8 Tips Membuat Film Pendek | Sekolah Film

8 Tips Membuat Film Pendek

Di antara kamu mungkin ada yang sedang bingung dan mencari tahu bagaimana tips membuat film pendek. Kamu tahu kan apa yang dimaksud dengan film pendek?  Film yang biasanya berdurasi kurang dari 50 menit ini, populer di tahun 50-an di mana Manifesto Oberhausen di Jerman dan kelompok Jean Mitry di Perancis menjadi penggagas dari film pendek ini. Nah, untuk kamu yang sedang belajar di dunia perfilman, kali ini IDS akan memberikan tips membuat film pendek yang bisa langsung kamu praktekkan.

 

1. Siapkan Budget

Jangan pernah berpikir bahwa film pendek tidak memerlukan budget. Semua  jenis film akan tetap membutuhkan biaya yang berbeda jumlahnya. Maka dari itu, siapkan dana yang sekiranya dibutuhkan untuk produksi nanti. Dengan membuat perkiraan biaya, maka kamu akan mengetahui rencana yang harus dijalankan. Karena tanpa adanya budget bisa jadi film tidak akan terbentuk.

 

2. Minta Persetujuan

Misalkan kamu memiliki budget berlebih untuk film pendek yang akan kamu buat dan kamu berencana untuk meminta peran seorang aktor, music director, artwork, atau sponsor. Maka minta persetujuan kepada mereka, bahkan jika diperlukan, kamu bisa membuat sebuah kontrak kerja untuk meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.

 

3. Buatlah Pendek

Namanya juga film pendek, ya pasti durasinya harus pendek sesuai dengan namanya. Maka buatlah film yang tidak bertele-tele agar penonton nantinya tidak merasa bosan. Mungkin akan terkesan sulit membuat film dengan durasi pendek, namun memang seperti itulah persyaratan dari film pendek. Meskipun maksimalnya 50 menit, kamu bisa membuat yang lebih pendek, yang tidak lebih dari 30 menit.

 

4. Lakukan Casting

Jika kamu tidak memiliki budget lebih untuk membayar seorang aktor/aktris, jangan biarkan orang lain yang tidak bisa berperan sama sekali masuk ke dalam film pendekmu. Lakukan casting untuk menyaring orang-orang yang sesuai dengan karakter pemain dalam filmmu. Casting dapat dilakukan jauh sebelum produksi film dimulai.

 

5. Tata Suara Baik

Tidak sedikit film pendek yang memiliki tata suara yang buruk, padahal ide ceritanya cukup menarik. Nah, agar kamu terhindar dari hal tersebut, sebaiknya gunakanlah perangkat pendukung seperti boom mic.

 

6. Hindari Zoom Saat Produksi

Kameraman yang baik adalah mereka yang mampu mengurangi zooming, apalagi yang tidak begitu mahir dalam menggunakannya. Untuk mendapatkan gambar agar lebih dekat ke objek, sangat baik dengan menggunakan dolly, camera glider, atau lakukan cut and shoot!

 

7. Hindari Efek Berlebih

Kebanyakan film pendek mengandalkan efek-efek, seperti memulai film dengan alarm hitungan mundur (ringing alarm clock), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Sebaiknya lakukan efek yang tidak berlebihan dalam film pendekmu.

 

8. Lakukan Shooting Siang Hari

Biasanya film pendek diproduksi dengan biaya yang minim dan peralatan yang ala kadarnya. Salah satu masalahnya mungkin saja seperti tidak memiliki peralatan lighting. Maka dari itu lebih baik melakukan shooting di siang hari dibandingkan malam hari, karena kondisi gelap membuat produksi membutuhkan banyak cahaya. Meskipun dapat melakukan color correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkan noise dan kualitas gambar menjadi drop.

 

Nah, itu tadi 8 tips membuat film pendek. Kamu ingin belajar lebih banyak lagi dan mau jadi filmmaker beneran? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi Filmmaker. Kamu pun bisa mendalami skill filmmaking-mu di universitas di Australia lewat program International Pathway dan mendapatkan gelar Bachelor.

 

Sumber : 1 2
Image Credit : FAIT – movie set by James Willamor is licensed under CC BY-SA 2.0

 

Mau Buat Film Pendek Sendiri Dan Jadi Filmmaker? Sekolah Film di IDS Saja! Klik Infonya Di Sini..

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG