Hal-hal Yang Perlu Diketahui Tentang Script Film Pendek - IDS | International Design School

Hal-hal Yang Perlu Diketahui Tentang Script Film Pendek

Membuat script film pendek berbeda dengan membuat script untuk sinetron. Secara umum script untuk sinetron biasanya memiliki dialog yang panjang dan terkesan mengulur-ulur, sedangkan script untuk film pendek dibuat lebih efektif.

Sebetulnya pembuatan script untuk film pendek hampir sama dengan pembuatan script film biasa. Perbedaannya hanya terletak pada durasi. Jika film pada numumnya berdurasi 1,5 jam sampai 2 jam, film pendek hanya berdurasi antara 10 sampai 15 menit. Dalam kurun waktu yang realtif sempit itu alur cerita harus terjalin dengan padat dan kuat. Tentunya kamu bisa membayangkan kesulitannya, membuat sebuh cerita yang padat dengan plot yang kuat hanya dalam waktu 15 menit?

Dalam penulisan script film pendek, biasanya satu halaman script sama dengan adegan film durasi 1 menit. Pada umumnya panjang script film pendek antara 10 sampai 30 halaman. Adegan atau dialog yang bertele-tele harus diedit untuk membuatnya menjadi lebih padat. Kuncinya saat menulis script adalah bagaimana kamu menuliskan sebuah cerita secara utuh dalam waktu singkat dan dengan cara yang paling praktis. Dalam penulisan script film pendek ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu :

 

1. Anggaran, saat penulisan script perhatikan anggaran yang kamu punya untuk proses shooting film nantinya.

 

2. Kekuatan Aktor, pahami kekuatan aktor untuk mempermudah kamu membuat dialog dalam script.

 

3. Timing shooting, tentukan setting adegan dalam script. Misal adegan diambil saat siang sehingga mempermudah waktu shooting.

 

4. Revisi script, pastikan untuk selalu merevisi script. Tuliskan hal-hal yang perlu dikurangi atau ditambahkan dalam script.

 

5. Hindari terlalu banyak eksposisi klise.

 

6. Hindari membuat adegan yang dilakukan di banyak tempat, karena hal ini dapat membengkakkan anggaran dan memperumit proses shooting.

 

7. Saat menuliskan script kamu harus benar-benar mengembangkan imajinasimu agar cerita yang kamu bentuk tidak terkesan pasaran.

 

8. Plot, adalah hal yang sangat penting untuk membuat cerita tetap berkesinambungan dan utuh.

 

Nah, itu tadi hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam penulisan script film pendek. Jangan bingung atau takut saat ingin memulai menulis script, yang terpenting adalah kamu mau untuk menulis dan terus menulis demi menyelesaikan scriptmu.

 

Mau jadi script writer yang handal? Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, loh! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

Photo Credit : seeveeaar via Compfight cc

Source:     1    2

 

Mau Buat Film Pendek Sendiri Namun Berkualitas? IDS Menyediakan Sekolah Film Untuk Kamu Mewujudkan Impianmu Menjadi FIlmMaker!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG