Apa yang Dipelajari Anak Desain Bag 2 - IDS | International Design School

Apa yang Dipelajari Anak Desain Bag 2

Kamu mau sekolah jurusan desain grafis? Tertarik untuk mempelajarinya? Tapi masih bingung apa saja yang akan kamu pelajari dan dapatkan kalau masuk di jurusan tersebut? Nah, ada baiknya simak dulu artikel tentang hal-hal apa saja yang akan kalian temui jika belajar di jurusan desain.

 

1. Digital Publishing

 

1

Pertama, kamu akan belajar mengaplikasikan konsep-konsep editorial dalam menciptakan newsletter, buku dan katalog. Elemen pokok dalam mata kuliah ini adalah struktur, sistem grid  dan hirarki desain.

 

2. Advertising Design

 

2

Kedua, kamu akan belajar seputar dunia periklanan. Apa saja yang dipelajari? diantaranya proses konseptual sebagai keterampilan dasar, creative brief, strategi periklanan, copywriting, art direction hingga komunikasi terpadu. Di sini kamu akan dilatih untuk merancang konsep cetak dan eksekusi pada media elektronik.

 

3. Motion Graphic

 

3

Dalam mata kuliah ini, kamu belajar tentang prinsip, konsep dan teknik dalam penciptaan motion graphic yang mencakup grafis dan promo untuk program televisi dan judul film. Di sini kamu akan fokus pada pengembangan desain dan presentasi, komposisi screen, transisi grafis dan konten.

 

4. User Experience (UX) Design

4

Di sini kamu akan diperkenalkan perangkat standar industri, seperti Sketch dan Invision untuk membuat prototype dan wireframe dari solusi desain. Selain itu, kamu akan belajar teknik-teknik riset mengenai kebutuhan pengguna dan bagaimana cara mendesain interface berdasarkan informasi tersebut, termasuk juga melakukan evaluasi terhadap desain untuk memastikan tercapainya tujuan dari penggunaannya.

 

5. Digital Advertising

 

5

Nah, kalau tadi kamu belajar tentang advertising design, di sini kamu juga belajar seputar digital advertising yang mencakup beragam topik  untuk merancang kampanye digital. Tipe-tipe iklan online, platform media sosial untuk beriklan, jaringan periklanan, dan iklan video akan dibahas melalui perkuliahan dan project mahasiswa.

 

6. Creative Portfolio

6

Portfolio yang memukau sangat penting bagi seorang desainer. Di sini kamu akan diajarkan bagaimana menyusun portfolio tercetak atau digital. Proyek-proyek yang sudah ada akan dikurasi dan ditambahkan untuk menguatkan keterampilan tiap mahasiswa.

 

7. Brand Identity Design

7

Pemahaman akan branding dan identitas korporat diajarkan kepada peserta melalui proses mendesain logo untuk berbagai penggunaan yang diakhiri dengan penciptaan proyek Graphic Standard Manual. Dengan mempelajari mata kuliah ini, kamu diharapkan dapat mengembangkan konsep branding selaras dengan identitas perusahaan.

 

8. Retail Design

8Kamu akan belajar mengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan dalam desain kemasan sesuai persyaratan baku industri dengan memperhatikan faktor-faktor konseptual dan perilaku konsumen.

 

9. Web Design

9

Kamu akan mempelajari dasar-dasar perancangan dan produksi website yang mencakup konsep, wireframe, site map, navigasi dan interaksi.

 

10. Creative Business & Entrepreneurship

10

Pemahaman tentang bisnis desain dibahas secara mendalam melalui kuliah  dan pembuatan tugas-tugas. Materi yang akan dipelajari mencakup estimasi harga, simulasi relasi klien-desainer, dan etika bisnis professional.

 

Itu dia kesepuluh mata kuliah yang akan kalian temukan kalau belajar desain grafis, khususnya di IDS. Kesepuluh mata kuliah tersebut akan kamu dapatkan saat berada di semester 3, 4, dan 5. Nah, buat kamu yang mau tahu apa saja yang dipelajari di semester 1 dan 2. Kalian bisa loh baca di artikel kita sebelumnya Anak Desain Grafis Belajar Apa Sih? Yuk Simak (Bag 1)

Gimana? Apa setelah membacanya kamu jadi tertarik untuk belajar desain? IDS | International Design School punya loh program belajar menarik tentang digital design yang bisa mengantarkan kamu menjadi seorang desainer grafis professional di bidangnya. Selengkapnya bisa kamu cek di website kita ya!

 

Source Pictures:

1  2  3  4  5    7 8 9 10  11

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG