Arti dan Pengertian Warna Dalam Desain - IDS | International Design School

Arti dan Pengertian Warna Dalam Desain

Warna merupakan elemen paling dominan dan aspek yang paling relatif dalam desain kehidupan. Persepsi terhadap warna melibatkan respon psikologi dan fisiologi manusia. Apabila ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna yang ada bisa menunjukan kesan pada objek, cahaya, mata dan otak.

Berikut ada beberapa penjelasan seputar arti warna dan bagaimana penggunaanya yang tepat!

 

1a. Arti Warna Merah

Merah selalu diartikan dengan semangat, gairah, energi, dan kemarahan. Merah merupakan warna primer yang biasanya mendominasi. Tapi tahukah kamu kalau merah dapat merangsang nafsu makan? Itu sebabnya kenapa penyedia makanan cepat saji, seperti MCD dan KFC menggunakan warna merah yang mendominasi. Selain itu, platform Netflix menggunakan warna merah untuk menarik pengguna ke platform-nya. Merek lainnya adalah Coca-Cola yang dari awal kemunculannya hingga sekarang tetap konsisten di warna merah.

1b. Penggunaan Warna Merah

Jika kamu ingin desainmu terlihat menonjol, maka merah bisa menjadi warna pilihan. Karena merah dapat lebih menarik perhatian. Ditambah lagi dengan peranannya yang dapat menambah nafsu makan, merah sangat cocok digunakan untuk restoran yang ingin mendatangkan pelanggan.

 

1

 

2a. Arti Warna Oranye

Sebagai warna sekunder, oranye menggabungkan kehangatan warna merah dengan cerahnya warna kuning. Oranye adalah warna energik yang dapat mengingatkan kesehatan dan vitalitas, mengingat kaitannya yang jelas dengan jeruk dan vitamin C. Oranye juga warna yang membawa unsur semangat dan kesenangan.

2b. Penggunaan Warna Oranye

Contohnya, Nickelodeon yang menggunakan warna oranye untuk mempromosikan energi dan aktivitas. Oranye juga merupakan warna populer untuk minuman tropis seperti Fanta dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk merek kreatif jika ingin sedikit berbeda.

 

2

3a. Arti Warna Kuning

Kuning merupakan warna cerah yang memiliki arti bahagia, penuh harapan dan positif. Kuning adalah warna yang menarik dapat digunakan untuk menunjukkan perhatian, seperti merah dan oranye.

 

3b. Penggunaan Warna Kuning

Penggunaan warna kuning cerah akan langsung menarik perhatian orang. Warna kuning pucat atau hangat dapat terlihat alami dan sehat, sedangkan warna kuning neon dapat menjadi sangat artifisial.

 

3 (1)

4a. Arti Warna Hijau

Hijau secara universal terkait dengan alam, rumput, tanaman dan pohon. Hijau merepresentasikan pembaruan. Di AS, hijau (terutama hijau gelap) dikaitkan dengan uang sehingga mewakili kemakmuran dan stabilitas.

Hijau juga sering dilihat sebagai warna keempat di atas warna merah, kuning, dan biru, contoh Microsoft dan Google yang membawa kesan keseimbangan visual. Merek-merek terkenal yang menggunakan nuansa warna hijau yang berbeda termasuk Starbucks, Spotify, dan Whole Foods Market.

 

4b. Penggunaan Warna Hijau

Hijau menjadi pilihan alami untuk brand yang ramah lingkungan. Sama halnya dengan kuning, nuansa hijau yang disamarkan atau lebih terang dapat mewakili alam.

 

4

5a. Arti Warna Biru

Biru adalah warna yang paling populer di dunia dan biasa digunakan dalam logo bisnis. Biru adalah warna yang tenang dan mewakili kecerdasan serta tanggung jawab. Biru biasa digunakan  dalam institusi perusahaan yang terpercaya dan sering kali dikombinasikan dengan warna abu-abu.

 

5b. Penggunaan Warna Biru

Penggunaan warna biru sering dikaitkan dengan profesionalisme dan kepercayaan. Karena disukai secara umum, maka warna ini sangat tepat digunakan, baik laki-laki atau perempuan. Menariknya, biru adalah warna pilihan bagi banyak jejaring sosial dan teknologi, seperti Facebook, Twitter, IBM, dan Intel.

 

5

6a. Arti Warna Ungu

Ungu adalah warna yang hangat, dingin serta memadukan energi dengan ketenangan. Ungu sering dikaitkan dengan unsur keluarga kerajaan karena sifatnya yang bergengsi dan mewah. Warna ini juga memiliki arti khusus dalam agama termasuk Katolik, Yudaisme dan Budha.

 

6b. Penggunaan Warna Ungu

Gunakan warna ungu dengan emas untuk menambahkan unsur kemewahan. Ungu juga dapat digunakan saat kamu ingin menambahkan sedikit mistisisme dan spiritualitas.

 

6 (1)

7a. Arti Warna Hitam

Warna hitam dapat memiliki konotasi negatif karena mengisyaratkan kematian, ketakutan, dan duka. Namun, hitam lebih terkait secara umum dengan kekuatan dan keanggunan dalam hal branding dan pemasaran.

 

7b.Penggunaan Warna Hitam

Hitam melambangkan elegan dan mewah jika dikombinasikan dengan emas atau perak. Di sisi lain, hitam juga dapat dikombinasikan dengan warna-warna cerah sebagai kontras dan ketika dikombinasikan dengan warna lainnya, seperti merah atau oranye bisa sangat menonjol. Merek-merek mewah seperti Chanel dan Dior menggunakannya dengan logo hitam-putih yang ikonik dan membuatnya lebih eksklusif.

 

7

8a. Arti Warna Putih

Putih mewakili kemurnian, kepolosan dan menciptakan estetika minimalis. Putih bisa sangat sederhana, bersih dan modern. Putih juga merupakan warna paling netral dari semua dan bisa dideskripsikan sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik.

 

8b. Penggunaan Warna Putih

Putih biasa digunakan pada merek kesehatan dan kecantikan untuk menyampaikan sesuatu yang murni dan bahan alami. Warna ini juga yang paling sering digunakan dalam acara pernikahan, baik itu untuk gaun pengantin atau undangan karena melambangkan kesucian.

 

 

8

 

Itu dia kedelapan arti warna dan bagaimana penggunaanya, baik di dalam desain ataupun di kehidupan sehari-hari. Nah, kalau kamu sendiri warna mana yang menjadi kesukaanmu? Atau kamu punya pilihan warna lain selain delapan warna di atas?

Rupanya, penggunaan warna yang tepat bisa mempengaruhi mood dan perasaan seseorang saat melihatnya. Untuk itu, pilih warna yang tepat dan paling mewakili ya, baik itu dalam hal desain atau apapun.

 

Source link and pictures:

1  2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG