sekitar 1,6 miliar rupiah. Dalam tim yang mengerjakan game berskala besar (AAA), jumlah programmer juga biasanya paling banyak (atau biasanya terbanyak kedua setelah tester), dengan tugas yang sangat bervariasi. Mulai dari programmer yang bertanggung jawab untuk artificial intelligence (AI), programmer gameplay yang bertanggung jawab atas lancarnya grafis, sampai ke programmer yang menangani engine.

Itu dia 7 profesi dalam dunia game yang mungkin belum diketahui dan masih asing di telinga kalian. Rupanya untuk menciptakan sebuah game banyak profesi dan peran di dalamnya ya creative people!

Nah, setelah kamu membaca informasi di atas, apakah kamu jadi tertarik untuk menekuni dunia animasi, khususnya game? Bisa banget loh! Agar lebih terarah dan langsung belajar dengan ahlinya kamu bisa mulai mengasah kemampuanmu di IDS | International Design School. Dengan pilihan program digital animation yang menawarkan jalur fast track dengan masa kuliah 20 bulan, di sini kamu bsia belajar menjadi animator sekaligus game maker professional.

 

Source article:

1

 

source pictures:

1  2  3  4  5  6  7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG