6 Sekolah Desain Grafis Terkece Masa Kini | IDS

6 Sekolah Desain Grafis Terkece Masa Kini

Desainer grafis merupakan beberapa profesi yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Posisi desainer grafis sangat penting untuk mendukung keberlangsungan sebuah perusahaan di era digital. Nah, bagi kamu yang berminat untuk menekuni dunia desain grafis tapi masih bingung mau sekolah atau kuliah di mana? Berikut ini IDS ada beberapa rekomendasi sekolah internasional yang kece, keren dan pastinya berkualitas. Yuk simak!

 

1. Royal College of Art (RCA)

2

Royal College of Art (RCA) adalah salah satu universitas desain terbaik di London, Inggris. Pada tahun 2017 QS World University Rankings menetapkan RCA di posisi pertama pada bidang seni dan desain. RCA memiliki dua kampus yang terletak di South Kensington dan di Battersea. RCA menawarkan gelar Diploma Pascasarjana, MA, MRes, MPhil dan PhD di dua puluh delapan bidang pelajaran, dibagi menjadi empat sekolah: arsitektur, seni & kemanusiaan, komunikasi, dan desain.

 

2. Rhode Island School of Design (RISD)

3 (1)

Rhode Island School of Design adalah perguruan tinggi yang didirikan di Providence, United States pada tahun 1877 dan menjadikannya  salah satu sekolah seni dan desain pertama di AS. Di jurusan desain terdapat 19 jurusan studio dan memperoleh gelar sarjana atau master dalam seni rupa, arsitektur, desain, atau pendidikan seni.

 

3. University of the Arts London

4

University of the Arts London bisa jadi pilihan kamu. Universitas terkemuka di Inggris ini dinobatkan sebagai universitas seni dan desain terbesar di Eropa karena memiliki lebih dari 19.000 mahasiswa. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh University of the Arts London, yaitu universitas yang dinobatkan sebagai salah satu universitas modern terbaik di Inggris versi Sunday Times University Guide, University of the Arts London berada di peringkat ke 48 di tahun 2013 versi Complete University Guide, naik dari peringkat ke 59 di tahun 2012, dan menurut hasil laporan dari Quality Assurance Agency (QAA) pada tahun 2004, Camberwell College of Arts dan London College of Communication mendapatkan poin 23 (dari skala 24) untuk seni dan desain; Central Saint Martins College of Art and Design dan Chelsea College of Art and Design mendapatkan poin 22; London College of Fashion dengan poin 21.

Kalau 3 sekolah desain di atas berada di luar negeri, Indonesia juga punya beberapa sekolah desain berbasis internasional yang nggak kalah keren dengan sekolah-sekolah desain di luar negeri tersebut. Berikut rangkumannya!

 

4. International Design School (IDS)

5

Salah satu sekolah desain yang bisa menjadi pilihan kamu adalah International Design School (IDS). IDS | International Design School adalah institusi pendidikan di bidang visual communication. Di sini, kamu bukan hanya bisa belajar desain, namun bisa juga belajar animasi dan film. Berlokasi di Jakarta Selatan, IDS menawarkan program Advanced College, Short Course, dan Holiday Program. Program Advanced College ditujukan untuk calon mahasiswa, lulusan SMA, atau bahkan sarjana yang ingin mendalami dunia komunikasi visual. Program ini merupakan program persiapan dan pemantapan kemampuan peserta dalam hal animasi, desain grafis, dan proses produksi film digital. Sedangkan program Short Course ditujukan untuk mereka yang ingin mendalami dunia komunikasi visual tanpa harus belajar berlama-lama. Program kursus desain grafis singkat ini biasanya diikuti oleh mahasiswa, pekerja visual, maupun desainer yang ingin mengembangkan kemampuan mereka. Bagi yang ingin mengerjakan hal-hal bermanfaat saat liburan, Holiday Program di IDS mungkin bisa dijadikan pilihan tepat. Program ini hanya tersedia saat musim liburan dan peserta dapat bebas memilih materi apa saja yang ingin dipelajari.

 

5. LaSalle College International

6

Sekolah desain internasional yang berpusat di Kanada ini menerapkan kurikulum pendidikan sesuai dengan negara asalnya.  Di Indonesia sendiri, LaSalle College International punya dua kampus, yaitu di Jakarta dan Surabaya. Sekolah tinggi ini mempersiapkan mahasiswanya untuk terjun ke berbagai bidang  dengan 4 pilihan program, yaitu Fashion Design, Interior Design, Fashion Business, Photography, Artistic Make-up, dan Digital Media Design. Sekolah ini menawarkan Program Diploma dan Program Internasional Bersertifikat. Program Diploma dapat diselesaikan dalam 2 tahun dengan kelas penuh, atau 3 tahun dengan kelas paruh-waktu. Sementara untuk Program Internasional Bersertifikat dapat diselesaikan dalam 1 tahun dengan kelas penuh, atau 2 tahun dengan kelas paruh-waktu.

 

Itu tadi beberapa nama sekolah, baik di dalam maupun luar negeri yang bisa menjadi pilihanmu untuk belajar desain. Setiap sekolah pastinya memiliki keunggulannya masing-masing, tinggal kamu saja yang menentukan sekolah mana yang paling tepat dan sesuai untukmu. Nah, di antara 5 sekolah di atas, adakah yang menjadi incaranmu saat ini?  

 

Source:

1  2  3

 

Source pictures:

1 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG