8 Pekerjaan HOT di Industri Digital Marketing | IDS

8 Pekerjaan HOT di Industri Digital Marketing

Sharing is caring!

Saat ini banyak startup bermunculan sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru di berbagai bidang, termasuk bidang digital marketing. Kegiatan kantoran yang tadinya dilakukan secara offline, kini hijrah menjadi serba online. Otomatis, ada banyak pula profesi-profesi baru yang sebelumnya tidak ada, tapi sekarang malah jadi sangat dibutuhkan. Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan di bidang startup, jangan ragu untuk menjadi bagian dari digital marketing. Ini dia 8 pekerjaan HOT di industri digital marketing yang bisa kamu geluti.

 

  1. Product Marketing Manager

Sebagai product marketing manager, kamu harus bisa melihat target pasaran dan marketing sebuah produk baru. Kamu harus menganalisa apa saja yang terjadi dan sedang trend di masyarakat sehingga perusahaan bisa terus up-to-date dan tetap memenuhi kebutuhan konsumennya. Selain harus bisa mengerti dunia teknologi, kamu juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik.

 

  1. SEO Specialist

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yakni hasil pencarian secara organik  di indeks mesin pencari. Pekerjaan sebagai seorang SEO Specialist ini sangat menyenangkan dan challenging, loh, karena kamu harus bisa membuat situs kamu berada di urutan pertama di indeks mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya–secara organik, alias tanpa biaya marketing. Intinya, seorang SEO Specialist harus mampu mengontrol web-nya supaya bisa mendapatkan puluhan bahkan ribuan pengunjung per harinya.

 

  1. Content Writer

Dalam dunia digital marketing, seorang content writer sangat dibutuhkan supaya bisa menarik pengunjung untuk datang ke situsnya. Kamu bertugas membuat tulisan untuk website, menulis blog, press release, e-mail, dsb. Seorang content writer juga diwajibkan untuk tahu sedikit mengenai SEO. Pekerjaan seorang SEO Specialist pasti akan membutuhkan seorang content writer untuk mencapai tujuannya.

 

  1. SEM Specialist

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yakni hasil pencarian berbayar di indeks mesin pencari. Mirip seperti pekerjaan SEO Specialist, seorang SEM Specialist juga harus bisa mendapatkan ribuan pengunjung untuk situsnya. Tetapi, SEM mengandalkan penggunaan iklan online seperti Google Adwords, iklan Bing, Yahoo, dan sebagainya. SEM akan membuat iklan dengan sistem PPC atau pay-per-click, di mana pengiklan hanya akan membayar kalau iklan tersebut diklik pengunjung.

 

  1. Social Media Manager

Seorang Social Media Manager bertanggung jawab untuk meningkatkan brand awareness perusahaan dan traffic website melalui segala platform sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan lain-lain. Seorang Social Media Manager juga harus bisa berinteraksi dengan baik dengan costumer.

 

  1. E-mail Marketing Manager

Saat mengunjungi sebuah situs, kamu pasti ditawarkan mau berlangganan e-mail marketing dari situs tersebut, kan? Nah, nantinya e-mail marketing ini akan dikirim ke semua e-mail pengguna oleh seorang E-mail Marketing Manager. Seorang E-mail Marketing Manager bertanggung jawab untuk menaikkan traffic dan penjualan website melalui e-mail marketing yang bagus dan menarik.

 

  1. Digital Communication Specialist

Sebagai seorang Digital Communication Specialist, kamu harus bisa menjembatani antara digital marketing dengan traditional marketing. Kamu harus memikirkan strategi untuk meningkatkan brand awareness di mata publik serta mempromosikan produk/jasa yang diberikan oleh situs kamu. Pekerjaan ini mirip-mirip seperti Public Relations.

 

  1. UI/UX Designer

UI/UX merupakan kepanjangan dari User Interface dan User Experience. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan teknologi, maka UI/UX Designer semakin banyak dibutuhkan untuk membuat situs menjadi lebih simpel dan friendly bagi pengguna.

(SK)

Source: 1 2 3 4

Featured Image Source: pexels.com

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG