Tren Motion Graphic yang (Kembali) Hits di Tahun 2018 - IDS | International Design School

Tren Motion Graphic yang (Kembali) Hits di Tahun 2018

Motion graphic adalah seni visual yang menggabungkan teknik ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi. Saat ini, motion graphic banyak digunakan dalam segala bidang terutama advertising. Karena sifatnya yang lebih menarik dan berinteraksi, tren motion graphic banyak mendapatkan pembaruan seiring perkembangan teknologi.

Berikut beberapa tren motion graphic yang akan hits di tahun ini!

 

1. Seamless Transitions

3 april

 

Seamless Transitions bukanlah hal yang baru dalam motion graphic, tetapi baru mendapatkan popularitas baru-baru ini. Alur ini juga biasa digunakan untuk menimbulkan efek looping pada sebuah video atau animasi yang biasa digunakan untuk penyajian melalui media sosial. Seamless Transitions memungkinkan satu adegan mengalir ke adegan berikutnya tanpa tersendat atau dengan kata lain perpindahan adegannya sangat halus.

 

2. 2D + 3D

 

Banyak motion graphic yang berhasil menggabungkan 2D dan 3D untuk menciptakan tampilan yang lebih grafis, bergaya, dan ilustratif. Sekarang animasi dapat saling bertumpang tindih antara elemen 3D dengan 2D. Tidak ada lagi larangan untuk menggabungkan keduanya karena justru hal tersebut dapat memberikan estetika tersendiri.

 

3. Kinetic Tipografi

 

Ada fakta yang terkenal bahwa tipografi dapat membuat atau menghancurkan desain. Maka, dalam desain motion graphic diperlukan untuk menghasilkan karya seni yang indah di setiap frame. Entah itu digunakan sebagai credit title, lagu atau untuk menambahkan kutipan ke bagian promosi. Tipografi kinetik adalah sebuah karya seni. Hal ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran dalam cara yang halus tentang isu yang tidak selalu mudah untuk diperbincangkan.

 

4. Retro

 

Dalam beberapa tahun terakhir, tampilan retro telah mendapatkan popularitas, terutama dalam desain interior dan fesyen. Ketika masuk dalam desain gerak atau motion graphic, tentunya sangat bergantung pada nostalgia untuk meninggalkan kesan yang unik.

 

                                                                           

5. Ilustrasi dan Dokumenter

 

Animasi dokumenter dan ilustrasi telah memperoleh kesuksesan besar dalam raising awareness dan telling stories yang tak terhitung, terutama ketika dipadukan dengan narasi yang kuat. Animasi dokumenter dan ilustrasi juga dapat memberikan perspektif yang berbeda saat disajikan dan memberikan kesan artistik.

 

6. Bold Colors

 

Generasi millenial sangat menyukai tampilan visual berwarna-warni dengan tingkat kontras yang tinggi. Hal itu dapat dilihat pada karya-karya motion graphic saat ini yang dianggap lebih mudah menarik perhatian para audiens di tengah banyaknya karya yang bermunculan saat ini.

 

7. Double Exposure

 

Tak kalah unik, teknik ini juga diterapkan pada video dengan efek yang kurang lebih sama. Padahal awalnya hanya digunakan dalam dunia fotografi untuk menggabungkan dua foto yang digabungkan untuk membangun sebuah pesan baru.

Itu dia beberapa tren motion graphic di tahun ini. Motion graphic adalah cara lain untuk menyampaikan pesan yang dikemas lebih menarik. Jika kamu memiliki referensi tentang tren desain motion graphic tahun 2018, tinggalkan komentar di bawah ya, siapa tau bisa kita bahas di artikel selanjutnya!

Nah, buat kamu yang mau mengasah kemampuan skill motion graphic-mu atau saat ini baru mulai mencoba menekuni bidang animasi dan desain. Kalian bisa loh belajar langsung dengan ahlinya di IDS | International Design School. Di sini kamu bisa menekuni bidang animasi dengan fokus kepada project-project yang nantinya akan kamu kerjakan pada saat menjadi animator atau game maker profesional. Selengkapnya bisa kamu cek di website kita ya!

 

Source article and pictures:

1  2

 

Source video:

1  2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG